Google Play Store Ngadat? Begini Cara Mengatasinya

play-store

Bagi kebanyakan kita, Google Play Store tuh seperti kurang dihargai. Tapi kalau macet, wah bikin frustrasi. Lah, bagaimana mau mengunduh app baru yang sedang kamu tunggu-tunggu?

Hmmm, jujur tidak ada manual pasti tentang cara memperbaiki Google Play Store. Tetapi di sini ada beberapa trik dan tip yang mudah-mudahan bisa membuat app store-mu aktif lagi. Yuk kita lihat satu per satu.

 

  1. Force close (tutup paksa) Google Play Store

Kadang-kadang cuma ini yang perlu kamu lakukan. Caranya, sapu keluar (swipe) Google Play Store pada multi-tasking app switcher-mu. Atau masuk ke Settings > Apps > All, lalu akses Google Play Store dan tekan “Force stop”

 


force-close1

2. Aktifkan  airplane mode

Banyak orang bilang kalau mengaktifkan Airplane Mode, lalu mematikannya bisa membantu membuat Google Play Store hidup lagi. Benar tidak? Ya tidak ada salahnya dicoba, siapa tahu benar bukan?

3. Aktifkan  WiFi

Ini sama dengan Airplane Mode. Ada sejumlah orang mengatakan, WiFi-lah penyebabnya,. Atau jaringanmu sedang mengalami masalah koneksi. Jadi, coba aktifkan dan matikan WiFi-mu dan akses Google Play Store. Kalau perlu, restart juga router-mu.

4. Restart your phone!

Adakalanya, reboot bisa menyelesaikan masalah. Coba saja, toh hanya perlu satu atau dua menit untuk melakukannya.

5. Bersihkan Google Play Store cache
Cache memory adalah perangkat luar biasa. Dengan menyimpan data secara lokal, ponsel bisa mengurangi pemakaian data dan memercepat waktu loading. Data itu tadinya harus diunduh setiap kali kamu mengakses sebuah page, yang tidak perlu dilakukan jika tidak adaperubahan. Sayangnya data yang berusia lebih tua bisa menumpuk, dan berulah.Makanya, bersihkan cache dari waktu ke waktu ya!

Untuk membersihkan Google Play Store cache memory, masuklah ke Settings dan pilih opsi “Apps”. Dari situ, cari Google Play Store dan tap di situ. Kamu akan melihat banyak opsi, termasuk tombol “Clear cache”.

clear-cache

6. Hapus data Google Play Store
Membersihkan cache tidak cukup? Hmm, kalau begitu kamu perlu bersih-bersih lebih banyak. Untuk menghapus data yang terhubung, akses saja Settings dan masuk ke App Manager seperti yang kamu lakukan waktu membersihkan cache. Cuma kali ini jangan pilih “Clear Cache”, tapi pilih “Clear Data”.

Yang perlu diingat, langkah ini akan membersihkan aplikasi. Maksudnya, kamu harus sign-in dan mengambil semua data lagi  saat kamu mengakses Google Play Store lagi.

7. Teliti app yang kamu nonaktifkan
Ada beberapa app yang untuk bekerja membutuhkan app lain, khususnya ketika berurusan dengan system apps seperti Google Play Store. Apakah baru-baru ini ada apps yang kamu nonaktifkan? Bisa jadi itu yang membuat Play Store ngadat.

Solusinya, pilih Settings > Apps > All dan gulung ke bawah untuk mencari app yang dinonaktifkan. Jika ada service yang dinonaktifkan, aktifkan dan lihat apakah masalah terselesaikan.

8. Periksa setelan tanggal/waktu
Sepertinya tidak ada kaitan, tapi seringkali inilah biang kerok dari banyak masalah Google Play Store. Ini bisa karena server-server Google tidak bisa bersinkronisasi dengan setelan tanggal/waktu-mu. Buat saja jadi otomatis, jika itu belum kamu lakukan.Jika tindakan ini tidak membantu, coba atur waktu dan tanggalmu setepat mungkin. Main-mainkan setelan tanggal/waktu.

9. Buang setelan Proxy atau VPN
Banyak pengguna VPN/proxy mengatakan punya masalah ini. Coba menonaktifkannya (jika kamu memakainya). Setelah proxy ada di bawah WiFi, dan kamu bisa mengaksesnya dengan menekan agak lama pada nama router-mu dan mengklik “Advanced”. Sedangkan setelan VPN ada di bawah “More” pada bagian Wireless & networks.

10. Uninstall Google Play Store

Jika semua langkah di atas gagal, jalan terakir adalah meng-uninstall Google Play Store. Cuma ini adalah system app dan kamu tidak benar-benar bisa membuangnya. Yang bisa kamu kamu lakukan adalah meng-uninstall update dan membawa app ke versi yang lebih lama. Jangan kuatir, langkah ini aman kok karena nanti kamu bisa meng-update-nya lagi.

Caranya, pilih Settings > Apps > Google Play Store dan tap pada “Uninstall updates”.

 

  1. Mungkinkah masalahnya bagian dari Google Play Services?
    Google’s apps adalah jantung penggerak perangkat Android. Ada apps yang selalu saja minta di-update, ketika kamu mau mengunduh app lain. App Google semua dimotori oleh Google Play Services. Dan seperti app lain, Google Play Services bisa gagal sewaktu-waktu. Jadi coba bersihkan cache dan data dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Bedanya, kamu tidak usah mengakses Google Play Store. Yang perlu kamu tuju adalah Google Play Services pada  App Manager.

    12. Hapus dan masukkan lagi akun Google
    Yang ini agak meragukan, tapi segelintir orang mengusulkan kamu untuk me-reset akun Google. Caranya, pergi ke  Settings > Accounts dan pilih akun Google-mu. Tap pada menu tombol 3-titik dan tekan “Remove”. Lalu tambahkan lagi akunmu dan cobalah akses Google Play Store.

    13. Factory data reset
    Jika semua langkah di atas gagal, bersihkan perangkatmu sebersih-bersihnya dan mulailah dari awal. Ya, kamu harus melakukan factory data reset. Caranya, klik tombol dan ikuti petunjuknya.

Tanggapan Kamu

komentar