Friday, April 19, 2024
TrikTutorialTutorial Software

Acronis True Image 2017 (1): Cara Mudah Backup Sistem Operasi

Sedia payung sebelum hujan, bisa jadi peribahasa yang juga bisa diterapkan pada sistem komputer. Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu melakukan backup atau pencadangan terlebih dahulu. Hal ini bisa sangat membantu jika suatu saat sistem mengalami masalah, seperti sering hang, terkena virus, atau lain sebagainya.

Untuk melakukan proses backup, PCplus akan menunjukkan cara menggunakan aplikasi Acronis True Image 2017. Begini langkah-langkahnya:

Pertama
Pada jendela utama, pilih kategori Backup. Dari sini kamu bisa mem-backup seluruh sistem dengan memilih Entire PC dari data yang ada di komputer pada pilihan Change source.

Kedua
Karena kita hendak menyimpan data backup secara lokal, maka kamu mesti mengubah pilihan di Select destination dengan pilihan media simpan yang kamu miliki, bisa pada hard disk eksternal atau drive yang berbeda lokasi dengan sistem. Contoh, jika ingin mem-backup drive C maka simpan data backup ke drive D atau selain C. Pastikan pula bahwa kapasitas media simpan tersebut cukup untuk menampung data backup.

Ketiga
Klik media simpan yang telah kamu pilih, klik OK untuk konfirmasi. Setelah selesai tekan Backup Now. Tunggu hingga proses selesai. Lamanya proses ini tergantung besarnya data yang di-backup.

Keempat
Setelah selesai, file backup tadi akan aman tersimpan pada media simpan yang telah kamu tentukan. Pastikan file ini aman agar nantinya bisa kamu gunakan saat dibutuhkan.

Lalu bagaimana cara jika ingin melakukan recovery atau pemulihan? Kamu bisa melanjutkannya ke tutorial selanjutnya di tautan berikut ini.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.