Mengenang Jon B. Postel, Salah Satu Legenda Internet

(wikipedia.org)

Jon Postel dengan peta top-level domain internet di tahun 1994.(wikipedia.org)

Namanya memang tidak sepopuler Bill Gates atau Steve Jobs. Bahkan dibandingkan Tim Berners-Lee, Bapak World Wide Web, namanya terdengar asing di telinga awam. Tapi tanpa sumbangsihnya, dunia internet mungkin tidak akan berkembang seperti sekarang. Dialah Jonathan Bruce Postel alias Jon Postel, pengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA) sampai akhir hayatnya, sekaligus editor dokumen Request for Comments (RFC), yang menjadi rujukan dan standar dunia internet.

Jasa-jasa Jon Postel dapat terlihat dalam banyak protokol inti yang dipakai dalam dunia internet saat ini. Aneka protokol ini misalnya TCP/IP (yang menetapkan cara data ditransfer via jaringan komputer), SMTP (yang memungkinkan pengguna mengirim surat elektronik atau e-mail), dan DNS (alias Domain Name Service, yang memungkinkan internet diakses dengan nama yang mudah diingat). Jon berkontribusi dalam pengembangan berbagai protokol ini serta aneka teknologi lain yang dipakai di internet.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa saat dunia internet belum sebesar sekarang, pengembangan internet masih diwarnai oleh aneka diskusi dan usulan untuk menetapkan standar-standar internet. Jon-lah yang merangkum aneka usulan dan aneka catatan tidak resmi ini dan menuliskannya dalam bentuk standar. Sebagai editor RFC selama tiga puluh tahun, Jon menyunting aneka dokumen RFC untuk menetapkan bagaimana internet berfungsi dengan baik sesuai dengan tujuannya.

Terlibat dalam ARPANET dan Merintis Internet Society

Jon Postel Postel menempuh pendidikan di Van Nuys High School, dan kemudian berlanjut ke UCLA (University of California, Los Angeles) sampai mendapatkan gelar bachelor of science dan master of arts di bidang engineering. Di tahun 1974, Jon menamatkan program doktoralnya dan mendapatkan gelar Ph.D dalam bidang ilmu komputer. Saat menempuh pendidikan di UCLA, Jon terlibat dalam proyek ARPANET. Ia juga sempat bekerja sebentar di MITRE Corporation, sebelum membantu pengembangan Network Information Center di SRI. Pada bulan Maret 1977, Jon bergabung dengan Information Sciences Institute di University of Southern California.

Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET) sendiri merupakan jaringan komputer berbasis packet switching dan merupakan jaringan komputer yang pertama kali menerapkan TCP/IP. ARPANET dan teknologi yang dipakainya sering dianggap sebagai fondasi internet.

Selama menjadi editor RFC mulai tahun 1969 sampai akhir hayatnya, Jon menulis dan menyunting banyak dokumen penting RFC termasuk RFC 791, RFC 792, dan RFC 793. Ketiganya mengatur protokol dasar dari serangkaian protokol yang dipakai di internet. Jon jugalah yang menyunting RFC 2223 yang berisi petunjuk bagi penulis RFC. Jon menulis dan menjadi penulis pendamping sebanyak lebih dari dua ratus dokumen RFC.

Sebagai informasi, Request for Comments diciptakan oleh Steve Crocker pada tahun 1969 untuk mengarsipkan aneka catatan tidak resmi dalam pengembangan ARPANET. Request for Comments (RFC) merupakan salah satu jenis publikasi dari Internet Engineering Task Force (IETF) dan Internet Society. RFC berisi pengembangan teknis dan penetapan standar pokok bagi dunia internet. Sebuah dokumen RFC dibuat oleh pakar dan ilmuwan komputer dalam bentuk sebuah catatan yang mendeskripsikan berbagai metode, perilaku, riset, atau inovasi. Semuanya diterapkan untuk mendukung fungsi internet dan aneka sistem yang terhubung ke internet. IETF mengadopsi sebagian dokumen RFC sebagai standar dunia internet.

Namun, di atas itu semua, kontribusi Jon yang paling diperhitungkan banyak pengamat dan pelaku internet adalah saat Jon berada di Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Di IANA, Jon menduduki jabatan sebagai direktur yang menangani pemberian nama domain dan alamat IP. Jon mengemban tugas ini secara sukarela. Tugas ini memiliki peran strategis karena menjaga stabilitas sistem manajemen protokol dan pengalamatan yang diperlukan oleh internet untuk tumbuh dan berkembang.

Saat di IANA, Jon juga ikut menangani jaringan Los Nettos (jaringan komputer regional di kawasan Los Angeles). Jon juga merupakan salah satu pendiri Internet Society sebagai anggota perorangan dan menjabat anggota dewan dari tahun 1993 sampai 1998. Postel juga merupakan administrator pertama dengan masa jabatan yang cukup lama yang menangani top-level domain .us.

Meskipun demikian, semua jabatan itu hanyalah aktivitas paruh waktu semata bagi Jon. Jabatan “resminya” sebenarnya adalah Direktur Divisi Jaringan Komputer (“Division 7”) pada Information Sciences Institute di University of Southern California.

Saya Mengenang IANA

Salah satu warisan Postel yang dianggap paling penting adalah RFC 760. Dokumen ini mengandung prinsip penting yang sering disebut Hukum Postel. Hukum ini berbunyi: “sebuah implementasi harus bersifat konservatif saat menangani pengiriman data, dan harus bersifat liberal saat menangani penerimaan data.”

Pada tanggal 16 Oktober 1998 di Los Angeles, di usia 55 tahun, Postel tutup usia karena penyakit jantung. Para koleganya dan tentu saja dunia internet merasa sangat kehilangan atas kepergiannya. Untuk mengenang pentingnya sumbangsih Jon terhadap perkembangan internet, baik secara teknis maupun personal, Vinton Gray “Vint” Cerf (salah satu bapak internet), menulis kenangannya dalam bentuk sebuah dokumen RFC. Kenangan Vinton ini tertuang dalam RFC 2468 yang berjudul “Saya Mengenang IANA“.

Dalam paragraf terakhir RFC 2468, Vinton menyatakan bahwa ia menyangsikan akan ada orang yang mampu menyamai sumbangsih Jon di dunia internet. “Apa yang telah dilakukan Jon merupakan tolok ukur atas kontribusi luar biasa dari seorang manusia terhadap dunia yang ia kenal dan cintai,” tulis Vinton dalam kalimat terakhir di RFC 2468.

 

Tanggapan Kamu

komentar