Tip Sederhana Merekam Video dari Smartphone

ilustrasi

Era kamera digital bisa dibilang mulai tergusur sejak kehadiran kamera smartphone yang selalu mengalami peningkatan teknologi dan kemampuan yang sangat cepat. Bahkan untuk sebuah ponsel premium, kemampuan kameranya sudah melebihi sebuah kamera digital. Mirip dengan camcorder atau handycam yang memang sudah habis masanya semenjak kehadiran kamera digital, kamera smartphone pun mampu melakukan fungsi kedua alat tersebut dengan lebih praktis. Bahkan smartphone premium sudah memiliki kemampuan merekam video hingga pilihan resolusi definisi tinggi.

Namun secanggih apapun perangkat jika tidak didukung oleh kehandalan si pengguna saat mengoperasikannya, bisa jadi hasilnya tidak akan bagus. Terkadang ada beberapa hal yang terluput atau kurang diperhatikan pengguna agar hasil video mereka lebih sempurna dan nyaman dilihat. Oleh karena itu ada beberapa tips sederhana yang mesti diperhatikan bagi para pengguna awam dalam mengoptimalkan penggunaan kamera sebagai sarana untuk merekam video.

Posisi horisontal
Melalui smartphone, menyaksikan rekaman video memang nyaman dilihat dari berbagai posisi, baik secara vertikal maupun horisontal. Namun bagaimana jika tampilan video tersebut dilihat dari layar komputer atau TV? Tentu akan lebih nyaman jika gambar video dilihat secara horisontal atau mode landscape. Jika kamu merekam video melalui mode portrait atau vertikal, maka kenyamanan saat menyaksikan lebih terbatas.

Gunakan dua tangan
Jika gambar video terlalu sering goyang, tentu kamu akan pusing menyaksikannya. Dengan posisi horisontal, usahakan untuk memegang smartphone menggunakan dua tangan dengan mantap. Hal ini untuk mendapatkan gambar yang lebih stabil dan meminimalisir pergerakan tangan.

Mikrofon jangan terhalang
Terkadang saat asik merekam, kamu lupa bahwa posisi tangan menghalangi mikrofon. Jika suara tidak terekam tentu saja video menjadi tidak menarik. Posisi mikrofon pada tiap smartphone memang berbeda-beda, oleh karena itu perhatikan dan pastikan bahwa sumber suara yang hendak direkam bisa terekam dengan baik.

Hati-hati terhadap area yang terlalu terang
Berhati-hatilah saat mengambil video di area yang terlalu terang. Hasilnya tentu tidak akan sempurna dan tidak nyaman dilihat. Biasanya obyek utama yang akan ditangkap menjadi gelap dan tidak terlihat, sedangkan pencahayaan di sekitarnya akan membuat tampilan video menjadi silau. Usahakan untuk mengganti posisi agar menghindari perekaman area terang secara langsung supaya hasil video lebih sempurna.

Perhatikan baterai
Merekam video, apalagi dengan pilihan resolusi tinggi, akan memakan daya baterai yang lebih besar. Perhatikan kapasitas baterai dan persiapkan kondisinya dalam keadaan penuh. Karena kamu tidak akan pernah tahu kapan momen berharga untuk merekam akan berlangsung. Apalagi jika bergantian menggunakannya untuk memotret atau menggunakan bantuan lampu kilat.

Siapkan ruang simpan
Mirip dengan baterai, hal lain yang mesti dipersiapkan sebelum merekam video adalah kapasitas penyimpanan yang cukup. Apalagi jika merekam dengan pilihan resolusi tertinggi yang tentu saja akan membuat ukuran file video tersebut menjadi lebih besar.

Hindari beralih dari gelap ke terang

tujuh
Perpindahan pengambilan gambar secara cepat dari area gelap ke terang akan menghasilkan gambar yang tidak jelas. Lensa pada kamera tidak bisa menyesuaikan gambar dengan cepat dan kamu akan mendapati white balance yang tidak sempurna. Begitu pula dalam kondisi sebaliknya, dari area terang ke gelap. Jika memang mengharuskan perpindahan kondisi tersebut, usahakan untuk berpindah secara perlahan agar lensa kamera bisa menyesuaikan kondisi.

Jangan gunakan Zoom
Untuk mendapatkan gambar yang sempurna, usahakan jangan menggunakan fungsi Zoom. Lebih baik kamu maju beberapa langkah guna mendapatkan gambar yang lebih jelas. Menggunakan Zoom akan membuat tampilan gambar lebih pecah dan goyang. Tampilan ini tentu akan membuat pusing saat menyaksikannya.

Lakukan pergerakan secara perlahan
Jangan lakukan pergerakan secara tiba-tiba atau dengan cepat. Kamu tentu tidak ingin hasil video tersebut membuat orang yang menyaksikannya menjadi pusing karena terlalu banyak pergerakan yang tidak menentu. Jika harus berpindah posisi, usahakan dilakukan dengan perlahan atau dengan kecepatan yang stabil.

Aktifkan HDR

sepuluh
Aktifkan fitur HDR (High Dynamic Range) jika kamera kamu memilikinya. Fitur HDR akan menghasilkan gambar kontras yang lebih baik sehingga tampilan video akan menjadi lebih alami dan cerah dibanding pengaturan standar.

Tanggapan Kamu

komentar