Tuesday, March 19, 2024
TrikTutorial

Cara Mudah Aktifkan Jaringan 4G di Ponsel Xiaomi yang Terkunci

Beberapa ponsel Xiaomi yang resmi hadir di Indonesia, mengunci jaringan 4G dengan alasan terkendala dengan kebijakan TKDN. Padahal dari sisi hardware smartphone tersebut sudah mendukung jaringan tersebut. Contohnya berlaku pada smartphone Redmi Note 3 dan Redmi 3 Prime yang hadir melalui distributor resmi.

Beberapa pengguna yang membeli lewat jalur tidak resmi ada yang mendapati jaringan 4G yang sudah aktif. Namun jika mereka mengupdate ke MIUI versi 8, otomatis jaringan 4G juga akan terkunci.

Nah bagi kamu yang ingin menampilkan kembali jaringan 4G, ada cara mudah yang bisa dilakukan. Kamu tidak perlu direpotkan dengan proses unlock bootloader, rooting, atau cara rumit lainnya. Cukup ikuti langkah-langkah berikut.

Hanya saja perlu diketahui bahwa cara ini hanya akan membuka jaringan 4G secara temporari. Artinya, jaringan 4G akan kembali hilang jika kamu melakukan proses restart atau reboot. Namun jangan kuatir jika jaringan 4G kembali terkunci, kamu bisa kembali mengikuti langkah-langkah yang sama untuk membukanya. Berikut cara-nya:

  • Matikan smartphone. Buka kompartemen dan kartu SIM.
  • Nyalakan smartphone dalam kondisi kartu SIM tidak terpasang.
  • Setelah menyala, tekan nomor *#*#4636#*#* pada fungsi telepon.
  • Akan tampil jendela menu, pilih Phone information 1. Geser ke bawah dan temukan pilihan Set preferred network type, biarkan smartphone dalam kondisi ini.
  • Masukkan kartu SIM ke smartphone.
  • Ubah Preferred network tadi ke pilihan LTE/WCDMA.

Jika benar, maka jaringan akan berubah menjadi 4G.

update:

Sejak MIUI 8.1.4.0, Xiaomi mematikan jaringan 4G pada beberapa smartphone mereka yang belum memenuhi aturan TKDN atau smartphone Xiaomi yang hadir secara tidak resmi. Tentu saja ini mengecewakan bagi pengguna yang tidak bisa mempraktekan tutorial yang sebelumnya PCplus buat.

Jadi tutorial ini hanya berlaku bagi smartphone Xiaomi yang masih menggunakan MIUI versi 8.1.xx ke bawah. Sedangkan versi diatas itu sudah tidak bisa dipraktekan lagi.

Bagi pengguna yang masih menggunakan MIUI sebelum versi 8.1.4.0, sebaiknya tidak perlu melakukan update ke versi yang lebih baru agar pengaturan jaringan 4G tetap bisa digunakan. Namun ini tentu saja tidak berlaku jika kamu menggunakan Xiaomi yang beredar melalui distributor resmi di Indonesia. Jaringan 4G tetap aman meski kamu melakukan pembaruan MIUI.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.