Tantang Microsoft Surface Pro 4, Lenovo Hadirkan Yoga Book

Tampil unik dengan Halo Keyboard yang terkoneksi ke display

Tampil unik dengan Halo Keyboard yang terkoneksi ke display

JAKARTA, PCplus – Di ajang IFA 2016, Lenovo bikin kejutan dengan memamerkan Yoga Book. Ini adalah komputer tablet yang menjanjikan pendekatan baru untuk mengetik dan coret-coret.

Dari sisi fisik, Yoga Book tipis (tebalnya 9,6mm), tetapi kokoh dengan balutan casing alumunium dan magnesium. Bobotnya ringan, 680 gram.

Tablet ini punya Halo Keyboard, yang terhubung ke display Full HD 10,1” via engsel watch-band Lenovo dan tidak bisa dilepas. Halo Keyboard inilah yang membuat Yoga Book berbeda dengan tablet lain. Kendati tidak ada tombol-tombol fisik, sensasi mengetik terasa bak sesungguhnya.

Keyboard-nya sendiri akan menjelma menjadi bidang gambar jika tidak dipakai. Dan bisa ditulisi atau dicoret-coret dengan menggunakan Real Pen stylus yang disertakan. Hadir serupa pena, Real Pen menyembunykan beberapa teknologi pressure-sensing yang hebat. Sensitivitas 2048 tingkatnya menggungguli Surface pen yang 1024 tingkat.

Pena ini siap beraksi dengan satu tekanan tombol, dan kompatibel dengan sebarang app atau software yang mendukung sentuhan. Kalau tutup pena, akan terungkap ink nib. Menempatkan selembar kertas ke keyboard akan memungkinkan Yoga Book untuk menyimpan salinan digital dari apa pun yang digambar atau ditulis. Lenovo sudah menyertakan setumpuk kertas berukuran khusus dalam kemasan Yoga Book.

O ya, ada touchpad di bawah spacebar. Jadi tablet ini pun bisa dipakai bak laptop.

Dari sisi kelengkapan, Yoga Book dikemasi prosesor Intel Atom x5-Z8550, RAM 4GB, dan storage 64GB. Untuk konektivitas, tersedia microUSB, bukan USB-C, dan slot microSD dan mini HDMI.

Lenovo menjanjikan daya tahan baterai 13 jam dari baterai 8500mAh yang terpasang. Yoga Book datang dengan dua cita rasa OS: Windows 10 atau Android 6.0.1 Marshmallow (menurut Lenovo, versi Nougat akan segera hadir). Keduanya punya spesifikasi yang sama, dan dijadwalkan meluncur ke pasar Oktober mendatang. Kamu bisa memesannya sekarang. Versi Windows akan dibandrol US$ 549, sedangkan versi Android 6.0.1 US$ 499.

Tanggapan Kamu

komentar