• Home »
  • Event »
  • Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Honeywell Resmikan Lab IIoT

Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Honeywell Resmikan Lab IIoT

photo-1

Honeywell baru-baru ini meresmikan control lab terbaru di Institut Teknologi Bandung (ITB). Lab ini dilengkapi dengan teknologi Industrial Internet of Things (IIoT). Tujuannya, memungkinkan mahasiswa ITB mempelajari dan meningkatkan kemampuan teknis dan keinsinyuran global terkini.

Lab ini dibangun oleh Honeywell Hometown Solutions (dengan inisiatif corporate citizenship Honeywell) yang berfokus pada lima bidang. Bidang-bidang ini adalah keamanan dan keselamatan keluarga, rumah dan tempat berteduh, ilmu pengetahuan dan pendidikan, habitat dan konservasi, dan bantuan kemanusiaan.

Control lab baru ini terletak di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI-ITB) dan dilengkapi dengan Experion PKS Orion yang digunakan di sistem pengendalian terdepan, terbuka, dan cyber-secure di pasar. Sistem ini akan digunakan untuk memberi pelajaran tentang termodinamika, pengendalian proses dasar, dan advanced control yang lazim digunakan di industri minyak dan gas, penyulingan, petrokimia, energi, dan pertambangan. Sesuai dengan kurikulum ITB, lab ini akan berfokus pada proses belajar mengajar para mahasiswa mengenai praktik-praktik dan kemampuan terkini pada sistem pengendalian beserta teknologi dan solusi IIoT.

Miniatur unit manufaktur operasi penyulingan yang terdapat di lab ini termasuk:

*Unit Distilasi Skala Kecil (Distillation Unit Pilot Plant). Ini dirancang sebagai sebuah miniatur unit pengoperasian. Tujuannya, memperlihatkan berbagai teknik sistem pengendalian yang digunakan untuk menyuling minyak mentah, biodiesel, minyak tanah, kimia, pelarut, dan materi lainnya.

*Sistem Kendali (Control Systems). Ini bisa digunakan sebagai pendukung proses belajar mengajar seputar Operasi Pabrik, Tuning, Troubleshooting Model Identificaton and Testing, Advanced Process Control, dan Manajemen Aset.

*Sistem Pengendalian Terdistribusi: Menggabungkan arsitektur Experion PKS yang mengintegrasikan Teknologi Sistem Pengendalian Terdistribusi (Distributed Control System – DCS Technologies) yang inovatif dengan aplikasi mutakhir untuk meningkatkan performa berbagai proses, kesigapan bisnis, manajemen aset, dan people effectiveness.

*Sistem SCADA: Experion SCADA adalah solusi yag dapat dikembangkan. Solusi ini melengkapi Honeywell RTU2020, pengendali modular dan scalable yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan otomatisasi jarak jauh yang kompleks, khususnya di industri minyak dan gas.

Mahasiswa ITB diklaim akan dapat menerima manfaat dari lab ini untuk melakukan riset dan pengembangan, serta pelatihan. Ini akan membantu mereka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sebelum masuk ke industri dan mengembangkan inovasi mereka sendiri. ITB juga dapat menggunakan fasilitas ini untuk menawarkan pelatihan dan pengembangan kepada perusahaan-perusahaan seperti Pertamina, Rekayasa Industri, dan perusahaan nasional lainnya di Indonesia.

Tanggapan Kamu

komentar