Fitur iOS10 yang “Menjiplak” Android

ios10

Kamu-kamu yang pengguna iPhone kini bisa bersuka cita dan merasakan kebahagiaan mendalam. Soalnya Apple udah resmi merilis iOS 10, sistem operasi terkini yang disebut-sebut pembaruan paling revolusioner dari iOS yang udah ada. Banyak fitur-fitur baru dan canggih yang ditawarkan iOS 10 ini, yang akan membuat iPhone kamu makin powerful lagi.

Namun jangan terlalu bangga juga. Jika dilihat, sebenarnya banyak fitur iOS 10 yang “njiplak” Android. Bahkan beberapa di antaranya udah ada di Android lima tahun lalu.

Tapi emang sih, kalo dipikir-pikir, perkembangan smartphone udah “dewasa” banget. Jadi udah gak banyak fitur baru yang revolusioner atau bikin mata terbelalak. Mungkin kalo ada aplikasi yang bisa nunjukin di mana pasangan jiwa kita berada, itu baru keren ya?

Anyway, berikut beberapa fitur Apple iOS 10 yang udah ada di Android sejak lama.

  • Raise to Wake: fitur ini menampilkan notifikasi di layar yang terkunci. Dengan fitur ini, pengguna pengguna iPhone bisa mengecek notifikasi tanpa harus mengaktifkan dulu iPhone-nya.

Keren sih, tapi fitur yang mirip udah ada di Android. Namanya Ambient Display yang muncul sejak generasi Android Lollipop.

  • Siri untuk 3rd Party: Kemampuan Siri di iOS dipastikan akan meningkat seiring dibukanya akses virtual assistant ini untuk pihak ketiga. Jika selama ini Siri mentok cuma bisa mengakses aplikasi bawaan iPhone, kini Siri juga bisa mengakses aplikasi lain. Contohnya kini pengguna bisa meminta Siri memesan Uber atau Grab.

Tapi ini juga bukan hal baru. Di Android, keleluasaan mengakses Google Now sudah dilakukan sejak tahun lalu.

  • Uninstall Apps Bawaan. Selama ini Apple menutup akses pengguna untuk mencopot aplikasi bawaan seperti Apple Maps, Music, Calculator, dan lainnya. Akan tetapi, mulai versi iOS 10 ini, pengguna bisa mencopot aplikasi bawaan Apple tersebut. Hal ini tentu saja menjadi alternatif menarik ketika kapasitas iPhone sudah sesak.

Di Android, Google telah membuka akses mencopot aplikasi bawaan itu sejak Android KitKat yang dirilis Oktober 2013.

  • Deteksi Spam Call. Aplikasi Phone di iOS 10 kini lebig canggih karena bisa mendeteksi sebuah panggilan adalah spam. Jika dianggap spam, panggilan itu langsung di-forward ke voicemail.

Di Android, hal itu sudah bisa dilakukan sejak Android 2.0 di tahun 2009.

iOS keren juga kok!

Akan tetapi, iOS juga memiliki fitur yang mungkin diimpikan pengguna Android. Aplikasinya sendiri tidak baru, namun pembaruan yang dilakukan Apple membuat aplikasi tersebut cukup menarik perhatian.

Fitur itu adalah:

  • Quick Type Keyboard. Keyboard bawaan iOS ini kini semakin pintar karena bisa memahami konteks saat kamu lagi di mana dan ngapain. Contohnya ketika lawan bicara menanyakan posisi, kamu bisa langsung mengirimkan informasi GPS langsung dari keyboard tersebut. Android sebenarnya juga memiliki fitur sejenis namun terbatas pada aplikasi Allo yang belum resmi dirilis.
  • iMessage. Apple tampil habis-habisan dalam memperbarui aplikasi chatting-nya dengan merilis rangkaian feature yang unik. Salah satunya adalah invisible ink yang menampilkan pesan yang samar. Untuk membacanya, pengguna harus mengusap pesan tersebut. Bayangin jika fitur ini kamu gunain ke gebetan dengan nulis “aku sayang kamu”. Ciee…

Tanggapan Kamu

komentar