John McAfee Perkarakan Intel untuk Hak Cipta atas Namanya

John_McAfeeJAKARTA, PCplus – Kamu pengguna PC mungkin belum lupa dengan nama McAfee. McAfee dulu dikenal sebagai software antivirus paling populer di dunia. Software ini dibesut McAffe Associates Inc, perusahaan yang didirikan oleh John McAfee pada tahun 1987. Belakangan McAfee menjual perusahaan sekuritinya ke Intel dengan nilai US$ 7,68 triliun.

Kini pionir antivirus pioneer yang menciptakan salah satu dari program sekuriti paling populer di dunia itu menuntut Intel untuk hak cipta atas namanya. McAfee rupanya ingin mengubah nama perusahaan digital gaming-nya, MGT Capital Investments Inc, menjadi John McAfee Global Technologies Inc.

Padahal Intel sudah mewanti-wanti bahwa dia akan melanggar merek dagang yang sudah dialihkan ke Intel sebagai bagian dari penjualan. Ketika membeli McAfee, Intel berencana menanamkan bagian-bagian sekuriti yang terkait ke prosesornya guna menyediakan proteksi dengan tingkat lebih dalam. Namun rencana tersebut tidak terwujud. Kendati sudah mengganti nama McAfee menjadi Intel Security, Intel masih menyimpan rencana untuk  merek McAfee.

Pertikaian antara John McAfee dan Intel bermula dari perjanjian akuisisi aset tahun 1991. Ketika itu John McAfee menjual merek McAfee untuk perusahaan antivirusnya seharga US$ 9 juta, yang kemudian dibeli Intel pada 2010. Namun si pendiri software antivirus berkilah bahwa merek dagang yang berpindah tangan hanyalah yang berlabel “McAfee Antivirus”. Artinya, dia masih memegang hak untuk menggunakan namanya sendiri.

Jadi siapa yang berhak atas nama tersebut? Kita tunggu saja siapa pemenang hak ciptanya

Tanggapan Kamu

komentar