Game yang Memiliki Konsep Mirip dengan Pokemon Go

kredit: www.indipendent.co.uk

kredit: www.indipendent.co.uk

Demam Pokemon Go melanda dimana-mana. Bahkan game ini sudah populer dan banyak dimainkan pengguna tanah air ketika pihak pengembang belum secara resmi meluncurkannya di Indonesia. Namun tahukah bahwa Pokemon Go bukan merupakan game berbasis AR pertama. Dan ada banyak game yang memiliki konsep serupa dengan Pokemon Go yang cukup menarik untuk dimainkan. Dari sekian banyak game yang ada, berikut PCplus ulas secara singkat beberapa diantaranya:

Ingress
Pengembang: Niantic Inc
Sistem: iOS dan Android
Lisensi: Gratis

ingress

Inilah game pertama yang dibuat Niantic, pengembang Pokemon Go, yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Game ini memanfaatkan lokasi yang terpantau melaui GPS. Jika Pokemon Go mengharuskan pemain untuk bergabung ke salah satu dari tiga tim yang ada, maka Ingress memiliki pilihan dua tim untuk bergabung. Nantinya para pemain mesti menguasai portal-portal yang ada dan menghubungkannya satu sama lain. Pemain mesti menjelajah berbagai tempat di dunia nyata merujuk pada peta yang ditampilkan game tersebut.

CodeRunner
Pengembang: RocketChicken Interactive
Sistem: iOS
Lisensi: Berbayar

coderunner

Dalam CodeRunner, pemain menjalankan peran sebagai seorang agen pemerintah. Tugas pemain adalah memberantas musuh, memata-matai, meretas atau menyelidiki keberadaan musuh. Seperti halnya Pokemon Go, aktivitas spionase serta peretasan yang dilakukan membuat CodeRunner membutuhkan pemainnya untuk berpindah-pindah lokasi. Memanfaatkan fitur GPS di smartphone, pemain mesti mengunjungi tempat atau lokasi sesuai dengan misi yang sedang diemban. Game ini bisa dimainkan dimana saja di seluruh dunia. Namun pemain mesti memainkannya di daerah atau kota yang dekat dengan peradaban guna mendapatkan aksi yang lebih banyak.

The Walk
Pengembang: Six to Start
Sistem: iOS dan Android
Lisensi: Berbayar

thewalk

Sesuai judulnya, game ini mengharuskan pemain untuk berjalan menuju lokasi tertentu yang misterius sesuai arahan atau petunjuk yang tertera pada peta. Pemain mesti berjalan ke tempat tujuan sambil membawa paket virtual yang nantinya berguna untuk menyelamatkan dunia. Saat pemain mulai mendekati lokasi yang dituju, sebuah klip berupa audio akan terbuka dan menceritakan misi yang sedang atau mesti diemban. Untuk menyelesaikan misi secara keseluruhan, pihak pengembang menyebutkan bahwa dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Jika pemain menyukai game ini, maka waktu tersebut bisa menjadi alternatif sebagai pengganti waktu olah raga yang menyenangkan.

Geocaching
Pengembang: Groundspeak Inc.
Sistem: iOS dan Android
Lisensi: Berbayar

A sample small geocache, containing a pencil, a logbook for finders to sign, batteries and toys (which finders may take, leaving in exchange items they bring), and a travel bug, which may be tracked online as it moves from cache to cache across the country or around the world.

Geocaching merupakan game AR berdasarkan ide berburu harta karun. Permainan outdoor ini memanfaatkan perangkat GPS untuk menemukan wadah yang tersembunyi di seluruh dunia. Para pemain disebut sebagai Geocacher, sedangkan harta karunnya disebut geocache. Geocache berupa benda yang disembunyikan oleh geocacher lain, bisa berupa kotak, botol, dan lainnya yang memiliki tanda khusus geocaching. Nantinya para pemain bisa saling bertukar atau menawarkannya kepada pemain lain untuk mengoleksi geocache yang mereka dapat. Sampai saat ini ada lebih dari 6 juta pemain yang saling menyembunyikan dan mencari harta karun. Tercatat sudah ada lebih dari 2 juta geocache siap untuk dicari.

SpecTrek
Pengembang: Games4all
Sistem: Android
Lisensi: Berbayar

spectrek

Pernah meraih sebagai juara dua dalam Android Developer Challenge, game ini cocok bagi kamu yang menyukai tema hantu. Disini pemain berperan sebagai pemburu hantu dengan cara yang mirip dengan Pokemon Go ketika mencari Pokemon. Pemain mesti berjalan atau berlari ke berbagai lokasi baik di dalam maupun luar ruangan untuk menemukan hantu virtual. Saat melihat hantu virtual pada layar, pemain mesti menangkapnya melalui kamera yang ada pada ponsel. Semakin banyak hantu yang ditangkap, semakin baik kekuatan yang mereka dapatkan. Hal ini menjadi modal untuk tampil sebagai pemain terbaik diantara pemain lainnya.

Zombies, Run!
Pengembang: Six to Start
Sistem: iOS dan Android
Lisensi: Berbayar

zombiesrun

Game ini bisa menjadi alternatif menarik bagi kamu yang ingin berolahraga karena pemain diharuskan berlari secara nyata guna menghindari zombie yang ada di game ini. Agar lebih fokus dan terasa tingkat keseruannya, pemain mesti menggunakan earphone guna mendengarkan instruksi yang diberikan. Para pemain akan mendapatkan arahan untuk menghindari zombie. Selain berlari menghindari para zombie, pemain juga bisa membangun Abel Townshi yang bakal menjadi tempat berlindung. Pemain hanya perlu mengumpulkan barang-barang yang didapat untuk membangun tempat berlindung. Jika tertangkap zombie, maka barang-barang yang telah dimiliki akan berkurang.

Real Strike
Pengembang: Yii Universal
Sistem: iOS
Lisensi: Berbayar

realstrike

Bisa dibilang Real Strike adalah game AR pertama yang bertema 3D first person shooter. Game bertema tembak-tembakan layaknya Counter-Strike ini menggabungkan lingkungan kehidupan nyata dengan tampilan animasi senapan di layar smartphone. Secara keseluruhan terdapat 25 jenis senjata yang bisa digunakan untuk menyerang musuh. Pemain mesti menjelajahi setiap daerah lalu menemukan musuh dan mengalahkannya dengan menyerang menggunakan senjata yang dimiliki. Pemain juga bisa mengubah jenis pandang menjadi night vision, visi termal, atau senter taktis sesuai kebutuhan sehingga benar-benar serasa sedang berperang di dua dunia.

Tanggapan Kamu

komentar