Enam Negara ASEAN dengan Populasi Digital Terbesar

kredit: www.mediawiremobile.com

kredit: www.mediawiremobile.com

Saat ini populasi dunia sudah mencapai 7,4 miliar jiwa. Hampir setengahnya, yaitu sekitar 3,4 miliar orang telah memanfaatkan internet dalam kehidupan mereka. Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, Indonesia ikut andil akan tingginya penggunaan teknologi digital. Hal ini tidak terlalu mengherankan mengingat jumlah populasi penduduknya merupakan nomor empat terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat.

Menurut data yang dirangkum oleh We Are Social (situs agensi marketing sosial asal Singapura), dari data terakhir yang dirangkum hingga Januari 2016, ada enam negara yang memiliki populasi digital cukup tinggi di kawasan ASEAN. Di antaranya, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, dan Thailand. Menurut data tersebut, Indonesia menjadi negara dengan populasi digital terbesar.

Tingginya pertumbuhan populasi digital di kawasan ini berimbas pada terbukanya peluang bisnis berbasis teknologi digital yang semakin luas. Dengan memanfaatkan sumber daya (manusia) yang ada, penambahan serta perbaikan infrastruktur yang ditunjang dengan kebijakan masing-masing negara, bisa membuat kawasan ASEAN menjadi salah satu wilayah yang diperhitungkan dalam perkembangan teknologi digital.

Indonesia
Jumlah penduduk: 259,1 juta
Pengguna internet aktif: 88,1 juta
Pengguna media sosial aktif: 79 juta
Media sosial paling populer: BBM
Pengguna ponsel: 326,3 juta
Pengguna media sosial dari ponsel: 66 juta

Menurut We Are Social, Indonesia mengalami peningkatan jumlah pengguna internet hingga 15 persen selama satu tahun terakhir. Pengguna telepon seluler sendiri memiliki jumlah lebih besar dibanding jumlah penduduk. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pengguna yang memiliki lebih dari satu ponsel atau satu nomor dalam kesehariannya.

Malaysia
Jumlah penduduk: 30,54 juta
Pengguna internet aktif: 20,62 juta
Pengguna media sosial aktif: 18 juta
Media sosial paling populer: Facebook
Pengguna ponsel: 43,43 juta
Pengguna media sosial dari ponsel: 16 juta

Malaysia menjadi salah satu negara dengan populasi digital terbesar di Asia Tenggara. Hal ini tercermin dari presentase jumlah pengguna internet yang mencapai 68 persen dan jumlah pengguna ponsel hingga 142 persen dari jumlah penduduk. Meski demikian pengguna media sosial terlihat lebih banyak menggunakan perangkat selain ponsel karena terlihat hanya 16 juta pengguna saja yang memanfaatkan ponsel untuk mengakses media sosial.

Filipina
Jumlah penduduk: 101,47 juta
Pengguna internet aktif: 47,13 juta
Pengguna media sosial aktif: 48 juta
Media sosial paling populer: Facebook
Pengguna ponsel: 119,21 juta
Pengguna media sosial dari ponsel: 41 juta

Dibanding tahun lalu, pertumbuhan pengguna internet serta media sosial mengalami kenaikan hingga 46 persen dan 47 persen. Jumlah ini memang tidak terlalu tinggi dibanding ke lima negara ASEAN lainnya, namun pengguna media sosialnya memiliki angka yang lebih tinggi dibanding pengguna internet. Hal ini menandakan bahwa media sosial menjadi daya tarik utama dalam beraktivitas internet.

Singapura
Jumlah penduduk: 5,65 juta
Pengguna internet aktif: 4,65 juta
Pengguna media sosial aktif: 3,6 juta
Media sosial paling populer: WhatsApp
Pengguna ponsel: 8,22 juta
Pengguna media sosial dari ponsel: 3,3 juta

Meski sebagai negara dengan jumlah penduduk terkecil di ASEAN, tetapi persentase penggunan internet serta media sosialnya cukup tinggi. Hal ini ditunjang dengan dukungan pemerintah, keberadaan infrastruktur yang memadai, serta penduduknya yang haus akan teknologi menjadikan Singapura masuk ke dalam enam besar populasi digital tertinggi di ASEAN.

Thailand
Jumlah penduduk: 68,05 juta
Pengguna internet aktif: 38 juta
Pengguna media sosial aktif: 38 juta
Media sosial paling populer: Facebook
Pengguna ponsel: 82,78 juta
Pengguna media sosial dari ponsel: 34 juta

Dari data yang dihimpun, jumlah pengguna internet aktif dan media sosial memiliki jumlah yang sama. Hal ini dikarenakan pengguna internet tersebut didominasi oleh pengguna usia muda dengan rentang usia antara 15 sampai 24 tahun yang memang cenderung lebih aktif menggunakan media sosial dalam berinteraksi ataupun bersosialisasi.

Vietnam
Jumlah penduduk: 93,95 juta
Pengguna internet aktif: 47,3 juta
Pengguna media sosial aktif: 35 juta
Media sosial paling populer: Facebook
Pengguna ponsel: 142,99 juta
Pengguna media sosial dari ponsel: 29 juta

Pertumbuhan populasi digital Vietnam memang tinggi. Data lain yang dihimpun dari InternetWorldStats menyebutkan bahwa Vietnam termasuk dalam 15 pengguna internet terbesar di dunia. Dan ternyata travelling adalah salah satu kanal yang paling sering dijelajahi netizen di Vietnam. Tidak heran, pemerintah setempat serta negara-negara tetangga gencar melakukan promosi pariwisata memanfaatkan teknologi guna menjaring lebih banyak wisatawan lokal maupun asing.

Tanggapan Kamu

komentar