Telur Paskah di Beberapa Aplikasi Populer

ilustrasi_easteregg

Jika mendengar kata telur paskah (easter egg), pikiran pasti akan tertuju pada sebuah tradisi perayaan Paskah berupa permainan mencari telur yang disembunyikan. Namun telur paskah ternyata juga memiliki makna lain, terutama jika pembahasan dibatasi pada dunia teknologi informasi. Telur paskah di sini adalah suatu pesan, humor, program, atau media tertentu seperti video yang disembunyikan di dalam suatu aplikasi. Kata kunci yang menghubungkan kedua makna telur paskah tersebut adalah “tersembunyi”.

Nah, bila kamu ingin tahu aplikasi apa saja yang mengandung telur paskah serta apa bentuknya, berikut ini PCplus sajikan sejumlah aplikasi populer yang mengandung telur paskah serta bagaimana cara menemukannya.

Microsoft Word

gbr2

Bukalah sebuah dokumen baru, ketikkan =rand(5,3) dan tekan tombol Enter, maka akan muncul 5 paragraf tulisan yang masing-masing berisi 3 kalimat. Munculnya telur paskah ini berlaku juga untuk kombinasi angka yang lain, mulai dari 1,1 sampai 200,99. Teks yang ditampilkan kemungkinan besar diambil dari buku manual penggunaan Microsoft Word. Telur paskah ini tersedia pada hampir semua versi Microsoft Word.

Satu lagi telur paskah yang ada pada Microsoft Word adalah game pinball, namun telur paskah ini hanya terdapat pada Microsoft Word 97. Game pinball ini bisa diaktifkan dengan menuliskan Blue, memberi format tertentu pada teks Blue tersebut, lalu menekan kombinasi tombol tertentu. Selain bisa dimainkan, game ini akan menampilkan daftar nama orang-orang yang terlibat dalam pengembangan Microsoft Word.

Microsoft Excel

gbr3

Tak mau kalah dengan Microsoft Word, Microsoft Excel juga memiliki beberapa telur paskah menarik. Hanya saja kebanyakan tersedia di Microsoft Excel versi lama, seperti Microsoft Excel 97 dan Microsoft Excel 2000.

Salah satu telur paskah Microsoft Excel yang terkenal adalah Hall of Tortured Souls yang bisa ditemukan di versi 95. Telur paskah ini menampilkan tembok-tembok ala game dungeon atau Doom yang benar-benar bisa ditelusuri. Di suatu tempat akan dijumpai daftar nama dan foto yang diyakini adalah para pengembang Microsoft Excel.

Untuk mengaktifkan telur paskah ini, kamu perlu membuka spreadsheet baru, menuju ke sel tertentu, membuka Help, dan menekan kombinasi tombol tertentu di keyboard sambil mengeklik tombol tertentu di kotak dialog Help.

Microsoft Excel 97 memberikan telur paskah yang lebih seru, yaitu sebuah flight simulator meskipun sederhana. Diaktifkan dengan cara yang serupa dengan telur paskah Hall of Tortured Souls (dengan kombinasi tombol berbeda), flight simulator ini akan membawa kamu terbang menuju ke suatu lokasi yang mengandung daftar nama pengembang Excel.

Terakhir, di Microsoft Excel 2000 ada sebuah telur paskah yang bertujuan memberikan promosi terhadap kemampuan DirectX. Telur paskah ini dijalankan dengan menyimpan sebuah spreadsheet kosong sebagai halaman web dan dibuka dengan Internet Explorer. Setelah spreadsheet bersangkutan muncul di Internet Explorer, bila kamu menuju sel tertentu serta menekan dan mengeklik kombinasi tombol tertentu, sebuah game balap akan muncul. Di sepanjang jalan yang dilalui, akan muncul nama-nama pengembang Excel.

Firefox

gbr4

Peramban Firefox ternyata memiliki cukup banyak telur paskah. Beberapa di antaranya dapat ditampilkan dengan cukup mudah, yaitu dengan mengetikkan teks tertentu pada address bar, namun ada pula yang membutuhkan aksi relatif rumit.

