Tuesday, March 19, 2024
Fitur

Evolusi Teknologi Corning Gorilla Glass

kredit: www.thenextweb.com
kredit: www.thenextweb.com

Salah satu perkembangan teknologi yang tidak bisa dilupakan dari smartphone adalah teknologi pelindung yang disematkan pada sebagian besar layar smartphone. Dengan semakin beragamnya kebutuhan pengguna, kualitas layar yang kuat juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih perangkat mobile.

Pelindung Layar Paling Populer

kredit: www.androidheadlines.com
kredit: www.androidheadlines.com

Gorilla Glass merupakan pelindung layar yang diproduksi oleh perusahaan manufaktur kaca Corning Glass Company yang berbasis di Amerika Serikat. Pabrik pembuatan kaca Gorilla Glass sendiri terletak di Harrodsburg, Kentucky Amerika dan di Shizuoka, Jepang.

Gorilla Glass memang menjadi salah satu produk pelindung layar yang sudah sering dipakai diberbagai perangkat elektronik atau mobile kelas atas diseluruh dunia. Bahkan sebuah data mengungkapkan jika produk Gorilla Glass sudah digunakan di lebih dari 3 milyar produk elektronik diseluruh dunia.

Pertama kali digunakan pada perangkat iPhone, kini Gorilla Glass sudah digunakan oleh berbagai perangkat high-end, seperti smartphone, laptop, tablet dan gadget portabel lainnya. Sejak hadir tahun 2005, Gorilla Glass mengalami masa jaya pada tahun 2010 dimana saat itu sudah menguasai pasar hingga 30%.

Jenis Gorilla Glass

kredit: www.ubreakfix.com
kredit: www.ubreakfix.com

Gorilla Glass terdiri atas dua jenis yaitu Corning Gorilla Glass Scratch Resistant dan Corning Gorilla Glass Waterproof. Sesuai dengan namanya, Corning Gorilla Glass Scratch Resistant memiliki keunggulan utama dalam memberikan perlindungan terhadap goresan dan benturan, sedang Corning Gorilla Glass Waterproof fungsi utamanya adalah melindungi smartphone dari air, sehingga smartphone yang dilindungi Corning Gorilla Glass Waterproof akan tahan saat dipakai di bawah guyuran air hujan, bahkan ada yang dapat bertahan saat terendam di dalam air pada kedalaman tertentu.

Gorilla Glass 1

kredit: Youtube – Los Angeles Times
kredit: Youtube – Los Angeles Times

Gorilla Glass generasi pertama memiliki ketebalan 0,5 mm hingga 2 mm. Dengan ketebalan ini layar yang dilindungi sedikit pun tidak akan berkurang daya responnya sehingga tetap nyaman saat digunakan. Corning mengklaim bahwa bahan yang digunakan pada produk buatannya tidak membahayakan lingkungan, karena tidak terbuat dari bahan besi berat. Meski demikian bukan berarti Gorilla Glass tidak bisa pecah. Jika diperlakukan kasar dengan benda keras maka layar ini bisa pecah. Jadi Gorilla Glass lebih cenderung memberi rasa aman pada penggunaan sehari-hari. Keunggulan lain dari Gorilla Glass yaitu bahannya mudah dibersihkan.

Gorilla Glass 2

kredit: www.allthingsd.com
kredit: www.allthingsd.com

Tahun 2012, Corning menghadirkan Gorilla Glass 2 yang menawarkan tingkat ketahanan sama namun mengurangi ketebalan sebesar 20 persen. Daya tahan Gorilla Glass 2 mengalami peningkatan hingga 25% dibanding generasi pertamanya. Hal ini terbukti saat dilakukan uji coba dengan menggunakan peralatan khusus dimana mampu menahan benturan atau tekanan sampai dengan 120 pond atau 54,43 kg tanpa mengalami kerusakan. Dengan ukuran yang lebih tipis, para vendor elektronik dapat lebih leluasa dalam membuat perangkat yang lebih tipis dengan sensitifitas touchscreen yang lebih sempurna tanpa mengurangi kualitas ketahanannya.

Gorilla Glass 3

kredit: www.revision3.com
kredit: www.revision3.com

Setahun berikutnya Gorilla Glass 3 hadir setelah sebelumnya diperkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013. Corning telah mengembangkan Gorilla Glass 3 dengan menggunakan fitur baru yang bernama Never Damage Resistance. Fitur ini mampu menahan goresan hingga 3 kali lipat dibanding Gorilla Glass 2. Disamping itu goresan yang terjadi pada layar yang berlapis Gorilla Glass 3 akan dapat direduksi sehingga terlihat lebih halus sampai dengan 40 persen dibanding generasi sebelumnya.

Gorilla Glas 4

kredit: www.windowscentral.com
kredit: www.windowscentral.com

Setahun berikutnya, Corning kembali menghadirkan pembaruan melalui Gorilla Glass 4. Pelindung ini hadir dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan lebih kuat dari versi sebelumnya. Gorilla Glass 4 memiliki ketebalan kaca mencapai 0,4 mm yang lebih tipis dibandingkan dengan ketebalan Gorilla Glass 3 yang memiliki ketebalan hingga 0,7 mm. Meski demikian daya tahannya lebih kuat dan lebih kokoh dalam melindungi layar. Kini Gorilla Glass 4 mampu bertahan dari kerusakan hingga 80% saat dijatuhkan dari ketinggian 1 meter ke berbagai permukaan hingga permukaan yang kasar sekalipun.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.