Verisign Ungkap Tip Mencari Nama Domain .com

(ilustrasi: www.verisign.com)

Saat akan memulai bisnis, hal pertama yang mungkin kita lakukan adalah mendaftarkan nama domain dan memilih ekstensi domain yang cocok untuk bisnis kita. Lalu, bagaimana kita dapat melakukan ini dan memanfaatkan kegunaannya secara maksimal?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Verisign via siaran persnya mengungkap aneka tip yang dapat membantu kita membuat nama domain yang baik bagi bisnis.

*Gunakan pengubah.

Jika nama domain yang diinginkan sudah ada yang menggunakannya, Verisign menyarankan pengguna untuk menambahkan kata pengubah. Misalnya, jika nama domain ini akan digunakan untuk bisnis, pengguna bisa menambahkan kata-kata yang menggambarkan pekerjaan pengguna atau tentang perusahaan pengguna. Hal yang bisa dipakai misalnya konstruksi, kedokteran gigi, mitra atau rekan.

*Masukkan lokasi pengguna.

Dewasa ini banyak bisnis yang beroperasi secara lokal dan melayani wilayah geografis lain secara spesifik. Menyertakan informasi ini di dalam nama domain dapat membantu membuat situs web pengguna lebih relevan secara lokal serta akan menunjukkan bahwa pengguna  bangga menjadi bagian dari komunitas pada lokasi tersebut. Nama domain .com yang terasosiasi dengan lokasi akan meningkatkan jumlah pencarian secara organik.

*Tambahkan kata kunci.

Penelitian terbaru Verisign dan comScore mengungkapkan bahwa memiliki nama domain yang kaya akan kata kunci dapat membantu sebuah situs mendapatkan lebih banyak klik. Hal ini karena pengunjung hampir dua kali lebih mungkin untuk mengeklik nama domain yang setidaknya memiliki salah satu kata kunci yang sering digunakan para pengunjung ini, dibandingkan dengan nama domain yang tidak memiliki kata kunci.

* Muncul dengan cara yang unik untuk menggambarkan atau mem-branding bisnis.

Banyak perusahaan sukses muncul dengan nama unik dengan menambahkan atau menghilangkan sebuah huruf dari kata yang umum, seperti yang telah dilakukan oleh Tumblr dengan menghilangkan huruf “e” pada kata “tumbler”. Cara lain adalah dengan mengkombinasikan dua kata umum atau menggabungkan dua kata menjadi satu, misalnya seperti yang dilakukan oleh Facebook dan Instagram.

Menggunakan kata-kata umum dalam konteks baru juga bisa menarik perhatian audiensi online seperti yang dilakukan oleh Yahoo. Berpikir kreatif dapat membuka banyak pilihan kepada nama domain .com yang ada yang dapat membantu situs web pengguna menonjol. Inilah yang dilakukan para pelaku usaha online di Indonesia seperti vendor inspirasi pernikahan Bridestory, dan perusahaan jam tangan Matoa.

Lantas, apa sebenarnya yang akan diketik pelanggan dalam mesin pencarian untuk menemukan bisnis kita? Verisign memberi contoh sebuah bisnis layanan kebersihan asal Jakarta bernama “Bersih Fitri”. Tetapi nama domain yang digunakan untuk memasarkan usaha tersebut adalah “jasapembersihrumahjakarta.com”. Ini menurut Verisign merupakan cara menggunakan sebuah frasa yang mudah diingat. Tujuannya, agar situs ini lebih mungkin dicari oleh orang dan membawa mereka ke situs kita.

*Gunakan akronim.

Perusahaan seperti OLX, AXA dan MOL menggunakan akronim dalam brand dan nama domainnya. Kita juga dapat mempersingkat negara, negara bagian dan profesi dalam nama domain yang dipakai, seperti JKT, BDG dan SMG.

*Gunakan media sosial.

Banyak orang dan bisnis memulai perjalanan digital mereka di media sosial. Karena itu Verisign menyarankan pengguna untuk menggunakan branding yang sama dengan nama domain .com yang telah dikenali oleh audiensi pengguna. Verisign menyarankan pengguna untuk mengarahkan nama domainnya ke situs web atau laman media sosial yang sesuai dengan nama domain yang dimiliki pengguna, misalnya mengarahkan alamat batikpekalongan.com ke akun Twitter batik pekalongan.

*Gunakan alat pengusulan nama domain.

DomainScope dari Verisign menggabungkan berbagai tip di atas ke dalam satu alat untuk memberikan pilihan nama domain yang tersedia. Yang perlu dilakukan adalah mengetik kata kunci yang menarik dan daftar pilihan yang relevan secara otomatis akan tersaji untuk dipilih. Kita juga bisa menggunakan alat pengusulan untuk menemukan nama domain yang telah kadaluwarsa yang baru saja tersedia kembali dan mungkin sudah mendapatkan traffic di dalamnya.

Verisign menyatakan bahwa menemukan nama domain yang baik memerlukan perpaduan antara fleksibilitas dan kreativitas. Dengan menggunakan tip di atas, Verisign menyatakan bahwa pengguna sudah berada di jalur yang benar. Menemukan nama domain .com yang tepat bisa menjadi sebuah langkah penting dalam menceritakan kisah pengguna atau cerita bisnis pengguna.

Tanggapan Kamu

komentar