Pixel, Antarmuka Grafis Baru untuk Raspberry Pi

(ilustrasi https://www.raspberrypi.org)

(ilustrasi https://www.raspberrypi.org)

Kamu pengguna Raspberry Pi dengan sistem operasi Raspbian? Jika ya, kamu mesti bergirang hati. Pasalnya, kini telah dirilis antarmuka grafis (graphical user interface/GUI) baru untuk Raspberry Pi. Tampilan grafis ini diklaim lebih baik dan lebih nyaman dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Tampilan grafis yang merupakan hasil pengembangan Raspberry Pi Foundation ini memiliki nama Pixel. Pixel ini sebenarnya merupakan singkatan dari Pi Improved Xwindows Environment, Lightweight.

Pixel disertakan dalam Raspbian Jessie with PIXEL. Dalam Raspbian Jessie with PIXEL ini juga disertakan beberapa fitur baru seperti server RealVNC dan emulator Sense HAT.

Raspbian Jessie with PIXEL juga menyertakan peramban (browser) Chromium. Peramban ini menggantikan Epiphany sebagai peramban default Raspberry Pi. Chromium ini dilengkapi dengan pemblokir iklan uBlock Origin. Tujuannya, mencegah iklan online memperlambat akses Internet di Raspberry Pi. Chromium juga dilengkapi dengan ekstensi h264ify. Ekstensi ini akan “memaksa” YouTube menyajikan video dalam format yang dioptimalkan oleh hardware pada Raspberry Pi.

Berbagai peningkatan ini akan bermanfaat untuk pengguna Raspberry Pi yang menggunakan Raspberry Pi-nya sebagai komputer desktop mini. Namun jika pengguna menggunakan Raspberry Pi-nya sebagai server mini di rumah, peningkatan GUI ini tidak banyak bermanfaat. Pasalnya, dalam server, keberadan GUI bukanlah merupakan keharusan mengingat proses administrasi server akan dilakukan secara remote, baik via SSH maupun via Web.

Satu hal yang perlu dicatat adalah, meskipun GUI ini dihadirkan untuk Raspbian Jessie, pengguna Linux Debian juga bisa mencicipinya di PC lawas. Syaratnya, PC lawas ini memiliki RAM minimal sebesar 512 MB.

Kamu berniat mencoba? Jika ya, cobalah mengunduh Raspbian Jessie with PIXEL untuk Raspberry Pi di https://www.raspberrypi.org/downloads/raspbian/. Jika kamu berniat mencoba di PC Linux distro Debian (atau bahkan di Mac), kamu bisa mengakses alamat ini https://www.raspberrypi.org/blog/pixel-pc-mac/.

Tanggapan Kamu

komentar