Review OPPO F1s: Jagonya Selfie

oppof1s

Hingga saat ini, OPPO telah menghadirkan jajaran Selfie Expert dalam 3 seri yaitu F1, F1 Plus, dan F1s yang diluncurkan ke pasaran secara berurutan dalam jenjang waktu beberapa bulan saja. Dimulai dengan kehadiran seri F1 di Indonesia pada Februari 2016 yang terbilang sukses, lima bulan kemudian OPPO menghadirkan seri F1 Plus.

Melanjutkan kesuksesan keduanya, OPPO kembali menghadirkan varian barunya melalui OPPO F1s. Secara garis besar, ketiganya menyasar kelas menengah dan ditujukan bagi pengguna yang butuh smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni. Ini memang terlihat dari penggunaan istilah camera phone yang disematkan pada varian seri F tersebut.

Untuk kali ini PCplus berkesempatan mengulas seri OPPO F1s yang mengedepankan fitur kemera depan dengan resolusi 16 MP. Berikut ulasannya:

Desain
Desain yang digunakan F1s tidak jauh berbeda dengan seri-seri sebelumnya, namun secara umum paling mirip dengan desain F1 Plus. Menggunakan desain unibodi berbahan alumunium alloy dengan dimensi yang tipis serta lapisan layar lengkung 2.5D, membuatnya terlihat elegan dan keren. Bahkan sekilas bisa dibilang desain ini agak mirip dengan iPhone 6.

Bagian depannya berwarna putih dengan persentase layar dengan bodi sekitar 71%. Tombol Home di bagian tengah dibuat berbeda dengan tombol Back dan Recent yang berupa soft key. Tombol Home ini berbentuk fisik sehingga mesti ditekan jika ingin menjalankan fungsinya. Berbeda dengan tombol soft key yang cukup disentuh saja. Tombol haptic ini dilengkapi tombol backlit saat aktif sehingga memudahkan saat dioperasikan dalam kondisi gelap.

desain_depan

OPPO menempatkan kartu SIM dan micro SD dalam satu kompartemen yang ditempatkan pada slot di sisi kanan yang bersebelahan dengan tombol Power. Tombol Volume ditempatkan di sisi kiri, dan bagian bawah terdapat port audio, micro USB dan speaker stereo. Karena dibuat di tanah air, otomatis OPPO F1s sudah mendapatkan sertifikasi TKDN. Oleh karena itu, OPPO F1s sudah mendukung jaringan 4G pada dua slot kartu nano SIM-nya.

desain_back

Jika bagian depan memiliki warna putih, maka bagian belakang OPPO F1s memiliki tiga pilihan warna yaitu gold, white, dan rose gold. Dan kamera utama ditempatkan di pojok kiri atas bersebelahan dengan lampu kilat.

tombol

Hanya memiliki satu slot, dua kartu nano SIM serta kartu micro SD menggunakan satu kompartemen yang sama. Kedua slot kartu nano SIM sudah mendukung jaringan 4G LTE yang mendukung kecepatan internet hingga 150Mbps.

Spesifikasi
Dibanding dua seri sebelumnya, F1s memiliki spesifikasi di antara F1 dan F1 Plus. Dipersenjatai dengan chip Mediatek MT6750 1.5 GHz Octa-core, RAM 3 GB, dan media simpan internal sebesar 32 GB, sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store.

cpu-z

Layarnya memiliki ukuran 5,5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Sebagai pelindung, layarnya telah terpasang Gorilla Glass 4 sehingga kamu tidak perlu lagi menambahkan tempered glass tambahan. Bahkan dilengkapi pula dengan 9 jenis sensor, termasuk Gyroscope yang berguna untuk menjalankan aplikasi berbasis virtual reality serta video 360. Khusus untuk dukungan sentuhan, OPPO F1s hanya mendukung hingga 5 titik sentuhan secara bersamaan. Ini memang sudah mencukupi, namun saat ini juga sudah banyak smartphone sekelas yang mendukung hingga 10 titik sentuhan.

layar

OPPO F1s memiliki tombol fisik Home yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Menariknya, penggunaan sensor ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuka layar saat terkunci, tetapi juga sebagai shortcut untuk menjalankan perintah lainnya. Secara keseluruhan ada 5 perintah berbeda yang bisa dijalankannya dan kamu bisa menentukan sendiri kelima perintah tersebut. Tiap perintah bisa dibedakan sesuai dengan jari tangan kamu. Misalkan, jari telunjuk untuk membuka layar, dan ibu jari untuk melakukan panggilan telepon.

