Tokopedia: Tren Kurban Online Meningkat Lima Kali Lipat
Tokopedia mencatat peningkatan yang signifikan atas tren berkurban via online. “Kami menjual hewan kurban online sejak tahun lalu. Tahun ini—juga dalam rangka Idul Adha—kami bekerja sama dengan empat lembaga, yaitu Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, PKPU dan Baznas untuk menggelar program bertajuk ‘Tokopedia Kurban’.
Tujuannya adalah kembali memungkinkan seluruh masyarakat Indonesia berkurban melalui dunia online. Menariknya, tren berkurban melalui platform kami meningkat lebih dari 500 persen dibandingkan Idul Adha tahun lalu,” ujar Siti Fauziah (Puji) (PR Executive Tokopedia).
Rekomendasi Produk PCplus
-
Sale!
ASUS Zenbook 14 OLED UX3405MA-OLEDS511 – Ponder Blue
Rp16,999,000.00 Beli Sekarang -
GEEKOM Mini PC MiniIT11 Intel Core i7-11390H 16GB DDR4 512GB SSD Win11
Rp6,290,000.00 Beli Sekarang -
Sale!
ASUS ROG FLOW X13 GV301RA – R7RADA6T-O – R7-6800HS – SSD 512GB – 120HZ
Rp18,699,000.00 Buy product -
Sale!
Lenovo ideapad Slim 3i-14ITL6 – HYID i3-1115G4 SSD 256GB Arctic Grey
Rp5,899,000.00 Beli Sekarang
Menurut Puji, kenaikan itu dikarenakan adanya sederet keunggulan berkurban via online. Selain lebih mudah karena tidak perlu langsung datang ke peternak dan bingung memilih hewan kurban, program seperti ini juga menjamin penyaluran yang transparan, bahkan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.
“Empat lembaga terpercaya yang kami gandeng dalam ‘Tokopedia Kurban’ inilah yang kemudian membantu Toppers (pengguna Tokopedia, red.) mendistribusikan hewan kurban yang dibeli ke seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” jelas Puji.
Sementara Agung Notowiguno (Presiden Direktur PKPU) menambahkan bahwa selama Idul Adha, pihaknya telah menyalurkan donasi kurban ke seluruh pelosok negeri, yaitu daerah-daerah rawan gizi, rawan bencana, pedalaman, minoritas dan komunitas yang tergolong masyarakat miskin,”.
Urip Budiarto (General Manager Resource Mobilization Dompet Dhuafa) menyatakan bahwa dengan dukungan Tokopedia, masyarakat yang membutuhkan kemudahan berkurban kini dapat terfasilitasi secara online. Sementara Nur Efendi (CEO Rumah Zakat) di sisi lain berpendapat bahwa sinergi Tokopedia dengan lembaga-lembaga terkait adalah simbol kebersamaan. Ini menurutnya untuk memberi nilai tambah atas rasa kepedulian dan semangat berbagi kepada sesama pada momentum Idul Adha dan ibadah kurban.
Direktur Baznas Arifin Purwakanta pun berharap kerja sama dengan Tokopedia bisa dilanjutkan untuk memberikan kemudahan lain bagi masyarakat pada umumnya.