• Home »
  • Event »
  • Ini Panduan Jobstreet.co.id untuk Memastikan Minat di Perhotelan atau Pariwisata

Ini Panduan Jobstreet.co.id untuk Memastikan Minat di Perhotelan atau Pariwisata

jobstreet

Berkat adanya perkembangan teknologi mobile yang luar biasa dan keberadaan media sosial, pengguna kian mudah mencari informasi tentang suatu pekerjaan. Nah, jika kamu tertarik bekerja di bidang perhotelan atau pariwisata, namun tidak yakin cocok untuk itu, coba cari tahu dengan penilaian diri yang singkat dan sederhana ini.

  1. Kamu tidak ingin pekerjaan kantoran dari jam 9 sampai jam 5 yang membosankan: Benar atau Salah?

Jika ide jam kerja rutin tetap membuat kamu menguap, kamu pasti akan menikmati fleksibilitas dan sifat dinamis dari bekerja di industri perhotelan. Kamu tidak hanya akan memiliki pilihan untuk bekerja dengan shift/ pembagian jam kerja yang berbeda, melainkan juga akan mendapatkan lingkungan kerja yang serba cepat dengan tantangan baru setiap hari.

  1. Kamu senang bertemu dengan orang: Benar atau Salah?

Salah satu fasilitas utama yang bekerja di industri perhotelan adalah kesempatan untuk bertemu dan bersosialisasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia setiap hari. Dari wisatawan biasa hingga orang-orang yang melakukan perjalanan bisnis, dari selebriti sampai bangsawan. Kamu tidak pernah tahu siapa yang akan berjalan melalui pintu-pintu masuk hotel. Jika kamu termasuk tipe sosial dan gemar memulai percakapan dengan orang asing, kamu akan berkembang di bidang ini.

  1. Bagi kamu, menjadi kreatif adalah sifat/karakter keduamu: Benar atau Salah?

Bagi beberapa orang, improvisasi dan berfikir kreatif sudah merupakan sifat/karakter asli mereka.  Dalam dunia perhotelan dan pariwisata, urutan pertama bisnis adalah memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman yang mengesankan.  Namun masalah tidak terduga bisa muncul setiap saat. Meskipun mungkin bukan salahmu, prioritas pertama adalah menyelesaikan masalah. Kian cepat dan efisien masalah terselesaikan, pelanggan akan makin senang.

  1. Kamu adalah generasi millennial: Benar atau Salah?

Jika kamu adalah generasi millennial, kamu memiliki lebih banyak alasan untuk mempertimbangkan karier di industri ini. Menurut The Global Hotel Industri and Trends pada tahun 2016 kaum millenial (yang berusia antara 20 sampai 35 tahun) akan melampaui generasi baby boomers sebagai pasar konsumen inti pada tahun 2017. Mengingat pentingnya generasi millennial sebagai target utama, akan menjadi salah satu keuntungan kamu jika memiliki pengetahuan dasar dan pemahaman terhadap kebutuhan, keinginan, kepentingan dan pilihan pelanggan. Kamu akan dapat menempatkan diri pada posisi mereka.

Kamu juga akan cenderung lebih nyaman dengan pemasaran online dan teknologi mobile.

5.Media sosial adalah wilayah kamu: Benar atau Salah?

Jika kamu adalah generasi millennial, kemungkinan besar kamu akan terpaku pada ponselmu dan platform media sosial. Tentu saja kamu tidak perlu menjadi seorang millennial untuk menjadi seorang pecandu media sosial. Namun jika kamu adalah seorang pengguna Twitter, Instagram, dan Facebook yang sangat aktif, kamu akan tahu seberapa cepat ulasan positif (maupun negatif) mampu mendapatkan perhatian di media sosial. Kamu juga akan memiliki naluri yang tepat dan keterampilan untuk menciptakan pemasaran dan taktik public relation yang layak di media sosial. Tujuannya, mendorong pendapatan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  1. Bekerja di lokasi yang eksotis seperti mimpi yang menjadi kenyataan: Benar atau Salah?

Jika bepergian dan bekerja di lokasi eksotis di seluruh dunia adalah impianmu, karier di perhotelan dan pariwisata juga bisa menjadi jalan untuk mewujudkan mimpi itu. Ada banyak kesempatan bekerja di seluruh dunia di industri ini. Setelah kamu memiliki kualifikasi yang tepat (tergantung pada spesialisasi yang dipilih) dan beberapa tahun pengalaman di bidang yang kamu kuasai, kamu akan menemukan banyak kesempatan untuk melebarkan sayapmu dan bekerja di mana saja yang kamu pilih.

Tanggapan Kamu

komentar