Ini Tip Verisign untuk Ubah Pengunjung Jadi Pelanggan

(ilustrasi: wikipedia.org)

(ilustrasi: wikipedia.org)

Di Indonesia, sekitar 68,7 persen dari 88,1 juta pengguna internet mengakses internet untuk mencari informasi, dan hanya 11 persen pengguna internet yang mengakses internet untuk melakukan belanja online. Meskipun tidak semua orang yang melakukan pencarian di internet memiliki tujuan untuk mencari tahu informasi tentang barang dan jasa, pebisnis tetap memiliki peluang untuk menarik pengunjung ke website dan membuat mereka melakukan pembelian.

Dengan kata lain, pebisnis bisa mengubah mereka dari sekedar pengunjung menjadi pelanggan. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mengkonversi klik menjadi penjualan atau mengubah pengunjung menjadi pelanggan? Verisign memberi beberapa tip berikut untuk melakukan hal tersebut.

1. Sajikan informasi yang berlimpah namun tetap relevan

Menyajikan informasi tentang fitur-fitur produk atau layanan yang paling menarik dan unik akan membantu pebisnis berkomunikasi dengan calon pelanggan. Caranya, jangan penuhi beranda dengan hal-hal yang tidak penting. Lalu sampaikan pesan kunci kita dengan jelas menggunakan kata-kata sesedikit mungkin. Gunakan pula penjelasan yang ringkas, sub-judul, poin-poin, dan paragraf pendek. Dan terakhir gunakan format standar satu kolom agar lebih mudah dibaca.

2. Pastikan website mudah digunakan

Penting bagi pebisnis untuk memastikan bahwa website-nya mudah digunakan. Menu pada website harus dibuat semudah mungkin, menyajikan semua informasi yang dibutuhkan pelanggan sesederhana mungkin dengan hanya beberapa klik.

Hal ini bisa dilakukan membuat header image di beranda dengan tautan (hyperlink) yang bisa mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu dari sebuah website. Misalnya, jika memiliki situs pemesanan tiket pesawat, kita bisa membuat header image yang berisi informasi penting tentang penawaran yang diberikan. Gambar tersebut dapat terhubung langsung ke halaman pemesanan.

Dengan demikian, ketika mengeklik gambar tersebut, pelanggan akan dibawa ke laman di mana mereka bisa mendapatkan semua rincian informasi tentang penawaran dan melakukan pemesanan tiket hanya dengan beberapa langkah mudah.

Less is more” adalah aturan utama dalam berjualan online. Ini berarti, makin sedikit pelanggan harus melakukan klik, maka akan lebih baik.

3. Bangun kepercayaan dan tingkatkan keamanan

Menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online bisa menjadi sebuah tantangan. Dalam dunia online, website akan mewakili kita bercerita kepada pelanggan. Oleh karena itu, menunjukkan kredibilitas dan kapabilitas dalam website akan membantu menimbulkan kepercayaan pengunjung.

Sebagai contoh, jika kita memiliki bisnis penginapan, website kita dapat menunjukkan kamar yang ditawarkan melalui galeri. Website juga dapat memiliki halaman “tentang kami” yang menjelaskan semua aspek bisnis, berisi informasi mengenai layanan yang ditawarkan, serta menampilkan ulasan dari media dan klien.

Degan demikian, orang-orang yang mengunjungi website akan mengetahui sebanyak mungkin tentang penginapan tersebut dan dapat menilai kredibilitas kita. Jika website kita menawarkan pilihan belanja online, penting untuk membuat pelanggan percaya bahwa mereka dapat dengan aman melakukan transaksi di website kita.

Kepercayaan ini dapat dibangun dengan menggunakan sistem pembayaran yang terbukti aman. Kita juga bisa menaruh umpan balik dan review dari pelanggan di website. Hal ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui transparansi dan keterlibatan pelanggan.

4. Pilih nama domain yang tepat untuk membantu kesuksesan bisnis online

Langkah awal penting untuk menjalankan bisnis di Internet adalah dengan memilih dan mendaftarkan nama domain (alamat web). Nama domain dapat digunakan untuk mewakili merek dan identitas perusahaan di internet. Untuk membantu meningkatkan visibilitas dan membangun merek secara online, pilihlah nama domain yang bermakna dan daftarkan sesegera mungkin.

Sama seperti halnya lokasi di dunia offline yang sangat menentukan perkembangan bisnis, nama domain .com misalnya, juga bisa menjadi fondasi bagi kesuksesan bisnis online. Banyak pengusaha muda memilih tipe domain ini ketika mereka mulai merambah dunia online. Terlebih lagi, domain ini mampu membantu meningkatkan visibilitas dan kredibilitas merek online bisnis, baik di Indonesia maupun global.

Dengan sedikit perencanaan yang strategis, kita dapat mengembangkan bisnis kita. Ketika kita sudah bekerja keras menarik orang-orang mengunjungi website, apa yang lebih penting dari mengubah mereka dari hanya sekedar pengunjung menjadi pelanggan?

Tanggapan Kamu

komentar