Acer E5-473G-529X: Notebook Kelas Menengah yang Serba Bisa

acer-e5-utama-01

Acer tergolong sangat banyak menghadirkan jajaran notebook yang menyasar berbagai lini. Kali ini PCplus akan coba mengulas salah satu notebook seri E5 yang ditujukan bagi penggunaan komputasi sehari-hari yang menyasar segmen kelas menengah melalui Acer E5-473G.

Apa yang menjadi daya tariknya? Secara fisik, notebook ini memiliki desain dengan tampilan tekstur yang berbeda dan unik. Selain itu salah satu fitur yang ditonjolkan adalah adanya chip grafis NVIDIA GeForce 920M. Seperti apa kinerja yang ditawarkannya? Berikut ulasannya:

Spesifikasi

Acer menghadirkan beberapa varian pada seri E5-473G. Notebook yang PCplus terima memiliki seri lengkap Acer E5-473G-529X yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

spek-01

Dari spesifikasi tersebut, terlihat bahwa notebook ini menyasar segmen kelas menengah dimana prosesor Intel Core i5 secara garis besar memang ditujukan untuk penggunaan multimedia. Seri ini dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i5 generasi ke empat yang memiliki nama kode Haswell. Sekedar informasi, saat ini prosesor Intel sudah mencapai generasi ke enam, Skylake. Meski demikian prosesor ini masih cukup tangguh menjalankan berbagai aplikasi terkini, bahkan game terbaru.

Penggunaan prosesor seri U merupakan prosesor yang menawarkan kinerja tinggi namun tetap menggunakan daya yang lebih irit. Prosesor ini memiliki chip grafis bawaan Intel HD Graphics 4400 yang sudah mendukung directX 12 dan PhysX. Bagi komputasi yang membutuhkan kinerja grafis lebih, telah disematkan pula chip grafis dari NVIDIA yaitu GeForce 920M. Chip grafis ini memang merupakan chip kelas entry level namun tetap memiliki kinerja diatas chip grafis bawaan Intel.

spek-02

Penggunaan dua chip ini akan menyesuaikan dengan aplikasi yang digunakan. Jika aplikasi yang tidak butuh kinerja grafis tinggi, maka chip Intel HD Graphics akan mengambil alih. Sedangkan untuk aplikasi berbasis grafis seperti game atau render obyek 3D, maka GeForce 920M yang akan bekerja. Kamu juga bisa mengatur pilihan grafis secara manual atau melalui aplikasi NVIDIA GeForce Experience.

Notebook ini menggunakan ukuran layar yang lumayan besar yaitu 14 inci. Meski demikian dukungan resolusinya ‘hanya’ mencapai 1366 x 768 pixel saja. Menggunakan jenis IPS, layarnya memiliki sudut pandang yang kurang luas. Hal ini terlihat saat PCplus melihat tampilan layar dari samping serta atas. Sedangkan pada tampilan dari sudut pandang lurus, layar terlihat tajam. Hal ini sebenarnya cukup wajar mengingat bukan diperuntukkan bagi kebutuhan multimedia murni.

Desain dan Fitur

Mirip dengan notebook seri E5 lainnya, notebook ini menggunakan desain cover dengan tekstur unik. Seluruh permukaannya dibalut dengan material berbahan plastik bertekstur tekstil. Motif ini memberi kesan berbeda meski saat dipegang terasa bahwa material berbahan plastik ini terkesan kurang kokoh. Bagian dalamnya juga dibuat bertekstur sehingga menambah kesan keren. Dengannya, permukaan tidak mudah kotor dari debu dan juga bekas sidik jari penggunanya. Dengan desain unibodi, seluruh permukaan menyatu sehingga pengguna tidak bisa sembarangan jika ingin mengganti baterai atau melakukan upgrade RAM.

desain1

Bagian keyboard memiliki tombol-tombol yang dibuat timbul sehingga sisi-sisinya lebih mudah dibersihkan dari debu. Tidak terdapat tombol tambahan (shortcut) untuk fungsi khusus. Tombol numerik juga tidak tersedia sehingga membuat ukurannya lebih ringkas. Menariknya, tombol Power digabung dengan tombol keyboard yang terletak diujung kanan.

