Wah, GDP Venture dari Indonesia Ikutan Investasi di Garena

garenaJAKARTA, PCplus – Hmm, bingung siapa itu GDP Venture dan siapa Garena? GDP (Global Digital Prima) Venture adalah perusahaan penanam modal (venture builder) dari Indonesia. Didirikan tahun 2010 oleh pemilik Djarum Group, GDP Venture berfokus pada perusahaan-perusahaan startup komunitas digital, media, commerce, dan solusi. Contoh perusahaan yang ditanami duit oleh GDP Venture adalah Kaskus.

Nah sekarang GDP Venture ikutan berinvestasi yakni di Garena. Garena adalah perusahaan startup game yang memulai kiprahnya tahun 2009. Garena mendapatkan sebagian penghasilannya dari uang yang dibelanjakan pemain game-nya untuk membeli barang-barang virtual seperti baju bagi karakter game.

Di kawasan Asia Tenggara, Garena merupakan startup teknologi yang paling berharga saat ini. Selain bermain di arena game, Garena sekarang mengoperasikan layanan pembayaran AirPay dan app social commerce Shopee.

GDP Venture tidak sendirian sih memberikan modal tambahan pada Garena. Ada dua investor lain, yaitu: SeaTown Holdings International dan Mistletoe. SeaTown adalah perusahaan manajer investasi yang didirikan tahun 2009 sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Temasek Holdings dari Singapura. Sementara Mistletoe adalah perusahaan pendanaan asal Jepang milik Taizo Son, adik dari CEO SoftBank Masayoshi Son.

Tidak disebutkan berapa dana yang berhasil dikumpulkan. Namun valuasi sebelumnya adalah US$ 3,75 miliar, setelah pendanaan edisi Maret sebesar US$ 170 juta dari Khazanah Nasional Berhad milik pemerintah Malaysia, dan Tencent dari Tiongkok. Garena disebutkan saat ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari US$ 500 juta dari para penyandang dana, yakni General Atlantic, the Ontario Teachers’ Pension Plan, Keytone Ventures, dan  co-founder Skype Toivo Annus.

“Kami bangga dengan masuknya tiga lembaga pendanaan paling terhormat di Asia ke Garena,” kata Garena founder, chairman and group CEO Forrest Li.

Tanggapan Kamu

komentar