Kenali 12 Fitur-fitur Keren di Vivo V5

kredit: Tech Firstpost

Vivo V5 hadir sebagai smartphone yang mengunggulkan kemampuan kamera depan dengan resolusi 20 MP. Dengannya, kamu bisa mendapatkan hasil foto selfie yang lebih sempurna. Oleh karena itu Vivo V5 mengusung tajuk Perfect Selfie yang menegaskan keunggulan utamanya. Namun tentu saja masih ada beberapa fitur unggulan yang tidak kalah menarik. Apa saja? Berikut diantaranya:

Tampilkan panel notifikasi
Dengan antarmuka FunTouch, Vivo V5 menggunakan cara yang sedikit berbeda untuk menampilkan panel notifikasi. Jika melakukan swipe down pada layar, maka kamu hanya akan mendapati tampilan notifikasi saja. Untuk menampilkan panel, kamu mesti melakukan swipe up dari bawah layar.

Aplikasi tetap berjalan di latar


Agar kinerja RAM kembali optimal, kamu bisa mematikan aplikasi multitasking yang sedang berjalan dengan menekan tombol Speed Up yang terdapat pada panel notifikasi. Namun bagaimana jika tidak ingin mematikan aplikasi tertentu? Caranya, dengan memilih aplikasi tersebut untuk dimasukkan ke dalam whitelist. Dengan cara ini, aplikasi tersebut akan tetap berjalan di latar meski kamu menekan tombol Speed Up. Untuk memasukkannya ke whitelist, tekan yang lama aplikasi tersebut dan akan tampil Add to white list. Dan jika ingin menghapus whitelist, tekan kembali aplikasi tersebut hingga tampil tulisan Remove from whitelist.

Menampilkan widget dan efek
Vivo menyediakan tiga tombol heptic berupa tombol Menu, Home, dan Back. Untuk menampilkan widget dan efek, kamu cukup menekan tombol Menu. Disini terdapat tiga fungsi yang bisa digunakan yaitu Widgets, Dynamic Sliding Effects, serta Hide Icon.

Sembunyikan aplikasi
Kamu bisa menyembunyikan aplikasi yang terpasang dan melindunginya dengan password agar orang yang menggunakan smartphone tidak mengetahui atau menjalankan aplikasi tersebut. Caranya dengan menekan tombol Home dan geser ke kategori Hide Icon. Selanjutnya tekan aplikasi yang ingin disembunyikan. Kamu bisa melindunginya dengan password dengan menekan Encryption Settings.

Menampilkan video secara PiP


Kamu bisa menjalankan video dengan tampilan Picture-in-Picture sehingga tetap bisa menjalankan aplikasi lain. Caranya, jalankan video yang diinginkan dan tekan pada ikon di sisi kiri bawah. Asiknya kamu juga bisa menggeser video tersebut ke berbagai posisi.

Jalankan aplikasi atau bangunkan layar secara instan
Kamu dapat menyalakan layar dalam kondisi sleep dengan cara yang lebih praktis dibanding menekan tombol Power memanfaatkan fitur Smart Wake. Fitur ini berada di Settings>Smart Motion>Smart Wake. Didalamnya terdapat beragam pilihan, dan salah satunya membangunkan layar dengan menggambar huruf atau gesture tertentu.

Agar layar lebih kecil
Dengan fitur OneHanded, kamu bisa mengecilkan ukuran layar dan menempatkannya di posisi yang diinginkan. Fitur ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menjangkau seluruh layar menggunakan satu tangan. Cara mengaktifkannya dengan masuk ke Settings>One-Handed dan aktifkan pilihan Access one-handed keyboard serta Acces mini screen using gesture.

Dua aplikasi dalam satu layar


Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan mengaktifkan fitur Smart Muti-screen. Misalkan kamu sedang menjalankan aplikasi Video atau Youtube, otomatis akan tampil ikon saat terdapat pesan masuk. Tekan ikon tersebut dan aplikasi akan ditampilkan secara bersebelahan. Hanya saja aplikasi kedua yang bisa ditampilkan hanya didukung oleh aplikasi messenger seperti Facebook, SMS, serta WhatsApp.

Menangkap layar
Vivo V5 tidak hanya bisa menangkap layar berupa gambar saja, tetapi juga video berformat GIF, tangkapan layar memanjang, layar berpola, persegi, dengan doodle, dan sesuai dengan yang kamu inginkan. Sebelumnya aktifkan dulu fitur Super Screenshot dari Settings>Super Screenshot. Untuk mengetahui cara menggunakannya, kamu bisa masuk ke menu Instructions.

Fungsi lain pada tombol Volume
Saat layar mati, kamu bisa memanfaatkan tombol Volume Down untuk fungsi lain seperti menyalakan flashlight, merekam, menjalankan kamera, Facebook, atau aplikasi lainnya. Untuk mengaktifkannya masuk ke Settings>Smart Click. Aktifkan dengan mengubah ke posisi On.

Aktifkan Fingerprint
Pada Vivo V5, fitur fingerprint tidak hanya bisa digunakan untuk membuka layar yang terkunci tetapi juga proteksi pada aplikasi tertentu. Untuk mengaktifkannya kamu bisa melakukan pemindaian sidik jari terlebih dahulu yang terdapat di bagian Settings>Fingerprint and passwords.

Mode professional pada kamera


Dengan mode ini, kamu bisa menghasilkan foto yang lebih unik dan kreatif. Mode Professional menyediakan pengaturan manual yang terdiri dari ISO, White Balance, Shutter Speed, Makro atau Infinity. Dari sini kamu bisa menyesuaikan dengan obyek apa yang hendak ditangkap. Contohnya, untuk menangkap gambar dengan pergerakan cepat, naikkan shutter speed ke angka 1/1000 atau 1/2000 pada kondisi outdoor siang hari. Jika ingin mendapatkan efek lampu keren pada kendaraan bergerak cepat di malam hari, atur shutter speed ke angka rendah seperti 2, 4, atau 6 detik, dan pastikan untuk menggunakan tripod agar hasilnya tidak blur atau goyang.

Tanggapan Kamu

komentar