Gandeng Neowiz Games, BBM Kembangkan BBM Game Center

(ilustrasi: wikipedia.org)

(ilustrasi: wikipedia.org)

Creative Media Works (bisnis jejaring sosial mandiri, yang berfokus pada konsumen, dan pengoperasian BBM), baru-baru ini telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Neowiz Games Corp. untuk anak perusahaannya, B2Games. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan dan menjalankan BBM Game Center.

Dijadwalkan hadir di kuartal ke-4 2016, BBM Game Center memungkinkan penggunanya mengunduh game gratis dan bersaing dengan sesama teman BBM mereka, baik di platform iOS maupun Android.

BBM merupakan salah satu aplikasi mobile messaging populer di Indonesia. Menurut Creative Media Works, instalasi aplikasi BBM telah merambah ke luar perangkat BlackBerry, dengan lebih dari 100 juta instalasi di platform Android, iOS, dan Windows.

Sejak diciptakan pada Agustus 2005, BBM diklaim telah berkembang dari aplikasi pesan yang terbatas pada fungsi komunikasi (teks dan video), menjadi “ekosistem” sosial, yang menyatukan fungsi chatting, sosial, bisnis dan jasa, termasuk game.

B2Games sendiri merupakan perusahaan gabungan, yang dibangun Neowiz Games Corp, Mobirix  (perusahaan mobile game) bersama Avancera (spesialis pemasaran dan perdagangan di Asia Tenggara). Tujuannya untuk mengembangkan dan mengelola platform BBM Game Center.

Menurut siaran persnya, dengan berpegang pada pengalaman di pasar game Korea Selatan, Neowiz Games Corp. melakukan upaya serius untuk melokalkan game ke dalam Bahasa Indonesia. Caranya, dengan terlibat secara aktif dalam pengadaan game melalui pihak ketiga, menyajikan data analisis mendalam, melokalkan pemasaran, serta layanan pelanggan.

Menurut Neowiz, saat ini, sebagian besar game di Indonesia yang disediakan pemasok online game global, tidak memiliki pilihan bahasa Indonesia.
Berdasarkan laporan App Annie 2015 Retrospective, Indonesia adalah negara dengan jumlah pemain mobile aktif terbesar (30,7 juta) di Asia Tenggara. Dari seluruh pemain mobile game aktif tersebut, sebanyak 49 persen menghabiskan uang untuk game, lebih besar dari seluruh wilayah di Asia Tenggara dengan rata-rata 45 persen.

Game strategi dan balapan adalah genre game paling top bagi pemain mobile games sehingga mereka rela menyisihkan uang untuk kedua jenis game tersebut. Survei Jakpat Mobile juga mengungkapkan bahwa BBM adalah pemimpin yang tak terbantahkan di pasar Indonesia dengan sebanyak delapan puluh persen pengguna memilih BBM sebagai aplikasi mobile messaging paling sering digunakan.

Sebagai informasi, pada 27 Juni 2016, Creative Media Works (divisi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk./Emtek), mengumumkan aliansi dengan BlackBerry Limited. Sebagai bagian dari strategi itu, BBM menyajikan API untuk mempercepat pertumbuhan mitra dan layanan konsumen, seperti: konten (streaming musik dan video, game, olahraga, berita, blog selebriti, dan horoskop), commerce (belanja, hadiah, dan kupon/voucher), online to offline commerce  (pemesanan film, wisata, pelayanan kesehatan, perumahan, atau lowongan pekerjaan), dan keuangan (pembayaran P2P, transfer uang, isi ulang ponsel, dan keperluan penagihan).

Tanggapan Kamu

komentar