Jobstreet Ungkap Tiga Tipe Pencari Kerja

 

 

jobstreet

Kandidat dengan pengalaman kerja yang sedang mencari sebuah pekerjaan baru dapat dikelompokkan menjadi tiga subkelompok yang berbeda. Menurut Jobstreet, yang pertama adalah tipe “Pengejar” atau seseorang yang mencari pekerjaan untuk mendapatkan promosi atau jabatan dengan bayaran yang lebih tinggi. Tipe yang kedua adalah tipe “Pengubah” atau seseorang yang mencari peruntungannya di lapangan kerja yang berbeda. Dan yang terakhir adalah tipe “Pelari” atau seseorang yang hanya karena membenci bos atau manager sebelumnya dan memutuskan untuk harus berhenti bekerja.

Menurut Jobstreet para “Pengejar” memang biasanya ambisius dan kompetitif. Mereka seringkali adalah orang-orang yang karismatik dan dinamis yang memang cocok untuk posisi kepemimpinan. Banyak orang mencari tipe ini karena mereka adalah tipe pemikir besar dan mampu melakukan apa saja yang mereka pikirkan. Tipe pencari kerja berpengalaman seperti ini mengetahui keinginan mereka dan selalu mencari hal besar lainnya. Dan ketika kesempatan yang tepat datang, si pengejar tidak akan ragu untuk melompat ke dalam sebuah perahu pembawa kesempatan dan mengejar promosi atau kenaikan gaji.

Jika kamu menganggap dirimu adalah seorang pengejar, Jobstreet menyatakan bahwa lebih mudah untuk mendapatkan sebuah promosi dari suatu perusahaan di tempat kamu bekerja saat ini daripada mencari pekerjaan lainnya. Dan bahkan jika kamu mendapatkan promosi tersebut di pekerjaan berikutnya, sebuah promosi tidak akan menyelesaikan apapun. Oleh karena itu, sebelum berpikir untuk melamar jabatan yang lebih tinggi di perusahaan baru, kamu perlu memeriksa apakah hal tersebut hanyalah solusi jangka pendek dari masalah sebenarnya yang sedang kamu hadapi.

Menurut Jobstreet, apapun alasan yang sebenarnya, pastikan saja bahwa kamu sedang mengejar kesempatan baru untuk alasan yang tepat. Jika tidak, kamu akan terjebak dalam siklus tanpa akhir dalam pencarian akan sesuatu yang tidak akan pernah kamu temukan atau capai.

Akan tetapi jika kamu benar-benar bertekad untuk melamar pekerjaan baru yang gajinya tinggi, pastikan bahwa kamu punya segalanya untuk mendukungmu. Dengan kata lain, kamu memiliki pengalaman, pengetahuan, dan keahlian yang relevan serta seperangkat ketrampilan yang kuat untuk membantumu mendapatkan pekerjaan tersebut.

Berlawanan dengan “Pengejar”, tipe pencari kerja berpengalaman yang disebut “Pengubah” ini hanya memiliki sedikit sekali petunjuk akan apa yang benar-benar ia inginkan. Menurut Jobstret, tipe “Pengubah” bisa menjalani kurang lebih tiga sampai dengan lima pekerjaan tanpa mengetahui gairah atau panggilan sejatinya. Terkadang tipe ini disebut sebagai pelompat dalam pekerjaan, mereka secara aktif mengejar kesempatan dalam cakupan lapangan pekerjaan dan spesialisasi yang luas.  Tipe “Pengubah” adalah tipe yang paling mudah beradaptasi dalam dunia pekerjaan. Mereka mengetahui bagaimana cara untuk membaur, bersikap fleksibel di setiap situasi dan menarik dikarenakan kompleksitas dan cakupan ketrampilan yang luas yang mereka miliki.

Jika kamu adalah pekerja berpengalaman tipe ini, Jobstreet menyatakan bahwa kamu perlu mengingat alasan-alasan sebelumnya yang membuat kamu mencari pekerjaan lainnya sebelumnya. Kemudian tentukan apakah alasan-alasan tersebut berbeda dengan alasan yang kamu miliki sekarang.

Jobstreet menyatakan bahwa sering kali, masalahnya terletak bukan pada menemukan pekerjaan yang tepat. Masalahnya justru terletak pada ketidakmampuan pencari kerja untuk menandai karier yang benar-benar diinginkannya. Mengetahui pilihan-pilihan kamu, merupakan salah satu cara menentukan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Akan tetapi, berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya sama saja menyia-nyiakan pertumbuhan karier. Jobstreet menyatakan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu berpindah dari pekerjaan satu ke pekerjaan lainnya akan mengurangi waktu untuk memperbaiki keterampilan dan keahlianmu.

Jobstreet menyatakan bahwa jika kamu gemar meninggalkan pekerjaan dan mencari pekerjaan baru, cobalah mencari pekerjaan untuk kamu pertahankan. Akan tetapi berusahalah untuk menemukan dirimu sendiri. Ketahuilah apa yang sebenarnya kamu inginkan dan putuskan keinginanmu sebelum menghabiskan waktu untuk mencari sebuah pekerjaan baru.

Tipe ketiga adalah “Pelari”. Tipe ini adalah orang-orang yang baik dan berarti. Sebagian besar dari mereka menjadi korban dalam kesalahan saat mencari pekerjaan, ketidakcocokan sifat, dan situasi-situasi yang sungguh tidak menyenangkan.

Menurut Jobstreet, sebagian besar pencari pekerjaan menjadi “Pelari” di suatu titik dalam kariernya. Akan tetapi sebelum mengambil keputusan dan meninggalkan pekerjaan kamu saat ini, tanyakan dulu pada dirimu sendiri: “Apakah ada jalan bagiku untuk tetap puas dengan pekerjaanku saat ini? Jika hanya satu orang yang menyebabkan semua masalah kamu di kantormu– mungkin rekan kerja atau supervisormu– maka cobalah bicara dengan mereka. Jika hal tersebut tidak membawa perubahan, cobalah melalui jalur yang tepat seperti HR dan lihat apa yang mereka bisa lakukan. Akan tetapi jika masalahnya menyebar dan sistematis, mungkin memang saatnya bagimu untuk berhenti dari pekerjaanmu saat ini.

Tanggapan Kamu

komentar