Ada cukup banyak teks yang bisa dituliskan pada address bar untuk menampilkan fitur tertentu, di antaranya adalah about:config, about:home, about:plugins, dan masih banyak lagi. Daftar selengkapnya bisa dilihat dengan mengetikkan about:about di bagian address bar. Sebagian besar perintah about tersebut tergolong fitur untuk melakukan konfigurasi di Firefox. Namun, setidaknya ada dua yang bisa digolongkan sebagai telur paskah, yaitu about:mozilla dan about:robots.

Perintah about:mozilla digunakan untuk menampilkan “ayat suci” dari The Book of Mozilla. Walaupun The Book of Mozilla tersebut sejatinya tidak pernah ada. Sementara, about:robots digunakan untuk menampilkan semacam humor berisi pesan dari sebuah robot.

Satu telur paskah lagi yang menarik adalah animasi Unicorn. Untuk menampilkannya, kamu bisa mengeklik menu hamburger yang ada di sudut kanan atas dan memilih Customize. Selanjutnya, klik dan tarik semua ikon yang ada pada panel menu di sisi kanan (termasuk cut, copy, paste, dan 100%) lalu jatuhkan ke panel Additional Tools and Features. Setelah itu tekan tombol Exit Customize. Nah, sekarang bila menu hamburger diklik, akan muncul animasi Unicorn menggantikan ikon-ikon yang tadi dipindahkan.

Untuk mengembalikan ikon-ikon tadi ke posisi semula, klik lagi menu hamburger dan pilih Customize, kemudian klik tombol Restore Default yang ada di panel Additional Tools and Features.

OpenOffice.org

gbr5

Peranti lunak yang dirilis dengan lisensi open source juga tak mau kalah dalam menyediakan telur paskah. OpenOffice.org misalnya, memiliki telur paskah menarik berupa game bernama Star Wars yang sebenarnya lebih mirip dengan Space Invaders.

Untuk menampilkan telur paskah tersebut, silahkan kamu buka sebuah spreadsheet OpenOffice.org Calc dan pada suatu sel ketikkan =game() diikuti dengan Enter. Isi sel tersebut akan berubah menjadi Say what?. Kemudian tepat pada sel berikutnya, ketikkan =game(“StarWars”) diikuti dengan Enter. Dengan melakukan hal tersebut, maka game Star Wars akan muncul.

Star Wars bukanlah satu-satunya game yang ada sebagai telur paskah OpenOffice.org. Game lain yang tersedia adalah Tic Tac Toe. Pada sembarang sel, ketikkan =GAME(A2:C4;”TicTacToe”) yang diikuti Enter. Permainan Tic Tac Toe akan muncul dan bisa dimainkan pada sel A2 hingga C4.

Google

gbr6

Telur paskah ternyata tidak terdapat pada aplikasi saja, melainkan mesin pencari Google-pun memiliki telur paskahnya sendiri. Pencarian yang dilakukan terhadap beberapa kata tertentu akan memberikan hasil yang menarik.

Yang pertama adalah do a barrel roll. Telur paskah yang muncul adalah pemutaran satu kali terhadap halaman yang memuat hasil pencarian kata kunci itu. Telur paskah ini dapat diterapkan pada berbagai peramban terkemuka.

Kata kunci lain adalah blink tag. Jika terdapat kata blink dan tag pada hasil pencarian, kata tersebut akan berkedip-kedip. Telur paskah ini merupakan semacam pengingat bahwa tag blink sudah tak lagi didukung oleh HTML.

Satu telur paskah lagi yang menarik adalah game Breakout yang pertama kali dipopulerkan oleh Atari. Jika dilakukan pencarian gambar dengan kata kunci atari breakout, maka pada halaman hasil pencarian akan muncul game Breakout yang benar-benar bisa dimainkan.

Tanggapan Kamu

komentar