GIGABYTE Segarkan Lini Motherboard X99

gigabytesegarkanlinimotherboardx99-1

Jakarta, PCplus – Menyusul kehadiran prosesor Intel Core i7-6950X, GIGABYTE pun melakukan penyegaran terhadap lini motherboard dengan chipset Intel X99-nya di Indonesia melalui dua motherboard baru. Kedua motherboard yang baru diluncurkan tersebut adalah GIGABYTE GA-X99-Designare EX dan GIGABYTE GA-X99-Ultra Gaming. Yang pertama ditujukan untuk para profesional yang berkecimpung di digital content creation seperti desainer grafis, artis 3D, dan rekayasawan. Sementara yang kedua, ditujukan untuk para pemain game.

Sekadar informasi, Intel Core i7-6950X adalah prosesor high end Intel yang ditujukan untuk destkop. Prosesor ini menggunakan soket LGA2011-3 dan menawarkan sepuluh core. Dengan Intel Hyper-Threading Technology, Intel Core i7-6950X bisa menangani dua puluh thread. Sebagai perbandingan, prosesor Intel Core i7-6700K (varian tertinggi dari Intel Skylake) hanya mendukung empat core dan delapan thread. Intel Core i7-6950X cocok untuk workload yang bisa memanfaatkan lebih dari delapan thread seperti merender konten 3D.

“Saya tahu hari ini banyak desainer bergabung di acara ini. Kami tahu bahwa untuk kebutuhan kamu adalah mesin ekstrem buat kamu. Kinerja terbaik yang mesin ekstrem bertenaga bisa sepenuhnya hadirkan, bisa sepenuhnya mengeluarkan kapabilitas kamu untuk desain kamu, untuk penyuntingan video kamu, untuk fotografi kamu. Itulah sebabnya kami meluncurkan model penyegaran X99,” sebut Vincent Liu, Associate Vice President Motherboard Business Unit GIGABYTE.

Data-data yang diperoleh dari internet pun menunjukkan bahwa teknologi 3D, pembuatan video, dan fotografi memiliki tren yang meningkat. Ambil contoh virtual reality yang belakangan menjadi hype, mulai dari menggunakan cardboard untuk dipasangkan di smartphone sampai perangkat khusus untuk dihubungkan ke PC desktop seperti yang ditawarkan Oculus.

gigabytesegarkanlinimotherboardx99-2

Sebanyak 4 dari 5 selot PCI-Express x16 milik GIGABYTE GA-X99-Designare EX mendukung bandwidth x8 atau lebih.

Karena ditujukan untuk para profesional yang berkecimpung di digital content creation, selain dukungan terhadap prosesor Intel LGA2011-3 terbaru dan fitur khas GIGABYTE seperti Ultra Durable-nya, GA-X99-Designare EX tentunya bisa dipasangkan dengan kartu grafis yang ditujukan untuk keperluan tersebut, misalnya NVIDIA Quadro. Motherboard ini juga mendukung penggunaan lebih dari satu kartu grafis secara sekaligus, termasuk secara tandem ala SLI maupun CrossFireX. GIGABYTE X99-Designare EX menawarkan empat selot PCI-Express 3.0 x16 (dengan bandwidth maksimal bervariasi dari x8 sampai x16) untuk keperluan tersebut. Interface terkini seperti U.2, M.2, SATA Express, dan USB 3.1, juga dihadirkan. Sementara, memori utamanya mendukung sampai 128 GB DDR4. Jumlah ini bisa lebih tinggi bila menggunakan yang registered.

Adapun GIGABYTE GA-X99-Ultra Gaming menawarkan fitur yang serupa dengan GIGABYTE GA-X99-Designare EX. Beberapa perbedaannya seperti jumlah selot PCI-Express yang bisa berjalan pada x16 secara sekaligus berkurang dari tiga menjadi dua, jumlah U.2 yang hanya satu dan bukannya dua, dan hadirnya Killer Ethernet E2400 menggantikan salah satu ethernet dari Intel.

GIGABYTE X99-Designare EX dilepas dengan harga Rp7.240.000,- dan GIGABYTE X99-Ultra Gaming dengan harga Rp5.700.000,-. Untuk desainer yang tidak tertarik untuk merakit PC desktop-nya sendiri, GIGABYTE GA-X99-Designare EX juga bisa datang dengan berbagai kombinasi dengan komponen lain. Solusi ini ditawarkan oleh Nusantara Jaya Teknologi bersama partnernya Misuco Elektronik.

 

Tanggapan Kamu

komentar