ZeroPhone, Ponsel Berbasis Raspberry Pi Zero

(ilustrasi: hackaday.io)

Pernahkah kamu membayangkan untuk membuat sendiri telepon seluler murah meriah? Jika ya, kamu bisa mencoba mencontoh proyek ZeroPhone.

ZeroPhone sendiri merupakan prototipe/purwarupa sebuah smartphone, yang ditenagai oleh Raspberry Pi Zero. Produk ini memiliki sistem operasi Linux dan diklaim dapat dibuat dengan biaya sekitar US$50 saja.

Menurut perancangnya, produk ini akan mampu melakukan aneka aktivitas layaknya ponsel umumnya, seperti menelepon dan ber-SMS, dilengkapi dengan alarm clock, kalender, kalkulator, buku telepon (phonebook), file browser, web browser, dan music player.

Pembuatnya menyatakan bahwa kita bisa memiliki aplikasi sendiri dengan buatan dan rancangan kita. Software development kit-nya (SDK) akan disediakan dan akan bisa dipakai dengan mudah oleh programmer. Pembuatnya menyatakan bahwa produk ini juga bisa dilengkapi dengan aplikasi media sosial mengingat saat ini aplikasi semacam inilah yang banyak dipakai.

Dan karena berbasis Linux dan karena pada dasarnya Raspberry Pi Zero merupakan sebuah komputer mini, kita akan bisa menjalankan aneka perangkat lunak Linux serta aneka aplikasi berbasis prosesor ARM. Kita bahkan menghubungkan ZeroPhone ke monitor, keyboard, dan mouse. Kita bahkan bisa melakukan remote management via SSH.

Selain itu, ZeroPhone juga memungkinkan kita melakukan penetration testing (pentesting) via produk ini. Bukankah ini akan menjadi hal yang praktis tanpa harus menggunakan PC atau notebook lagi?

ZeroPhone sendiri menggunakan Raspbian Linux, sistem operasi untuk Raspberry yang berbasis Debian Jessie. Dengan demikian, sistem operasi ini dapat di-upgrade dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita. Sementara antarmukanya (user interface) akan dibuat menggunakan bahasa pemrogramam Python berbasis pyLCI.

Jika kamu berminat melihat lebih jauh lagi, cobalah mengikuti perkembangannya di https://hackaday.io/project/19035-zerophone-a-raspberry-pi-smartphone.

Tanggapan Kamu

komentar