Forpheus, Robot yang Bisa Bermain Tenis Meja

omron-forpheus-3

Pernah berkhayal untuk bermain tenis meja bersama robot? Kalau belum, kini ternyata sudah ada robot yang bisa diajak bermain tenis meja lho. Namanya Forpheus. Namanya mirip dengan Morpheus ya?

Tapi jangan mengira robot ini ada hubungan dengan Morpheus yang ada di film The Matrix itu. Kebetulan saja memang namanya mirip. Namun tidak ada hubungan di antara keduanya. Forpheus sendiri adalah robot buatan Omron. Robot ini diciptakan khusus untuk bermain tenis meja. Menurut Omron, memiliki bentuk seperti laba-laba raksasa, Forpheus dapat mendeteksi lokasi di mana lawannya berdiri, bagaimana lawan memegang raket, dan menganalisis bagaimana memberikan pukulan terbaik untuk mengalahkan lawannya.

Omron sendiri menyatakan menciptakan Forpheus untuk menunjukkan visi Omron terhadap evolusi terkait hubungan antara manusia dan mesin. Omron menyatakan mengembangkan teknologi yang dapat membantu masyarakat, dan menciptakan masa depan dengan harmoni yang optimal antara manusia dan mesin.

Menurut Omron, ini adalah masa di mana mesin tidak lagi sekadar “bekerja sama” dengan manusia untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, tapi dapat bermitra dengan manusia dalam mengambil keputusan untuk menciptakan kehidupan yang lebih kreatif.

Omron menyatakan optimis bahwa robot buatannya ini merupakan simbol kemitraan antara manusia dan mesin. Untuk menciptakan lingkungan kerja terbaik bagi manusia dan robot, Omron menyatakan mesin harus dapat merasakan emosi manusia.

“Setiap hari di Omron, keyakinan ini dikukuhkan melalui berbagai riset dan proyek pengembangan. Dengan memadukan kemampuan manusia dan robot secara inovatif, maka akan lebih besar manfaat yang bisa dirasakan. Sementara itu, dengan penggunaan artificial intelligence (AI), kecerdasan pada mesin maupun perangkat sensor pada robot akan menambah dimensi baru yang semakin mendekatkan robot dengan manusia,” ujar Yukio Kishida (Business Planning Division Manager, PT Omron Electronics Indonesia).

Berkat pengembangan ini, Omron menyatakan bahwa robot akan makin menjadi bagian dari kehidupan manusia di mana robot dapat membantu manusia baik di rumah, sekolah dan bahkan ketika bersantai.

Dalam industri yang rentan akan bahaya, mesin dapat bermitra bahkan menjaga keselamatan manusia. Oleh karena itu, para pekerja dapat pulang ke rumah dengan selamat dan berkumpul kembali dengan keluarga mereka.

Omron Corporation sendiri merupakan perusahaan bidang otomatisasi industri, yang didasari oleh teknologi sensing and control. Bisnis Omron mencakup bidang mulai dari otomatisasi industri dan komponen elektronik hingga komponen elektronik untuk otomotif, sistem infrastruktur sosial, alat-alat kesehatan, dan solusi lingkungan.

Tanggapan Kamu

komentar