Tumbuh Lambat, Twitter tak Kuatir

Country Head Indonesia Twitter Roy Simangunsong

Country Head Indonesia Twitter Roy Simangunsong

JAKARTA, PCplus– Ada yang tak biasa dengan Twitter. Platform media sosial yang membatasi diri pada 140 karakter itu tak ambil pusing kendati pertumbuhannya di Indonesia tak sepesat media-media sosial lainnya.

“Pertumbuhan lambat tidak menguatirkan,” kata Roy Simangungsong (Country Head Indonesia, Twitter) dalam jumpa pers di Jakarta tadi siang (6/12/2016).

Hmm, berapa sih yang dianggap lambat oleh Roy itu? “Kami tumbuh 10% per hari sejak Ramadan,” ungkapnya.

Namun Roy menolak mengkuantitasi jumlah pengguna Twitter di tanah air. “Ada 4,1 miliar tweet per tahun dari pengguna Twitter di Indonesia,” kilahnya. Ia juga cuma bersedia menyebutkan bahwa 77% pengguna Twitter di Indonesia aktif (nge-tweet) per hari.

Menurut Roy, Twitter memang bukan untuk semua orang. “Kekuatan Twitter adalah information discovery network. Ini tidak dipunyai yang lain. Bagaimana informasi di-sharing dan dibicarakan secara sosial.”

Omong-omong siapa ya akun Twitter yang pengikutnya terbanyak tahun ini? Artis tetap merupakan mereka yang memiliki banyak pengikut.

Di urutan teratas adalah Agnes Monica (@agnezmo) denga 16,1 juta pengikut. Pengikut Agnes Mo tumbuh 1,5 juta dibandingkan tahun lalu. Berikutnya, di posisi ke-2 adalah Raditya Dika (@radityadika) dengan pertumbuhan pengikut lebih dari 2,1 juta dibanding tahun lalu. Total pengikut Raditya per 5 Desember tahun ini menjadi 14,6 juta.

Artis Luna Maya (@LunaMaya26) duduk di urutan kelima dengan 11,2 juta pengikut, diikuti oleh Sherina Munaf (@sherinasinna) dengan 10,8 juta pengikut di urutan ke-6. Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (@SBYudhoyono) duduk di urutan ke-8 dengan 9,41 juta pengikut, mengungguli Afgansyah Reza (@afgansyah_reza) dengan 9,38 juta pengikut.

Bagaimana dengan media berita? Ah, Detik (@detik.com) ada di urutan ke-4 dengan 13,7 juta pengikut. Sementara Metro TV (@Metro TV) memposisikan diri di peringkat ke-7 dengan 9,63 juta pengikut.

Urutan ke-4 ditempati oleh Tweet Ramalan (@TweetRamalan) dengan 12,3 juta pengikut. Sedangkan Cinema 21 (@Cinema21) duduk di tangga ke-10 dengan 9,26 juta pengikut.

Tanggapan Kamu

komentar