Google Hentikan Project Smartphone Modularnya

 

project ara unit JAKARTA, PCplus – Masih ingat project Ara? Ini adalah project smartphone modular Google yang dijadwalkan meluncur musim gugur ini. Namun dikabarkan oleh Reuters, Google yang sedang mereksturisasi hardware output-nya telah menghentikan project tersebut.

Namun Reuters juga menyebutkan, teknologi project Ara mungkin masih akan ada melalui perjanjian lisensi. Cuma Google sendiri tidak akan merilis perangkatnya.

Tadinya Google bermaksud menjual Project Ara sebagai exoskeleton smartphone rendah-biaya, dengan marketplace modul. Jadi konsumen bisa membeli komponen-komponen individual seperti display, kamera dan baterai. Ini akan sangat mengurangi sampah elektronik dan juga memperpanjang usia smartphone.

Belum ada pengumuman resmi dari Google tentang hal ini. Faktanya, proses pengembangan Project Ara selama ini beberapa kali tidak sesuai jadwal. Unit demo awal Project Ara bahkan gagal boot di ajang Google I/O 2014. Soft launch-nya di Puerto Rico pada tahun 2015 pun kemudian dibatalkan.

Entah kebetulan atau direncanakan, peristiwa ini terjadi saat ini Google mengganti nama smartphone Nexus-nya menjadi Pixel.

Tanggapan Kamu

komentar