Komputer Menampilkan Missing OS Loader? Ini Solusinya

windows

Jika menggunakan komputer berbasis Windows (7,8,8.1), kamu mungkin pernah mengalami komputer yang dipakai tiba-tiba saja tidak bisa masuk ke Windows. Pesan kesalahannya bisa bermacam-macam, tapi biasanya akan tampil “missing OS loader/failed to find OS loader”.

Jika ini yang terjadi, berarti ada masalah pada sistem boot pada Windows yang kamu pakai. Namun, jangan dulu ingin memformat dan meng-install ulang Windows yang kamu pakai. Cara di bawah ini mungkin bisa menghemat waktumu untuk memperbaiki masalah boot Windows dengan cepat.

Sebelum mulai, pastikan bahwa kamu memiliki DVD boot (atau DVD installer Windows 7 yang dilengkapi dengan startup file). Jika sudah, masukkan DVD tersebut pada DVD drive dan hidupkan komputermu. Lalu jalankan langkah ini:

  1. Atur BIOS untuk mem-boot dari DVD. Caranya, tekan F2 atau Esc saat komputer dihidupkan. Menu BIOS akan tampil. Jika komputer kamu secara default mem-boot dari DVD drive, abaikan langkah 1 sampai 3 ini dan langsung ikuti langkah 4.
  2. Lalu, pilih Boot. Lalu pilihlah DVD drive sebagai perangkat boot (Gambar 1).

windows1

Gambar 1. Memilih perangkat boot.

  1. Setelah itu, tekan F10 dan tekan Yes untuk menyimpan setting ini dan me-restart komputer.
  2. Tekan sembarang tombol saat komputer menampilkan pesan “Press any key to boot from CD or DVD…” (Gambar 2).

windows2

Gambar 2. Tekan sembarang tombol untuk mem-boot dari DVD.

  1. Komputer lalu akan melakukan booting dari DVD. Tunggulah sampai layar menampilkan menu instalasi Windows. Jika menu ini sudah muncul, pilih opsi Repair your computer (Gambar 3).

windows3

Gambar 3. Pilihlah opsi ini untuk melakukan proses perbaikan.

  1. Pada layar berikutnya (System Recovery Options), pada tabel yang ada, pilih versi Windows yang bermasalah. Lalu pilih Next (Gambar 4).

windows4

Gambar 4. Pilihlah versi Windows yang akan diperbaiki.

  1. Setelah itu, pada layar berikutnya yang muncul, pilih Command Prompt (Gambar 5).

windows5

Gambar 5. Memilih pilihan Command Prompt.

  1. Pada layar command prompt, ketikkan perintah bootrec /fixmbr dan tekan enter (Gambar 6). Setelah itu, keluarkan DVD dan tekan tombol Ctrl + Alt + Del bersamaan untuk me-restart komputer.

windows6

Gambar 6. Mengetikkan perintah bootrec /fixmbr.

 

Setelah ini, seharusnya komputer kamu sudah bisa mem-boot kembali seperti biasa. Mudah bukan caranya? Selamat mencoba ya.

Tanggapan Kamu

komentar