Review Vivo V5: Kamera Depan 20 MP Jadi Andalan

Kebutuhan smartphone mulai bergeser, yang dulunya hanya sebagai komunikasi, kini telah meluas ke kebutuhan lainnya. Salah satunya sebagai perangkat untuk kebutuhan fotografi. Meski belum bisa disamakan dengan kualitas kamera profesional, kemampuan kamera smartphone makin lama makin membaik. Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa orang juga memikirkan kemampuan kamera saat memilih smartphone.

Menyasar kebutuhan pengguna yang hobi selfie, Vivo meluncurkan seri V5 yang mengusung tagline Perfect Selfie. Dari sini terlihat bahwa Vivo V5 mengedepankan kemampuan kamera depan untuk mendapatkan hasil foto selfie terbaik. Dan ini ditunjukkan Vivo V5 dengan menyematkan resolusi 20 MP pada kamera depannya yang sekaligus merupakan resolusi kamera depan terbesar pertama di dunia. Namun tentu saja tidak hanya itu yang menjadi keunggulannya. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ulasannya:

Desain
Sekilas, Vivo V5 hadir dengan desain yang agak mirip iPhone 7. Yang terlihat berbeda adalah tombol Home yang cenderung melebar dan bukannya bulat penuh. Tombol Home ini juga berfungsi sebagai sensor fingerprint. Meski berbentuk seperti tombol fisik, kamu tidak perlu menekan saat menggunakannya, cukup disentuh saja. 
Fisiknya menggunakan desain unibodi dengan material metal yang membuatnya kuat dan kokoh. Dengan warna putih susu di bagian depan, Vivo V5 memiliki dua pilihan warna pada bagian belakangnya yaitu gold dan gray.

Vivo V5 menempatkan posisi tombol Power dan Volume bersebelahan di sisi kanan. Karena menggunakan desain unibodi, slot kartu SIM dan memori berada di sisi kiri yang menggunakan kompartemen jenis hybrid. Artinya slot pertama untuk slot micro SIM dan slot kedua bergantian antara kartu nano SIM dan micro SD. Dibutuhkan jarum atau slot/SIM ejector untuk mengeluarkan kompartemen tersebut. Sedangkan di sisi bawah ditempatkan port micro USB, jack audio, serta speaker stereo.

Vivo V5 menggunakan permukaan layar kaca yang memiliki ujung yang melengkung (curved edge) yang biasa disebut dengan curved 2.5D sehingga terlihat lebih keren dan kuat. Sebagai pelindung, telah dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass 4 yang membuatnya tangguh dari segala macam goresan. Secara fisik, dimensi berbahan logam membuatnya terasa kokoh dan mantap saat digenggam.

Spesifikasi
Menyasar kelas menengah, Vivo V5 ditawarkan dengan spesifikasi sebagai berikut:

Untuk sistem operasi, Vivo V5 menggunakan Android 6.0 Marshmallow dengan balutan user interface yang diberi nama FunTouch OS. User interfaceini memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan stock ROM bawaan Android. Halaman muka tampil tanpa app drawer, dan untuk menampilkan panel notifikasi, kamu mesti menggeser halaman utama dari posisi layar bawah ke atas. Nantinya akan tampil beberapa fungsi yang bisa ditampilkan hingga 15 ikon.

Multimedia
Vivo V5 mengedepankan teknologi audio Hi-Fi (High-Fidelity) dengan digunakannya chip AKMDAC AK4375. Teknologi ini akan bekerja optimal saat pengguna menggunakan headset atau earphone, terutama saat digunakan untuk mendengar musik. Vivo menyediakan aplikasi iMusic yang merupakan aplikasi dengan interface bikinan Vivo. Didalamnya terdapat pengaturan audio yang disesuaikan dengan earphone yang digunakan. Artinya, earphone yang berbeda akan menghasilkan keluaran suara yang berbeda pula. Teknologi audio Hi-Fi ini bisa diaktifkan saat kamu mendengarkan musik ataupun video/film.

Untuk menjalankan aplikasi video, player bawaan Vivo memiliki fitur untuk menampilkan video secara picture-in-picture. Dengannya, kamu tetap bisa menyaksikan video sambil menjalankn fungsi lain secara bersamaan dalam satu tampilan layar.

Sebagai penunjang dalam menjalankan aplikasi multimedia lainnya seperti aplikasi berbasis virtual reality maupun video 360 derajat, telah disertakan sensor gyroscope yang mampu bekerja dengan akurat. Secara keseluruhan, Vivo V5 telah menyematkan 9 jenis sensor yang membuatnya makin fleksibel untuk menjalankan beragam aplikasi yang ada di Google Play Store.

Kinerja
Jika melihat spesifikasi yang ada, Vivo V5 sudah cukup nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas. Untuk membuktikannya, PCplus coba menjalankan beberapa aplikasi benchmark untuk melihat skor kinerjanya. Berikut hasilnya:

Melihat performa yang dihasilkan oleh aplikasi benchmark, terlihat bahwa kinerjanya terlihat cukup baik untuk smartphone kelas menengah. Kinerja yang ditunjukkan tersebut sudah cukup tangguh untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun game terkini yang ada di Google Play Store. Sebagai pelengkap, PCplus juga memasang beberapa game yang diwakili oleh Mortal Kombat X, UFC, dan Asphalt 8: Airborne, dan semua mampu berjalan dengan lancar.

