Enaknya Pakai USB OTG

 

usb-otg1USB OTG (USB On The Go) adalah sebuah standar yang memampukan perangkat mobile bisa saling berbicara satu sama lain. Dulu perangkat mobile hanya bisa terkoneksi ke Mac/PC melalui USB, tetapi USB OTG membuat semua perangkat bisa saling terkoneksi.

Bukan cuma itu. Dengan membuat perangkatmu bertindak sebagai USB host – yakni boss dari semua perangkat lain yang kamu koneksikan – kamu bisa menggunakan hardware tambahan seperti storage, keyboards atau bahkan instrumen musk bersama handsetmu.

Bagaimana kamu tahu kalau perangkat Androidmu mendukung USB OTG?
USB OTG punya logo sendiri, yang seharusnya ada di kemasan perangkatmu jika ia didukung. Jika kemasan asli perangkatmu sudah tidak ada, gunakan Google untuk mencari informasi tersebut. Hmm, kalau smartphone-mu dirilis dalam dua tahun terakhir, kemungkinan besar ia mendukung USB OTG.

Lalu bagaimana menggunakan OTG pada smartphone atau tablet?
Jika perangkatmu kompatibel OTG, kamu juga harus menemukan kabel atau konektor OTG yang cocok untuk perangkatmu. Bisa dibeli Amazon atau toko online.

Bisa apa sih dengan USB OTG?
1. Mengoneksikan mouse atau keyboard
Ini cara paling umum untuk menggunakan USB OTG. Kamu bisa menghubungkan smartphone atau tabletmu ke perangkat periferal seperti mouse atau keyboard, yang kemudian kamu pakai untuk mengendalikan smartphone atau tablet. Namun ada beberapa keterbatasan. Misalnya, mouse gaming yang punya banyak tombol mungkin tidak sepenuhnya kompatibel.

Tancapkan saja mouse USB dan kamu akan langsung melihat kursor tampil di displaimu. Ini juga merupakan cara bagus untuk menggunakan perangkatmu jika layar sentuhnya cacat/retak. Atau, koneksikan keyboard untuk mengubah tablet menjadi laptop.\

 

2. Mengoneksikan keyboard MIDI

Jika ingin membuat musik di Android, USB OTG memungkinkan kamu mengoneksikan perangkat seperti keyboard dan controller MIDI, audio input untuk controller instrumen dan vokal dan berbagai controller yang bisa mengubah ponsel atau tabletmu menjadi mesin pembuat musik kelas berat.

3. Mengoneksikan USB storage drive
Dengan USB OTG, kamu bisa mengoneksikan perangkat penyimpan seperti USB stick atau hard disk eskternal. Menggunakan file manager pada perangkatmu, kamu bisa langsung mengakses data pada perangkat storage eksternal dan memutar musk atau film tanpa menyimpannya di ponsel. Atau kamu bisa mengginakannya sebagai opsi penyimpan cadangan non-cloud untuk file-file foto, musik dan lain-lain dari smartphone-mu.

 

4. Mengoneksikan game controller

Suka main game mobile tapi ingin kendali yang lebih mantap? Koneksikan saja gamepad ke  smartphone-mu. Cara termudah adalah menggunakan Xbox 360 controller berkabel: hubungkan ke ponselmu dengan kabel USB OTG cable, aktifkan sebuah game dan sim salabim, game bisa langsung kamu mainkan. Tidak usah konfigurasi ini dan itu!

Tanggapan Kamu

komentar