OPPO F1s menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang dibalut dengan user interface bernama ColorOS. ColorOS memiliki banyak tampilan tema serta menyertakan banyak fitur yang biasa ditemukan pada smartphone kelas menengah keatas, tidak heran jika UI ini menggunakan cukup banyak kapasitas media simpan. Untungnya hal ini dibarengi dengan kinerjanya yang gesit dan tidak berat. Dengan kapasitas media simpan 32 GB, ruang simpan yang tersisa masih cukup lega untuk memasang maupun menyimpan data. Jika kurang, mendukung kartu micro SD hingga kapasitas 256 GB.

interface

Kamera
Sebagai camera phone, Oppo F1s mengedepankan kamera depan yang memiliki resolusi 16 MP dibanding kamera utama yang memiliki resolusi 13 MP. Sebagai pendukung, aplikasi kamera menyertakan ragam pilihan untuk menghasilkan foto dan video yang menarik dan kreatif. Untuk kamera depan, terdapat pilihan Time Lapse, Video, Photo, Beauty, dan Panorama, mirip dengan pilihan pada kamera utama. Namun untuk pilihan filter, kamera depan memang lebih sedikit dibanding kamera utama.

Yang agak disayangkan yaitu kamera depan tidak menyediakan lampu kilat. Sebenarnya banyak smartphone yang tidak menyertakan lampu kilat pada kamera depannya. Namun karena Oppo F1s ditujukan bagi penggila selfie, PCplus merasa ketiadaan lampu kilat membuatnya terasa kurang lengkap. Sebagai pengganti, Oppo menyertakan fitur screen flash melalui aplikasi kamera. Meski demikian, ada keunggulan yang dimiliki screen flash dibanding lampu kilat, yaitu hasil foto yang tidak terlalu terang dan lebih natural.

fitur_kamera

Kamera utama memiliki pilihan yang lebih lengkap. Yang paling menarik adalah pilihan manual atau Expert Mode yang menyediakan beragam pilihan seperti AWB, Exposure, ISO, Shutter, Focus, serta yang terbilang menarik adalah pilihan format RAW. Dengannya pengguna bisa mengeksplorasi kemampuan kameranya dalam mengambil gambar atau video dalam berbagai kondisi.

Berikut beberapa hasil jepretan yang berhasil PCplus tangkap menggunakan pengaturan otomatis.

Hasil kamera depan dalam kondisi terang, indoor, serta outdoor malam hari (tanpa screen flash).

Hasil kamera depan dalam kondisi terang, indoor, serta outdoor malam hari (tanpa screen flash).

utama

Hasil foto kamera utama pada mode makro, indoor, dan outdoor siang hari.

Kinerja
Melihat kinerja yang dihasilkan pengujian kali ini terlihat bahwa hasil benchmark OPPO F1s menghasilkan skor yang cukup baik. Tidak hanya itu, PCplus juga coba menjalankan beberapa game yang diwakili oleh Mortal Kombat X, UFC, dan Asphalt 8: Airborne, semua bisa dijalankan dengan lancar. Berikut beberapa hasil pengujian yang PCplus lakukan.

benchmark

Untuk daya tahan baterai, PCplus melakukan pengujian menggunakan PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar yang diatur ke posisi maksimal. Dengan kapasitas 3075 mAh, simulasi yang dilakukan PCMark membuat baterai mampu bertahan hingga 6 jam 24 menit.

Kesimpulan
Ditujukan bagi pengguna yang hobi jeprat-jepret, termasuk selfie, OPPO F1s mengedepankan fitur kamera depan dengan dukungan resolusi besar serta aplikasi kamera dengan banyaknya pilihan pengaturan. Kinerjanya pun cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi serta multitasking, meski dari sisi spesifikasi, chipset yang digunakan tidak setinggi smartphone kompetitor di rentang harga yang sama. OPPO F1s dibanderol dengan harga Rp3.799.000, namun selama bulan Desember 2016 ditawarkan dengan harga promo yaitu Rp3.499.000.

PLUS:

  • Desain keren
  • Fitur fingerprint
  • Expert Mode pada kamera utama serta dukungan format RAW
  • Resolusi kamera depan 16 MP
  • Layar Gorilla Glass 4
  • User interface ColorOS yang ringan

MINUS:

  • Kamera depan tanpa LED flash
  • Tidak ada fitur fast charging.

Tanggapan Kamu

komentar