Tuesday, March 19, 2024
Baru TerbitIstilah-Istilah Komputer dan TI

Fiber to The X (FTTX)

(ilustrasi: Wikipedia.org)
(ilustrasi: Wikipedia.org)

FTTx (fiber to the x) merupakan istilah umum bagi semua arsitektur jaringan pita lebar (broadband) berbasis serat optik yang menyediakan akses data ke pelanggannya. Dalam praktiknya, FTTx dibagi dalam dua kelompok, yakni FTTP/FTTH/FTTB (koneksi serat optik sampai ke tempat pelanggan) dan FTTC/N (koneksi serat optik yang hanya mencapai kabinet atau titik distribusi tertentu, sedangkan koneksi ke pelanggan menggunakan kabel tembaga).

FTTx terdiri dari:

  1. FTTP (fiber-to-the-premises): koneksi data berbasis serat optik sampai ke tempat pelanggan. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan koneksi serat optik bagi FTTH dan FTTB.
  2. FTTH (fiber-to-the-home): koneksi data berbasis serat optik yang mencapai rumah pelanggan, biasanya berupa kotak yang dipasang di dinding luar rumah. Atau bisa juga sampai ke dalam rumah tempat di mana ONU (optical network unit)/ONT (optical network terminal) berada. Jaringan serat optik pasif dan dan point-to-point Ethernet merupakan arsitektur yang menggunakan FTTH untuk menyajikan tiga layanan sekaligus (telepon, akses internet, dan TV berbasis IP) dalam serat optik tunggal.
  3. FTTB (fiber-to-the-building, -business, or -basement): koneksi data berbasis serat optik yang mencapai gedung. Dari situ, akses ke pelanggan di ruangan dalam gedung dilangsungkan menggunakan media lain, bisa berupa kabel ethernet, kabel TV, atau kabel telepon.
  4. FTTdp (fibre to the distribution point): koneksi data berbasis serat optik yang hanya mencapai kotak distribusi yang terletak beberapa meter dari lokasi rumah atau gedung pelanggan.
  5. FTTN/FTTLA (fiber-to-the-node, -neighborhood, or -last-amplifier): koneksi data berbasis serat optik hanya sampai ke titik distribusi yang biasanya terletak di pinggir jalan. Kotak distribusi ini terletak beberapa meter sampai beberapa kilometer dari lokasi pelanggan. Dari sini, data akan diteruskan ke pelanggan menggunakan kabel tembaga. FTTN seringkali merupakan langkah awal dari implementasi FTTH (fiber-to-the-home).

6. FTTC/FTTK (fiber-to-the-curb/kerb, -closet, or -cabinet): koneksi data berbasis serat optik sampai ke panel distribusi berupa lemari kecil di pinggir jalan. Metode ini mirip seperti FTTN, namun FTTC/FTTK biasanya lebih dekat dengan lokasi pelanggan (biasanya hanya berjarak kurang dari tiga ratus meter). Dari sini, data akan disebar ke pelanggan menggunakan kabel Ethernet, kabel listrik, atau Wi-Fi. FTTC kadang-kadang juga disebut FTTP (fiber-to-the-pole), sehingga sering bertumpang-tindih dengan fiber-to-the-premises

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.