keyboard1

Sedangkan touchpad-nya memiliki landasan licin dengan area klik kiri dan klik kanan yang tidak diberi pembatas. Khusus untuk area klik ini kamu mesti benar-benar menekannya agar berfungsi dengan baik. Mendukung pula fungsi gesture sehingga kamu bisa menjalankan fungsi tertentu melalui kombinasi pergerakan jari-jari. Jika merasa kurang nyaman menggunakannya, menggantinya dengan mouse tambahan merupakan solusi terbaik.

port

Untuk konektivitas, sisi kiri terdapat port D-Sub, LAN, HDMI, dan dua port USB 3.0. Diujungnya terdapat kisi-kisi untuk buangan udara panas. Bagi yang masih butuh untuk membaca kartu memori, sisi depan bagian bawah disertakan card-reader yang mendukung jenis kartu secure-digital (SD). Khusus untuk port USB 3.0 telah mendukung fitur USB charging dimana kamu bisa melakukan pengisian baterai smartphone dari sini meski notebook dalam kondisi idle atau mati.

Selain juga menempatkan port USB 2.0, audio, dan adaptor, sisi kanan terdapat perangkat optical drive berupa DVD writer yang bisa dibilang sudah agak jarang digunakan pada notebook terbaru. Adanya perangkat ini justru membuat PCplus menyukainya karena pilihan untuk membaca maupun menyimpan data menjadi lebih beragam. Ketersediaan optical drive ini tidak membuat dimensinya menjadi tebal. Dirancang sedemikian rupa bagi kenyamanan penggunaan, notebook ini hanya memiliki ketebalan 2,5 cm saja.

Untuk urusan audio, notebook ini menggunakan speaker stereo yang ditempatkan di sisi bawah bagian depan kiri dan kanan. Penempatan ini menarik karena suara yang keluar dari speaker akan terpantul pada landasan tempat notebook diletakkan sehingga membuat keluaran efek suara menjadi lebih kencang.

Sistem Operasi

Acer E5-473G-529X telah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Single Language 64-bit. Pilihan ini tentu memudahkan bagi kamu yang tidak ingin direpotkan dengan instalasi dari awal. Selain itu, sistem Windows 10 yang terpasang lebih terjamin keasliannya mengingat langsung didapat dari Acer Indonesia.

Tidak hanya terpasang sistem operasi saja, telah pula dilengkapi dengan sistem backup yang tersimpan secara tersembunyi. Jika sistem mengalami masalah, kamu bisa dengan mudah melakukan reset atau refresh sistem tanpa perlu melakukan instalasi ulang dari media lain.

Selain sistem operasi, hadir beberapa aplikasi pendukung bernuansa Acer, selain itu tersedia pula tautan untuk mengunduh Office 2016. Untuk urusan keamanan, Acer menyertakan McAfee LiveSafe versi trial dan Avast SecureLine.

Kinerja

Guna melihat kinerjanya secara umum, PCplus menggunakan aplikasi benchmark yang diwakili oleh PCMark 8 dan Cinebench R15. Aplikasi PCMark 8 selain mengukur kinerja dengan melihat skor uji, PCplus juga mengukur daya tahan baterainya menggunakan aplikasi ini.

Pertama-tama PCplus melakukan pengujian menggunakan Cinebench R15 untuk melihat sejauh mana kemampuannya dalam melakukan rendering gambar 2D dan 3D. Hasil skor CPU menunjukkan bahwa notebook ini memiliki kinerja yang sedikit lebih baik dibanding Intel Core i5-3371U yang merupakan generasi sebelumnya, Ivy Bridge. Sedangkan skor OpenGL yang dihasilkannya, kinerja grafis notebook ini berada di peringkat lima dibawah NVIDIA GeForce GT 650. Untuk perbedaan skor, kamu bisa melihatnya pada gambar dibawah ini.

cinebench

Karena menggunakan chip grafis tambahan NVIDIA GeForce 920M, PCplus juga coba menguji kemampuannya dalam menjalankan aplikasi berbasis grafis yang diwakili dengan beberapa game. Chip grafis ini merupakan chip entry level, namun dengan teknologi yang ada masih mampu menjalankan beberapa game terkini, meski dengan pengaturan resolusi yang disesuaikan.

