Nih, Delapan Penguras Daya Baterai Smartphone-mu

facebook-messengerSmartphone saat ini bukan sekadar sebuah alat komunikasi. Tapi komputer saku yang adidaya. Dengannya kita bisa ber-SMS, menjelajah Internet, main game, cari jodoh bahkan merekam video. Namun untuk melakukan hal-hal menyenangkan itu, kita harus punya cukup daya. Kan tidak lucu kalau lagi asik-asiknya conference call atau menawar barang idaman di eBay, eh ada pesan low battery.

Di sini PCplus tunjukkan apa saja yang menghabiskan daya baterai smartphone-mu.

1. Game
Saat menunggu antrian di rumah sakit, di bengkel, di bioskop atau bahkan di bank, kita biasa mengeluarkan smartphone dan memainkan Candy Crush atau Clash of Clans untuk menghabiskan waktu. Memang mencocokkan tiga potong permen dan menangkap teman-teman kita memang efektif dalam mengusir kebosanan, tetapi aplikasi-aplikasi yang menuntut konektivitas online dengan grafis mencorong tersebut menguras baterai loh! Jika ingin menghemat daya baterai ponselmu, tahan keinginanmu untuk selalu bermain game.
2. Facebook
Sepertinya agak sulit menemukan orang yang tidak senantias melirik Facebook di ponselnya sepanjang hari. Sosmed memang bagus untuk bersosialiasi, tahu apa yang sedang dikerjakan teman-temanmu, dan mendapatkan permintaan game-game mengganggu dari kerabat jauh. Namun kalau kamu sering melongok app Facebook, jangan kaget kalau bateraimu tinggal 20 persen saat makan siang.

3. Layar yang terang
Hari-hari ini ponsel datang dengan layar besar yang nikmat untuk nonton film HD (high definition) atau main game berkualitas konsol. Kendati penting untuk melihat apa yang sedang kamu lakukan, mungkin kamu tak sadar bahwa menyetel tingkat terang layar ke maksimal memboroskan daya baterai. Hematlah baterai dengan meredupkan layar sedikit. Dan jangan pakai layar smartphone sebagai lampu senter. Kan sudah ada app untuk lampu senter.

4. Mengaktifkan Bluetooth
Asesori Bluetooth merupakan gadget yang bisa membantu kita menjadi lebih produktif dan nyaman. Mengoneksikan perangkat – headset nirkabel atau speaker portabel nirkabel – mudah dan cepat. Namun jika tidak menggunakan perangkat tersebut, matikan Bluetooth, accessories are nifty gadgets that can help us be more productive during the day and pro, agar daya baterai tidak terpakai sia-sia.

5. Location service
Beberapa di antara kita merasa tersesat jika tidak mengaktifkan GPS atau location-based services. Ya, memang kamu mengecek tempat-tempat seperti restoran, lokasi konser, dan banyak lagi pada sosmed, dan GPS bisa membantu kamu mencapai lokasi tersebut. Namun jika itu selalu kamu aktifkan, bisa-bisa daya bateraimu tak cukup untuk mengantarkan kamu ke lokasi. Untung beberapa layanan peta, seperti Google Maps, memungkinkan kamu mengunduh peta untuk dipakai secara offline, yang juga akan membantu kamu menghemat paket data.

6. Spotify
Hidup ini butuh kesenangan, dan kita mewarnai hari-hari kita dengan musik, lagu. Sayangnya salah satu layanan populer, Spotify, ternyata rakus daya baterai. Playlist-mu yang berjam-jam durasinya itu tidak akan selesai dimainkan. Jadi beri jeda waktu saat mengaktifkan app musik.

7. Facebook messenger
Facebook Messenger adalah salah satu app komunikasi yang populer dan membantu kita memenuhi kebutuhan kita untuk mengirim emoji dan GIF dan lain-lain ke teman-teman. Namun ia juga adalah salah satu penguras baterai terbesar.

8. Netflix
Netflix menawarkan video kualitas HD over WiFi, dari pertunjukan TV seperti House of Cards atau Marvel’s Jessica Jones. Layanan video-streaming ini memungkinkan kita duduk manis di depan layar di mana saja. Namun ia tidak bisa menyegarkan daya bateraimu. Bahkan sebaliknya, ia bisa mengurasnya.

Tanggapan Kamu

komentar