Tuesday, April 16, 2024
Baru TerbitBerita Teknologi

Tingkatkan Layanan Publik, Pemda Jateng Luncurkan Twitter Kemala

tmp_27036-twitter_bird_logo_2012-svg1047331883

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah baru saja mengumumkan kemitraan dengan Twitter Indonesia untuk meningkatkan pelayanan publik dan interaksi dengan warga melalui Twitter Kemala. Twitter Kemala, yang merupakan singkatan dari Kelola Melantas Layanan, merupakan solusi layanan publik yang dibuat oleh Twitter untuk mempermudah komunikasi dan interaksi live antara Pemda dengan masyarakat.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi institusi pemerintahan pertama di Indonesia yang akan menggunakan Twitter Kemala untuk menjalankan praktik e-governance secara lebih efisien dan transparan. Dengan solusi pelayanan publik berbasis Twitter ini, warga hanya perlu mengirim Tweet mereka menggunakan tagar #KemalaJateng, dan akan direspons oleh institusi terkait di Pemerintahan Jawa Tengah.

Berikut ini adalah cara kerja Twitter Kemala:
1. Tweet pertanyaan, usulan, keluhan dengan menggunakan tagar #KemalaJateng. Tidak perlu menyebutkan akun Twitter instansi terkait.
2.  Tweet tersebut lalu akan didelegasikan oleh tim Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada institusi yang bersangkutan.
3.  Institusi terkait akan merespons Tweet warga tersebut melalui Twitter sebagai bentuk komitmen dalam hal transparansi dan praktik e-governance secara lebih cepat.

Menurut Twitter, warga Jawa Tengah menggunakan Twitter sebagai salah satu platform tercepat untuk berkomunikasi dengan pemerintah – dengan menyebutkan akun-akun Twitter instansi terkait, atau bahkan mengajukan keluhan dan pertanyaan mereka secara langsung ke akun Twitter Gubernur @ganjarpranowo.

Siaran pers Twitter juga menyatakan bahwa hal ini sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mendirikan pemerintahan yang bersih, jujur, dan transparan. Selama satu bulan terakhir, terdapat setidaknya 500 ribu Tweet yang dikirimkan oleh masyarakat di Jawa Tengah terkait dengan pelayanan publik. Di antara aneka Twit itu, “jalan” menjadi salah satu kata yang paling banyak disebutkan.

Twitter Kemala dikembangkan sebagai solusi pelayanan publik yang dapat digunakan oleh mitra-mitra Twitter di Indonesia, terutama lembaga-lembaga pemerintah. Twitter Kemala memungkinkan berbagai institusi untuk menyediakan informasi dan respons yang cepat, efisien, serta real-time terhadap berbagai pertanyaan, permintaan, maupun keluhan masyarakat.

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.