Game pertama yang PCplus gunakan yaitu Grand Theft Auto V (GTA V) yang sudah cukup populer. PCplus coba menggunakan resolusi yang terdeteksi secara default dimana terpilih resolusi native dengan mode directX 11, FXAA aktif, serta detail yang secara otomatis menggunakan pilihan High. Menggunakan aplikasi Fraps, GTA V mendapatkan hasil benchmark dengan skor pada kisaran 19 hingga 22 fps. Skor ini memang agak kurang ideal mengingat standar minimal kenyamanan bermain game yaitu 30 fps. Namun dengan pilihan detail yang sudah terbilang tinggi, hasil ini tentu akan lebih baik lagi jika kamu menurunkan pilihan detail-nya.

gtaV

Sedangkan game kedua yang PCplus gunakan untuk melihat kinerja grafisnya yaitu Battlefield 4. PCplus menggunakan pilihan Auto detect pada resolusi yang akan digunakan dan game ini otomatis menggunakan pilihan detail Medium. Hasilnya, game ini bisa dimainkan dengan cukup nyaman. Skor yang didapat dari aplikasi Fraps menunjukkan skor antara 24 sampai 55 fps. Hasil yang terbilang cukup lumayan untuk sebuah chip grafis entry-level.

battlefield

Baterai

Untuk baterainya sendiri, bermodalkan 4-cell lithium ion, kemampuannya terbilang biasa. Untuk mengukur ketahanan baterai, PCplus menggunakan PCMark 8 pada mode Home Accelerated yang mensimulasikan aplikasi ringan untuk aktivitas sehari-hari, serta mode Work Accelerated yang mensimulasikan aplikasi yang biasa digunakan untuk pekerja kantoran. Hasilnya menunjukkan bahwa notebook ini mampu bertahan hingga sekitar 3 jam 25-30 menit untuk dua kebutuhan tadi.

pcmark

Jika menggunakan notebook untuk memainkan game yang membutuhkan kinerja grafis NVIDIA GeForce 920M, maka daya tahannya akan lebih cepat habis mengingat kinerja prosesor yang lebih keras serta chip grafis tersebut menggunakan konsumsi daya lebih besar dibanding chip grafis bawaan.

Kesimpulan 

acer-e5-utama-02

Acer E5-473G-529X merupakan alternatif menarik bagi yang ingin mencari notebook untuk aktivitas komputasi sehari-hari. Menyasar kelas menengah, spesifikasi yang ditawarkannya cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun game terkini. Meski khusus untuk urusan game, pilihan resolusinya mesti disesuaikan hingga tingkat kenyamanan tertentu.

Mengusung desain unik sebagai daya tarik dari segi fisik serta beberapa fitur unggulan, notebook ini tersedia dalam berbagai pilihan warna dinamis yang terdiri dari Cotton White, Charcoal Gray, Ocean Blue, Denim Blue, Coral Pink, dan Tropical Yellow. Dan unit yang PCplus terima (sesuai foto) yaitu Charcoal Gray.

Acer E5-473G-529x dibanderol dengan harga Rp7.599.000. Ini sudah termasuk Windows 10 dengan masa garansi total selama 2 tahun dengan rincian tahun pertama mencakup sparepart dan service, sedangkan pada tahun kedua hanya berupa service saja.

Plus: Spesifikasi yang mumpuni, kinerja bagus, chip grafis NVIDIA GeForce 920M, ada fitur power-off USB charging pada port USB 3.0, desain bertekstur unik, keluaran suara speaker stereo yang nyaring.

Minus: Touchpad kurang nyaman, material cover kurang kokoh, sudut pandang layar kurang luas.

Tanggapan Kamu

komentar