XL dan Indofood Adakan Pelatihan Bagi Mahasiswa

(ilustrasi: http://www.xlfutureleaders.com)

Sekitar 250 mahasiswa dari 28 perguruan tinggi negeri di Indonesia mengikuti latihan kepemimpinan di Akademi Militer (AKMIL) Magelang, Jawa Tengah. Mereka adalah para penerima beasiswa yang dikelola oleh Yayasan Karya Salemba Empat, terdiri dari penerima Beasiswa PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) sebanyak 100 orang, beasiswa dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sebanyak 100 orang dan 50 orang mahasiswa penerima beasiswa dari Give2Asia.

Menurut siaran pers XL dan Indofood, pelatihan ini berlangsung sejak tanggal 27 Januari hingga 4 Februari 2017. Acara tersebut dibuka oleh Gubernur Akademi Militer, Mayor Jenderal TNI Arif Rahman dan disaksikan Ketua KSE, Arief Wana (GM Corporate Communications Indofood), Stefanus Indrayana (Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata), Eka Bramantya Danuwirana, dan Anna Juliasih (Program Consultant for Indonesia Give2Asia).

Siaran pers ini menyatakan bahwa selama sepuluh hari, para peserta akan menerima materi yang meliputi pengembangan karakter, personal grooming, disiplin, wawasan kebangsaan dan bela negara. Menurut siaran pers ini, materi pelatihan akan ditekankan kepada aspek implementasinya. “Tentunya, ini akan memberikan gambaran lebih mendalam bagi mahasiswa bagaimana memacu dirinya untuk menjadi pemimpin yang berkualitas,” jelas Arief Wana.

Mayjen TNI Arif Rahman menyampaikan dukungannya terhadap program ini. “Kami menyambut baik program yang dilakukan oleh KSE, Indofood, XL Axiata dan Give2Asia. Karena selain memberikan beasiswa, mahasiswa juga diasah jiwa kepemimpinannya serta rasa cinta terhadap tanah air. Kami merasa program ini juga sejalan dengan visi kami sebagai Center of Excellence yang dapat mewujudkan hasil didik yang profesional dan dicintai rakyat. Harapan kami, setelah pelatihan ini para peserta dapat lebih aktif untuk berkarya di bidang masing-masing demi kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Stefanus Indrayana mengatakan bahwa salah satu resources yang menjadi kekuatan besar bagi bangsa Indonesia adalah sumber daya manusia, salah satunya mahasiswa. “Generasi muda perlu kita berikan kesempatan lebih luas untuk mengembangkan dirinya. Ini penting, mengingat dalam lima  hingga sepuluh tahun ke depan mereka akan menjadi pemimpin yang produktif dalam membangun Indonesia,” ujarnya.

Indrayana mengungkapkan bahwa melalui Program Beasiswa Indofood Sukses Makmur atau yang lebih dikenal dengan BISMA, pihaknya berharap akan lahir generasi unggul, memiliki integritas, cerdas, berwawasan kebangsaan dan yang tak kalah pentingnya adalah memiliki jiwa sosial kemasyarakatan.  Hingga saat ini, total penerima program BISMA yang diselenggarakan sejak tahun 2009 sebanyak 1.089 mahasiswa dari 28 perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Eka Bramantya Danuwirana mengatakan bahwa kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan merupakan modal utama yang harus tertanam dalam pengembangan bakat generasi muda dalam menata kesuksesan di masa depan. “Oleh karenanya, kami mengasah jiwa kepemimpinan para peserta XL Future Leaders The Scholarship di Akademi Militer Magelang yang sudah teruji kredibilitasnya dalam mencetak pemimpin-pemimpin yang tangguh,“ ujarnya.

Menurut siaran pers ini, pelatihan ini memasuki tahun ke-5 bagi penerima beasiswa XL Future Leaders dan tahun ke-3 XL Axiata mengirimkan penerima beasiswa XL Future Leaders The Scholarship ke AKMIL Magelang.

Arief Wana menjelaskan bahwa pihaknya membuka kesempatan lebih luas lagi bagi mahasiswa S1 yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk memperoleh beasiswa. “Saat ini kami telah bekerjasama dengan 28 perguruan tinggi negeri dari Sabang sampai Merauke untuk menyalurkan beasiswa, di antaranya dari Indofood, XL Axiata dan Give2Asia,” ujarnya.

Arief juga mengungkapkan penghargaannya kepada Indofood, XL Axiata dan juga Give2Asia yang telah membekali penerima beasiswa ini dengan softskill di samping bantuan dana pendidikan.“Kami berharap akan banyak lagi perusahaan yang mau berpartisipasi aktif membangun generasi muda seperti yang dilakukan oleh Indofood, XL Axiata dan Give2Asia ini,” tandasnya.

Tanggapan Kamu

komentar