Lima Cara Maksimalkan Penggunaan Spotify

spotify

Spotify merupakan aplikasi streaming musik yang menyediakan beragam jenis musik yang tersedia untuk berbagai jenis perangkat dan sistem operasi. Dengan banyaknya fitur yang tersedia, terdapat kemungkinan bahwa kita belum menggunakan Spotify seutuhnya. Maka dari itu, ada 5 cara untuk memaksimalkan penggunaan Spotify yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Atur Playlist kamu dengan ‘Folder Playlist’
Selama menggunakan Spotify, mungkin kamu telah menemukan banyak playlist yang cocok untuk didengarkan pada momen-momen tertentu. Banyaknya momen yang pas bila ditemani dengan musik, membuat bertambah banyaknya playlist yang kamu simpan dan tidak jarang hal tersebut membuat susunan playlist menjadi tidak teratur. Untuk itu, kamu dapat mengatur susunan playlist yang disimpan dengan menggunakan fitur ‘Folder Playlist’. Cukup tekan tab File dan buat Folder Playlist baru, kemudian kategorikan playlist kamu sesuka hati.

sp-01

2. Metode Pencarian yang Efektif
Dengan banyaknya musik yang tersedia di Spotify, hanya menulis nama musisi pada search box terkadang memberikan hasil pencarian yang terlalu banyak. Search box dengan fungsi logic bisa membantu mempersempit hasil pencarian. Misalnya untuk mencari berdasarkan tahun, tambahkan kata “year” dan masukan jarak seperti “1992-1997” akan menampilkan hasil pencarian pada tahun tersebut. Penambahan kata “artist”, “title”, atau “genre” dan penggunaan fungsi logic seperti “AND”, “OR”, dan “NOT” juga dapat membuat hasil pencarian yang jauh lebih spesifik. Misalkan kamu bisa ketik “artist:Charlie Puth AND Selena” pada search box untuk mencoba.

sp-02

3. Selamatkan Playlist Favorit yang Terhapus
Apakah kamu pernah tidak sengaja menghapus playlist? Jangan khawatir karena kamu masih bisa mengembalikan playlist yang telah hilang. Cukup login dan kunjungi halaman ‘Akun’ pada web browser (https://www.spotify.com/id/account/), kemudian klik pilihan ‘Pulihkan playlist’ pada kolom sisi kiri. Seluruh playlist yang telah terhapus dapat dipulihkan dan langsung didengarkan kembali.

sp-03

4. Tingkatkan Kualitas Suara
Maraknya penggunaan perangkat penghasil suara berkualitas tinggi membuat besarnya permintaan akan kualitas suara yang terbaik. Khusus bagi para audiophile tidak perlu cemas dengan batas kualitas suara 160kbps. Hanya dengan berlangganan Spotify Premium, kamu dapat meng-upgrade kualitas suara menjadi 320kbps dan langsung rasakan perbedaannya.

sp-04

5. Temukan Arti dari Lagu Favorit dengan ‘Behind the Lyrics’
Pernah mendengar lagu dan penasaran arti dari lagu tersebut? Apa yang menjadi inspirasi dari liriknya? Mengapa musisi tersebut memilih berkolaborasi dengan musisi tertentu, dan apa yang mereka lakukan selama proses rekaman di studio? Rasa ingin tahu seperti ini lah yang mendorong Spotify untuk bekerjasama dengan Genius, koleksi lirik lagu dan pengetahuan musik crowdsource terbesar di dunia, memberikan kesempatan untuk lebih dalam berhubungan dengan musisi dan lagu dengan fitur Behind the Lyrics. Kamu dapat mengakses Behind the Lyrics dengan menarik kebawah pada artwork dari lagu yang didukung, dimana kamu akan disuguhi dengan campuran lirik dan informasi eksklusif dari lagu tersebut secara real-time untuk mengetahui arti sesungguhnya dibalik lagu favorit tersebut.

sp-05

Tanggapan Kamu

komentar