Z-Alert, App Mobile untuk Minimalkan Dampak Bencana

z-alert

Presiden Direktur PT Zurich Insurance Indonesia, Philippe Danielski saat meluncurkan app mobile Z-Alert di Jakarta (16/12/2016)

JAKARTA, PCplus – Tak ada orang yang mau terkena bencana bukan? Susahnya kan kita tidak selalu bisa tahu kapan bencana, termasuk bencana alam, datang melanda. Banjir misalnya. Atau kecelakaan lalu lintas.

Kendati bencana tidak bisa diantisipasi, dampak kerugian yang ditimbulkannya bisa diminimalisir kalau ada sistem peringatan dini. “Berdasarkan penelitian kami, sistem peringatan dini dapat mengurangi risiko kerugian akibat bencana secara signifikan. Sebagai contoh, dengan sistem peringatan dini yang dimiliki Z-Alert, risiko kerugian yang diakibatkan banjir berupa kerusakan kendaraan bermotor dapat direduksi sampai 50% dan kerusakan properti lebih dari 25%”, kata Presiden Direktur PT Zurich Insurance Indonesia, Philippe Danielski saat meluncurkan app mobile Z-Alert di Jakarta (16/12/2016).

Loh apa sih Z-Alert? Ini adalah app mobile yang menginformasikan lokasi bencana. Dari app gratis besutan perusahaan asuransi PT Zurich Insurance Indonesia tersebut, kamu bisa mengakses informasi up-to-date tentang bencana banjir, kecelakaan lalu lintas, kebakaran, pemadaman arus listrik, serta kecelakaan. Kamu juga akan dikirimi notifikasi berupa peringatan lengkap dengan lokasi bencana.

Kalau ada banjir di wilayah tertentu di Jakarta misalnya, pengguna Z-Alert akan mendapat peringatan dini di ponselnya, termasuk jaraknya dari lokasi banjir. Jadi ia bisa menjauhkan kendaraan bermotormu dari lokasi, juga memperingatkan keluarga agar tidak melewati daerah banjir.

Informasi tentang banjir, kata Wirahadi Suryana (Corporate and Commercial Director, PT Zurich Insurance Indonesia), bukan sekadar lokasi banjir. “Tapi bisa lihat seberapa dalam,” ucapnya.

Semua informasi yang dimunculkan, tambah Wirahadi, terlebih dulu diverifikasi. Sumbernya bisa berasal dari sosmed seperti Twitter, situs web lewatmana.com, Peta Bencana, Qlue, laporan radio Sonora dan Elshinta, maupun siaran TV seperti Kompas TV dan Metro TV.

“Semua laporan tidak serta merta ditampilkan, tapi diverifikasi sebelum dipublikasikan,” tegas Wirahadi. “Ada admin yang siap 24 jam (memverifikasi). Proses sangat cepat karena sudah ada sumber info dan ada metoda verifikasinya. Selambat-lambatnya satu jam,” terangnya.

Z-Alert juga akan mengirimkan notifikasi peringatan ketika terjadi kecelakaan lalu lintas, dan pemadaman listrik.

Selain itu, app menampilkan daftar bengkel rekanan PT Zurich Insurance Indonesia. Jadi kalau kendaraanmu rusak di perjalanan, kamu dapat mencari bengkel terdekat lewat aplikasi itu. “Tinggal klik, ada nama bengkel dengan nama jalan dan nomor teleponnya,” jelas Wirahadi.

Mau coba? Silakan unduh app gratis ini di Playstore. Versi App Store belum tersedia sih. “Segera,” janji Danielski.

Satu yang perlu kamu ingat, sementara ini Z-Alert hanya difokuskan untuk kota Jakarta.

 

Tanggapan Kamu

komentar