Hal Mendasar yang Mesti Diperhatikan Pengguna Android

Sebagai perangkat komunikasi yang memiliki banyak fungsi pintar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu agar smartphone bisa berfungsi secara optimal. Namun banyak pula yang meremehkan pengaturan tersebut. Padahal bisa jadi hal ini akan bermanfaat di kemudian hari. Contohnya saja, jika smartphone hilang (semoga tidak terjadi) dan kamu sudah mengaktifkan fitur Android Device Manager, ada kemungkinan masih bisa ditemukan lokasinya atau bisa menghapus data dari jauh. Tidak hanya itu, pengaturan yang dilakukan ini juga bisa membuat kinerja smartphone lebih gesit, irit daya, sampai irit penggunaan kuota internet. Apa saja yang mesti dilakukan? Berikut diantaranya:

Irit data

Bagi kamu yang memiliki kuota internet terbatas dan ingin menghemat penggunaan data saat berinternet, bisa mengutak-atik pengaturan di peramban Google Chrome. Peramban ini memang menyediakan fitur yang akan menghemat penggunaan data hingga 30 persen. Caranya, jalankan Chrome>Settings>Data Saver dan aktifkan ke posisi On.

Tetap hemat meski Wi-Fi aktif

Tahukah bahwa koneksi Wi-Fi smartphone bisa tetap aktif meski layar dalam kondisi sleep? Kamu bisa mengaktifkannya dengan cara jalankan Settings>Wi-Fi>Advanced>Keep Wi-Fi on during sleep, dan pilih Always. Dengan cara ini, kamu tidak hanya bisa tetap melakukan pengunduhan konten saat layar dalam kondisi sleep, tetapi juga akan membuat penggunaan baterai lebih irit. Hal ini dikarenakan smartphone tidak perlu selalu mengaktifkan kembali Wi-Fi yang sedang dalam kondisi sleep.

Optimalkan penggunaan baterai

Tidak peduli apapun merek smartphone Android yang kamu gunakan, yang pasti tiap perangkat pasti menyediakan fitur untuk memantau atau menghemat pengunaan baterai. Stock ROM Android sendiri sudah menyertakan fungsi penghemat baterai meski sederhana dibanding smartphone yang memiliki Custom ROM atau menggunakan UI masing-masing. Gunakan fitur ini jika kamu termasuk yang peduli dengan penggunaan daya baterai, utamanya bagi  yang sering berada di luar dan jauh dari colokan listrik ataupun tidak membawa power bank.

Permission secara individu

Ada fitur unik yang sejauh ini hanya ada di Android Marsmallow yaitu app permissions. Fitur ini memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengontrol penggunaan aplikasi. Kehadiran fitur terbaru ini membuat pengguna bisa mengontrol boleh atau tidaknya suatu aplikasi untuk menjalankan suatu aktivitas. Hal ini memberikan pengguna pilihan untuk mengizinkan atau menolak izin tertentu dalam sebuah aplikasi daripada harus menerima semua izin sekaligus. Misalnya, kamu dapat memberikan WhatsApp akses ke kamera, tapi tidak untuk akses mikrofon  jika diinginkan.

Manfaatkan Android Device Manager

Sistem operasi Android telah menyertakan fitur Android Device Manager yang memiliki banyak manfaat. Aplikasi ini menjadi solusi jika smartphone hilang atau dicuri. Nantinya secara remote, kamu bisa mengunci, membunyikan suara, ataupun menghapus seluruh konten yang ada menggunakan fitur ini. Untuk mengaktifkannya masuk ke Settings>Security>Device Administrators dan beri tanda centang.

Aktifkan Google Now

Sebagai asisten pribadi digital, Google Now memiliki fungsi untuk memberikan informasi atau melakukan perintah setelah kamu mengucapkan suatu kalimat. Dengannya kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dengan lebih cepat dan mudah. Tidak hanya itu, Google Now juga bisa berinteraksi dengan aplikasi yang terpasang, membuat catatan, mengatur alarm, serta hal-hal praktis lainnya. Meski demikian, secara default fitur ini belum aktif. Untuk mengaktifkannya, tekan Google Settings>Search and Now>Voice>OK Google detection, dan pilih Always on.

Aktifkan Lock Screen

Lock screen bisa berguna sebagai perlindungan jika smartphone hilang.  Kamu juga bisa melindungi dari orang tertentu agar mereka tidak bisa menggunakannya tanpa izin si pemilik. Ada beberapa metode perlindungan yang disediakan di Android, diantaranya yaitu Pattern, PIN, serta Password. Untuk mengaktifkannya, kamu mesti masuk ke Settings>Security>Screen lock. Sekanjutnya tentukan metode proteksi yang tersedia.

Matikan Auto-correction

Fitur Auto-correction memang bertujuan untuk mempermudah atau mempercepat pengguna saat mengetik suatu kata. Namun terkadang fitur ini malah mengganggu, apalagi jika kata yang direkomendasikan tidak sesuai dengan yang ingin ditampilkan. Jika kamu termasuk yang tidak membutuhkannya, matikan saja fitur ini. Caranya, tekan Settings>Language & input>Google Keyboard>Text correction, dan matikan Auto-correction.

Tanggapan Kamu

komentar