Acer Luncurkan 3 Chromebook bagi Kebutuhan Edukasi dan Komunitas

acer-chromebook-r11-main

Guna mendukung terwujudnya sistem pendidikan digital di tanah air, Acer menghadirkan varian Chromebook yang ditujukan bagi kalangan pelajar dan guru.

Tiga seri yang dihadirkannya terdiri dari Chromebook R11, Chromebook 11, dan Chromebook 14. Secara fisik, Chromebook 11 dan 14 layaknya notebook biasa dengan ukuran layar 11 inci dan 14 inci. Khusus Chromebook R11, merupakan notebook convertible yang bisa dilipat hingga 360 derajat dan mengubahnya ke fungsi tablet.

Nama Chromebook sendiri menegaskan penggunaan sistem operasi yang digunakan yaitu Chrome OS. Sistem yang dibuat khusus oleh Google ini juga menyediakan Android Google PlayStore. Ketiga perangkat ini menggunakan prosesor berbasis Intel.

Chromebook ini menyasar pengguna di segmen edukasi seperti pelajar ataupun guru, serta komunitas. Oleh karena itu fitur maupun aplikasi yang disertakannya sudah disesuaikan dengan penggunaan tersebut. Contohnya yaitu aplikasi Google Management Console & Apps fo Education dan Acer Classroom manager yang berguna untuk membantu program belajar mengajar.

Acer Chromebook 11 dan Acer Chromebook 14

Acer Chromebook 11 dan Acer Chromebook 14

Acer tidak menjual Chromebook secara retail tetapi melalui jalur b2b (business to business) atau secara online.

“Mengambil pengalaman dari negara lain, ketika Chromebook dijual secara retail, banyak orang yang melihat secara fisik saja dan setelah digunakan ternyata mereka bingung karena tidak bisa dipasang sistem operasi Windows serta aplikasinya,” kata Riko Gunawan, Commercial Product Manager and Business Development Head Acer Indonesia.

Dari pengalaman tersebut, Acer coba menawarkannya melalui b2b sehingga nantinya pengguna sudah memahami perbedaan antara notebook berbasis Windows dengan Chromebook.

Berikut spesifikasi tiga seri tersebut

chrome_01

Tanggapan Kamu

komentar