Mudahkan Transaksi Non Tunai, Dua Bank Besar Dukung Pay by QR

pay-by-qrJAKARTA, PCplus – Belanja jaman sekarang memang tidak selalu harus pakai uang tunai. Kamu bisa bayar dengan kartu kredit atau kartu debit. Itu kalau kamu punya akun bank.

Kalau tidak punya kartu kredit atau kartu debit? Bisa juga kok bayar non tunai. Juga tidak harus punya kartu e-money bank tertentu, apalagi ngutang ya!

Bermodalkan smartphone, kamu sekarang bisa bayar belanjaan dengan uang elektronik yang menggunakan nomor smartphone-mu. Saat mau bayar, arahkan saja kamera ponselmu ke barcode belanjaanmu yang diberikan oleh kasir.

Cara bayar ini disebut Pay by QR (quick response). “Bisa dipakai semua smartphone asal ada kamera. Smartphone 300 ribuan juga bisa,” terang Brata Rafly (CEO, PT Dimo Pay Indonesia) dalam diskusi media di Jakarta (15/12/2016).

Dikembangkan oleh Dimo, Pay by QR ini praktis. Sebab, tidak mengharuskan kamu mengunduh banyak app atau memiliki sejumlah kartu e-money.

Kamu cukup mengunduh salah satu layanan mobile banking atau e-money, seperti t-money (Telkom), dompetku (Indosat), Doku wallet, Uangku (Smartfren), atau Simobi (bank sinarmas).Nanti saat mau bayar belanjaan di Lazada, atau jajanan di gerai Haagen-Daz, Chatime, Puyo, atau Shabu Tei misalnya, pilihlah metoda Pay by QR.

Kabar baiknya, jumlah pendukung cara bayar ini bertambah. Tahun 2015, jelas Brata, hanya didukung oleh tiga penerbit dan kurang dari 200 merchant. “Dalam tempo hanya 10 bulan, bertambah menjadi 15 penerbit dan lebih dari 2500 merchant,” kata Brata.

Dua bank besar pun baru saja menyerap cara pembayaran ini, ungkap Brata. Kedua bank itu adalah BNI 46 (dengan app UnikQu) dan BRI (BRI mobile, Internet Banking BRI, BRI credit card Access). “(Nasabah) BRI yang mobile banking, bayarnya tidak pakai kartu kredit, langsung debit akun,” jelasnya.

Selain dua bank besar milik pemerintah itu, mitra bank Dimo adalah bank Sinarmas dengan app Simobi. Sementara untuk operator telepon, ada Smartfren dengan app Uangku, Indosat dengan dompetku, dan Telkom dengan app t-money.

Dalam waktu dekat, kata Brata, sebuah bank swasta besar yang sudah memiliki app e-money sendiri juga akan bergabung.

Tanggapan Kamu

komentar