Baru Pertama Kali Jadi Karyawan? Coba Ikuti Tip Jobstreet Ini

(ilustrasi: quora.com)

Apakah kamu baru saja bekerja untuk pertama kalinya? Jika ya, kamu pasti cemas dan khawatir. Hal ini dapat dimaklum karena kamu akan memasuki lingkungan baru dengan orang-orang yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Termasuk perubahan besar dari hari-hari yang kamu lalui sebagai seorang mahasiswa.

Jobstreet menyatakan telah merangkum panduan untuk membantu karyawan yang baru saja lulus dari kuliah menghadapi hari pertama bekerja. Tip ini menurut Jobstreet berisi detail praktis dan wawasan untuk memastikan bahwa kamu melakukan yang terbaik di hari pertamamu bekerja. Jobstreet menyatakan bahwa panduan ini diklaim akan menenangkan kecemasan kamu tentang bagaimana harus bersikap dan bersosialisasi dengan anggota baru tim kamu, dan apa yang harus diperhatikan di lingkungan kantor pada umumnya.

Inilah tip praktisnya.

Tip di hari pertama bagi yang baru saja lulus kuliah
Malam sebelumnya Pilih pakaian kamu dan pastikan sudah diseterika dan siap dipakai. Rencanakan rute perjalanan ke tempat kerja. Tidur yang cukup.
Tip: Setel alarm jam pada tiga puluh menit lebih awal untuk berjaga-jaga jika kendaraan kamu mogok atau ada gangguan tiba-tiba pada layanan bus/KRL yang kamu pakai.
Pagi harinya Sarapan yang cukup: kamu akan membutuhkan energi. Sikat dan bersihkan gigi. Setiap detail itu penting. Dengarkan musik yang bersemangat ketika kamu ada dalam perjalanan. Datanglah sepuluh menit lebih awal, tapi jangan terlalu awal.
Jika kamu merasa gugup ketika akan masuk kantor, tarik nafas yang dalam untuk menenangkan pikiranmu. Mungkin sepertinya menakutkan memulai pekerjaan pertama, tapi fokuslah pada kesempatan daripada hal-hal yang tidak kita ketahui.
Ketika berada di kantor Percaya diri namun tetap natural. Ingat, kamu ingin lebih disukai daripada dianggap sok tahu. Dengarkan, observasi, dan proses. Saatnya untuk menyimpan penilaian dan tetap berpikiran terbuka. Ketika kamu tidak tahu, bertanyalah. Tapi hanya ketika kamu sudah mencoba untuk menemukan jawabannya. Kuncinya adalah inisiatif.
Ketika bertemu dengan kolega kamu
  • Ambil bagian dalam percakapan

Meskipun kamu adalah karyawan baru, bukan berarti kamu tidak memunyai pendapat.

  • Sumbangkan ide-idemu

Jika ada kesempatan – membuat kesan pertama yang positif itu penting.

  • Jangan terlalu berharap, (menjaga harapan kamu rendah) tapi tetap waspada dan fleksibel.
  • Lakukan tugasmu dengan sikap antusias dan ceria (meskipun itu adalah tugas administrasi yang membosankan).
  • Sopan dan ramah, jangan hanya menjadi “injak-injakan”. Hanya karena kamu anak baru, bukan berarti kamu harus diacuhkan setiap saat.
  • Ketika kamu diperkenalkan dengan kolega kamu, ucapkan halo dan ulangi nama mereka dengan keras untuk membantu daya ingat kamu. Jika kamu kemudian lupa, tertawa dengan membuat lelucon dan ucapkan “Maaf, saya bertemu dengan ratusan orang hari ini! Siapa nama Anda ya?”
  • Tips: Hanya gunakan fitur “balas untuk semua” untuk email massal, jika sangat diperlukan, bahkan kemudian, Anda harus berpikir dua kali sebelum menekan tombol kirim.
Akhirnya, ingatlah bahwa masa percobaan berlaku bagi dua pihak. Kamu mengevaluasi perusahaan seperti halnya perusahaan mengevaluasi kamu.

 

Tanggapan Kamu

komentar