Opera Umumkan Concept Browser Opera Neon

Opera baru-baru ini mengumumkan peramban konsep (concept browser) perdananya, yakni Opera Neon. “Browser yang kita gunakan sekarang ini berasal dari milenium yang silam, masa ketika internet masih penuh dengan dokumen dan halaman,” ujar Krystian Kolondra (Head of Opera Browser). “Melalui Opera Neon, kami ingin menampilkan visi kami tentang masa depan internet,” ujarnya.

Opera menyatakan bahwa sejak kemunculannya pada dua puluh tahun silam, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Menurut Opera, setiap hari, miliaran orang di dunia mengakses internet dengan peramban favoritnya. Namun demikian, internet terus berubah, sehingga demikian pula halnya dengan peramban.

Opera menambahkan bahwa sejak setahun yang lalu, Opera telah meningkatkan persaingan di antara peramban dengan menampilkan fitur-fitur baru seperti VPN gratis dan pemblokir iklan. Kini, Opera menyatakan ingin kembali “naik kelas” dan menantang industri peramban untuk terus berinovasi.

Opera Neon sendiri merupakan browser konsep yang dibangun dari sistem peramban yang sama dengan Opera, dan dirancang untuk memungkinkan pengguna berfokus kepada bagian yang paling penting dari internet, yakni konten. Opera menyatakan bahwa Neon dirancang untuk menghadirkan pengalaman menyenangkan dalam berinteraksi dengan konten web, termasuk kemampuan untuk menarik dan memindahkan berbagai hal, bahkan memunculkan konten dari web.

Opera menyatakan bahwa Neon dilengapi dengan aneka fitur seperti:

* antarmuka (interface) yang sepenuhnya baru, laman awal yang bisa menggunakan latar belakang gambar desktop.

* sebuah sidebar dengan pemutar video, galeri gambar, dan download manager di sisi kiri.

* tampilan baru untuk tab bar di sisi kanan dari jendela peramban (yang akan memudahkan pengguna membedakan dengan tab yang relevan).

* sebuah sistem cerdas yang dapat mengatur tab pengguna secara otomatis. Layaknya gravitasi, tab yang sering digunakan akan muncul di bagian atas, sedangkan tab yang jarang digunakan akan terbenam ke dasar.

* serta sebuah omnibox baru yang mendukung mesin pencarian terkemuka dan pencarian terbuka.

Selain itu, Opera Neon juga memiliki cara-cara baru untuk menikmati konten web seperti:

* video pop-out yang memungkinkan pengguna menonton video ketika berada di laman web lain.

* snap to gallery yang memungkinkan pengguna melakukan snapshot dan memotong bagian mana pun dari sebuah laman web dan menyimpannya ke dalam galeri untuk digunakan kemudian.

* serta mode tampilan split screen yang memungkinkan dua laman (webpage) berbeda untuk dibuka dan digunakan dalam waktu bersamaan.

 

 

 

Tanggapan Kamu

komentar