Cari Tau Penyebab Borosnya Baterai Ponsel Android

ilustrasi

Lambat serta borosnya penggunaan baterai di ponsel Android tidak hanya dikarenakan oleh spesifikasi yang kurang tangguh, tetapi juga bisa jadi akibat dari aplikasi yang terpasang. Aplikasi ini tanpa disadari ternyata aktif dan memakan daya baterai serta memori yang cukup besar. Padahal bisa jadi kamu sedang tidak menggunakannya. Bagaimana mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan di background? Dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut PCplus tunjukkan cara mudahnya.

Melihat konsumsi memori serta penggunaan baterai

Jika ingin mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan di background dan seberapa besar konsumsi memori serta daya yang digunakan, kamu bisa melihatnya dengan menggunakan cara berikut ini:

  • Aktifkan terlebih dahulu Developer Options dengan cara masuk ke Settings>About Device. Ketuk Build number sebanyak 7 kali hingga tampil tulisan ‘You are now a developer!” yang menandakan bahwa Developer Options telah diaktifkan (enabled).
  • Kembali ke halaman sebelumnya untuk masuk ke pilihan Developer Options (posisinya tepat di atas About Phone). Tekan Developer Options>Process stats. Tekan aplikasi yang tertera disini untuk melihat berapa besar memori yang terpakai oleh masing-masing aplikasi.
  • Untuk melihat seberapa besar konsumsi baterai yang digunakan aplikasi, kamu bisa masuk ke Settings>Battery dan tekan masing-masing aplikasi tersebut.

Penanganannya

Jika ada aplikasi yang dirasa menggunakan konsumsi daya atau memori secara berlebihan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Mematikannya dengan cara masuk ke App Manager, arahkan ke Settings>Applications>Application manager, ketuk aplikasinya dan pilih Disable.
  • Sejak Android Lollipop, kamu dapat menutup aplikasi sebelumnya secara mudah dengan cara mengetuk tombol fisik Recent Apps dan tutup aplikasi yang tertera secara satu persatu atau sekaligus dengan menekan tombol Clear All.
  • Kamu juga bisa menghapusnya dengan masuk ke Settings>Applications>Application manager, pilih aplikasinya dan ketuk Uninstall.
  • Atau cara lain yang bisa dicoba yaitu dengan memaksanya untuk dimatikan, masuk ke Settings>Applications>Application manager, arahkan ke tab Running, pilih aplikasinya dan tekan Force Stop.

Yang perlu diperhatikan adalah jika kamu tidak yakin akan suatu aplikasi, apakah penting atau tidak, sebaiknya hindari untuk dimatikan. Kecuali jika aplikasi tersebut benar-benar memakan penggunaan memori dan baterai yang sangat besar dan kamu tidak masalah jika aplikasi tersebut akan membuat ponsel crash.

Tanggapan Kamu

komentar