Untuk daya tahan baterai, PCplus melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar yang diatur ke posisi maksimal. Dengan kapasitas 3000 mAh, simulasi yang dilakukan PCMark membuat baterai mampu bertahan hingga 5 jam 37 menit. Dan saat digunakan untuk keperluan sehari-hari dengan mengaktifkan mobile data internet (tanpa bermain game), PCplus menggunakannya dalam kondisi 100% pada pagi hari dan sore harinya kondisi sudah mencapai kurang dari 10%. Waktu ini memang terlihat kurang lama sehingga kamu mesti mempersiapkan sebuah power bank guna berjaga-jaga jika penggunaan smartphone terbilang aktif.

Bagi yang ingin sedikit meningkatkan daya tahan penggunaan baterai Vivo V5 menyertakan fungsi penghemat baterai sederhana melalui fungsi Super saver. Fungsi ini mampu meningkatkan daya tahan baterai hingga beberapa jam ke depan dengan mematikan beberapa fitur yang menguras daya, seperti menurunkan brightness, menyederhanakan interface, dan lainnya.

Kamera
Memiliki jargon Perfect Selfie, Vivo V5 mengedepankan kemampuannya dalam menghasilkan foto selfie yang lebih sempurna. Salah satunya dengan mengandalkan resolusi 20 MP pada kamera depannya. Resolusi ini merupakan yang tertinggi untuk kamera depan sebuah smartphone saat ini. Resolusi ini membuat pengguna bisa mencetak foto hingga ukuran besar tanpa membuat hasil foto pecah. Kamera depan tidak menyediakan lampu kilat tetapi berupa soft light. Dengan mengaktifkannya, lampu akan menyala dan memberi cahaya saat melakukan selfie dalam kondisi gelap.

Tampilan aplikasi kamera depan, kamera utama (Professional), dan pilihan mode serta pengaturan lainnya.

Sedangkan kamera utama (belakang) memiliki resolusi sebesar 13 MP yang sudah dilengkapi dengan sensor besutan Sony. Jika kamera depan mengedepankan kebutuhan selfie, kamera utama ditujukan untuk jeprat-jepret dalam segala kondisi. Aplikasi kamera menyediakan pengaturan beragam dan yang paling menarik menurut PCplus adalah adanya pilihan mode Professional atau Manual. Terdapat 5 pilihan pengaturan yang bisa diatur sendiri seperti ISO, White Balance, Shutter Speed, Makro atau Infinity.

Selain pilihan Professional, kamu juga mendapatkan pilihan mode serta pengaturan lainnya. Dengan adanya pilihan tersebut, pengguna bisa mengeksplorasi lebih jauh kemampuan kamera utamanya. PCplus sendiri berhasil mendapatkan foto-foto menarik dengan memanfaatkan pengaturan manual tersebut.

Berikut beberapa hasil jepretan menggunakan kamera Vivo V5 yang berhasil PCplus tangkap:

Hasil foto kamera utama menggunakan pengaturan manual dengan speed rendah

Hasil foto kamera utama menggunakan pengaturan manual dengan speed tinggi

Hasil foto kamera utama pada kondisi outdoor siang dan malam hari (pengaturan default)

Hasil foto kamera utama pada mode makro

Hasil foto kamera depan pada indoor terang dan outdoor malam hari (pengaturan default)

Untuk urusan merekam video, kedua kamera mampu merekam hingga video dengan resolusi full HD. Yang menarik, melalui kamera depan kamu bisa merekam video dalam mode slow motion dan fast motion. Untuk mode slow motion, tampilan video terlihat lebih gelap sehingga kurang cocok jika digunakan pada dalam ruang dengan pencahayaan kurang ataupun malam hari. Sedangkan merekam pada mode fast motion, hasilnya tetap terlihat sesuai dengan kondisi cuaca yang direkam.

Kesimpulan
Mengusung jargon Perfect Selfie, Vivo V5 dengan kamera depan 20 MP-nya menjadi pilihan menarik bagi mereka yang hobi jeprat-jepret, utamanya selfie. Dari pengujian yang PCplus lakukan, Vivo V5 memang terlihat mampu menghasilkan foto selfie yang lebih baik. Kamu yang suka narsis, akan mendapatkan hasil foto yang lebih menarik, meski di satu sisi hasil ini terlihat jadi kurang alami. Kamera utamanya, meski bukan yang terbaik namun mampu menghasilkan foto-foto unik maupun kreatif berkat adanya pilihan mode serta pengaturan secara manual.

Diluar kemampuan kameranya, Vivo V5 hadir dengan desain bernuansa modern sehingga cocok pula digunakan bagi kamu yang mengedepankan gaya. Dengan spesifikasi mumpuni, kinerjanya terbilang tangguh dengan dukungan chip prosesor Mediatek serta kapasitas memori RAM 4 GB untuk kebutuhan multitasking.

Fitur pendukung yang diadopsinya mampu menunjang segala aktivitas terkini seperti kemampuan memproteksi akses ke fungsi tertentu melalui sensor pemindai sidik jari serta dukungan sensor gyroscope untuk menjalankan aplikasi berbasis virtual reality maupun video 360 derajat. Sayangnya, kapasitas baterai yang ada terlihat kurang tangguh untuk menopang aktivitas tersebut selama seharian penuh.

Saat diluncurkan, secara resmi Vivo V5 dipatok dengan harga Rp3.499.000. Namun kini smartphone tersebut bisa kamu dapatkan di situs-situs belanja online dengan variasi harga yang lebih terjangkau.

PLUS:

  • Desain keren
  • Kemampuan kamera depan dan utama cukup mumpuni
  • Fitur fingerprint serta fitur menarik lainnya
  • Pengaturan manual pada kamera utama
  • Resolusi kamera depan 20 MP
  • Kapasitas RAM besar
  • Layar Gorilla Glass 4

MINUS:

  • Daya tahan baterai kurang lama.
  • Tidak ada fitur fast charging.
  • Kamera depan over exposure pada pengaturan otomatis.

Tanggapan Kamu

komentar