Cara Terjemahkan Bahasa Asing Menggunakan Google Translate

go_trans

Dulu, untuk mengetahui terjemahan bahasa asing, dibutuhkan sebuah buku kamus yang terkadang berukuran besar. Semakin lengkap kumpulan kata, maka semakin tebal kamus tersebut. Kini masa tersebut sudah lewat, sekarang kamu bisa menterjemahkan bahasa asing hanya dengan bermodalkan smartphone, koneksi internet, serta aplikasi. Bagi pengguna smartphone berbasis Android, salah satu aplikasi yang cukup bagus untuk dicoba adalah Google Translate. Asiknya, aplikasi ini bisa menterjemahkan melalui 4 cara berbeda.

1. Mengetik

Cara paling konvensional yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetik suatu kata atau kalimat. Kamu tinggal mengetik pada kolom kosong yang bertuliskan Tap to enter text. Setelah itu, aplikasi akan langsung mengubahnya ke pilihan bahasa yang telah kamu tentukan di bawahnya.

trans-01

2. Manfaatkan kamera

Dari aplikasi ini, tekan ikon kamera yang berada di pinggir kiri. Setelah kamera aktif, kamu bisa mengarahkannya ke dokumen atau suatu tulisan. Ada dua cara yang bisa dilakukannya, pertama bisa langsung menterjemahkan secara real-time dengan syarat ikon mata yang terdapat di sisi kanan harus aktif. Yang kedua, kamu bisa mematikan ikon mata ini dan menterjemahkannya setelah tulisan dijepret menggunakan kamera dan kamu bisa menterjemahkannya satu persatu dengan menekan tiap kata.

trans-02

3. Melalui suara

Kamu bisa menekan ikon mikrofon yang berada di tengah. Tekan ikon ini dan ucapkan kata atau kalimat yang dimaksud. Dengan metode pengenalan suara (voice-recognition), aplikasi ini akan menterjemahkan melalui teks serta suara.

trans-03

4. Tulisan tangan

Tekan ikon yang ada di pojok kanan. Buat tulisan tangan di kolom kosong bagian bawah yang bertuliskan Write here. Fungsi ini memang lebih cocok digunakan pada smartphone yang memiliki stylus.

trans-04

Tanggapan Kamu

komentar