Produk Teknologi untuk Penyayang Hewan

Perkembangan teknologi yang demikian pesat ternyata juga memberi warna pada cara manusia memilihara hewan. Ada beberapa produk teknologi baik perangkat keras maupun lunak yang dapat membantu mempermudah manusia dalam mengurus maupun berinteraksi dengan hewan peliharaannya.

Pet Eye View Camera

Ingin melihat lokasi-lokasi tertentu dari sudut pandang hewan peliharaan? Jika ya, gunakan pet eye view camera. Kamera ini umumnya juga digantungkan pada leher hewan peliharaan. Jadi sesungguhnya tidak benar-benar tepat melihat dari sudut pandang hewan peliharaan, tetapi setidaknya mendekati. Karena umumnya hanya untuk keperluan main-main, kamera model ini tidak memiliki resolusi yang terlalu tinggi. Kebanyakan 640 x 480 pixel saja.

Yang jelas, kamera ini dilengkapi dengan memori simpan untuk menyimpan foto atau video yang diambil serta memiliki antarmuka untuk melakukan koneksi ke komputer. Satu lagi, pet eye view camera dipastikan tahan air karena pengguna tidak bisa menduga ke mana saja hewan peliharaan akan berlari. Beberapa merk kamera yang tersedia di antaranya adalah National Geographic, Eyenimal, Uncle Milton, dan yang menarik: GoPro.

Pet Tracker

Salah satu risiko yang bisa dialami oleh pemelihara hewan adalah hilangnya hewan peliharaan mereka, entah itu karena tersesat atau kabur. Untuk mengatasi hal tersebut, ada produk teknologi yang dapat digunakan,yaitu pet tracker atau pelacak hewan peliharaan. Memang perangkat ini tidak bisa menghalangi hewan peliharaan untuk kabur atau tersesat, namun setidaknya hewan peliharaan itu dapat dilacak keberadaannya.

Contoh produk pet tracker adalah Whistle, Tractive, dan Pod. Umumnya pet tracker ini berbentuk kalung yang dapat dipasang pada leher hewan peliharaan dan memiliki GPS. Sinyal GPS itulah yang kemudian dapat dilacak, entah melalui aplikasi pada smartphone maupun melalui web browser.

Pet tracker umumnya tidak berguna dalam pelacakan saja. Beberapa di antaranya memiliki fitur alarm yang akan memberikan peringatan bila hewan peliharaan keluar zona tertentu. Zona tersebut umumnya ditentukan mencakup radius tertentu dari sebuah titik. Lokasi titik itu sendiri bisa dibuat mengikuti posisi aplikasi yang terpasang pada smartphone atau smartwatch. Pengguna bisa memantau pergerakan hewan peliharaan sambil berolah raga misalnya. Fitur tambahan lain yang kemungkinan ada adalah kemampuan untuk memonitor kesehatan serta pola aktivitas hewan peliharaan.

Pet Monitor Camera

Berbeda dengan kamera yang diulas sebelumnya, kamera jenis ini digunakan untuk “memata-matai” ulah hewan peliharaan saat ditinggalkan di rumah. Dengan mengetahui perilaku hewan saat ditinggalkan sendirian, khususnya perilaku yang buruk, pengguna bisa melakukan tindakan pencegahan tertentu atau melatih hewan peliharaan tersebut agar tidak melakukannya lagi. Salah satu contoh kamera monitor ini adalah Scout 1500 dari Motorola.

Feeder

Ada kalanya, kamu harus meninggalkan rumah dalam waktu relatif lama dan itu melewati jam makan hewan peliharaan. Jika ternyata kejadian seperti ini sering berulang, ada baiknya menggunakan feeder yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Contohnya adalah SmartFeeder buatan Petnet. Dengan menggunakan SmartFeeder, pengguna bisa membuka laci makanan melalui smartphone sehingga hewan peliharaan bisa makan. Aplikasi SmartFeeder yang ada di smartphone akan memberikan notifikasi bila sudah tiba waktunya untuk memberi makan.

Bukan itu saja, aplikasi SmartFeeder ini juga bisa digunakan untuk menentukan komposisi dan porsi makanan yang akan dikeluarkan. SmartFeeder Petnet lebih cocok digunakan jika hewan peliharaan tersebut adalah anjing atau kucing.

Pintu Elektronik

Hewan peliharaan terkadang suka keluar masuk rumah. Membiarkan pintu selalu terbuka tentu kurang bijak karena masalah keamanan. Namun bila selalu ditutup, sedikit merepotkan juga bila setiap waktu harus membuka dan menutup tatkala hewan peliharaan ingin lewat.

Salah satu solusinya adalah memasang pintu elektronik yang hanya bisa dilewati oleh hewan peliharaan. Kriteria “hanya bisa dilewati oleh hewan peliharaan” bukan semata-mata berdasarkan ukuran pintunya saja, namun pintu tersebut juga dilengkapi dengan pemindai yang akan memindai siapa yang akan masuk. Pemindai tersebut diprogram terlebih dahulu dan disesuaikan dengan chip yang dipasangkan sebagai kalung pada hewan peliharaan. Jika hewan peliharaan menggunakan kalung yang sesuai mendekati pintu, pintu akan terbuka secara otomatis. Sedangkan jika tidak, pintu tidak akan terbuka.

Pelontar Bola

Jika terlalu lelah untuk bermain sedangkan hewan peliharaan ingin bermain, maka kamu dapat membelikannya pelontar bola otomatis dan biarkan ia bermain sendiri. Salah satunya adalah iFetch. Dengan pelontar bola otomatis ini, pengguna bisa menginisiasi permainan saja dengan melemparkan bola untuk pertama kali. Bila hewan peliharaan mengambil bola tersebut dan memasukkannya kembali ke iFetch, maka iFetch akan melontarkannya kembali untuk dikejar lagi oleh hewan peliharaan tersebut.

Tanggapan Kamu

komentar