Rayakan 110 Tahun di Indonesia, Ericsson Demokan 5G

 

Dalam demo di Jakarta, Ericsson mencapai kecepatan downlink 5,75GBit/s dengan latency 3 milidetik

JAKARTA​, PCplus –  Di Indonesia, jaringan Ericsson pun sudah sejak lama digunakan. Ericcson yang menemukan teknologi Bluetooth, tutur Jul, September tahun ini akan merayakan 110 tahun keberadaaannya di tanah air. Salah satu bentuk perayaannya adalah dengan menghadirkan demo 5G pertama di Jakarta.

Demo 5G itu akan berlangsung selama tiga hari (3 – 5 April 2017). Demo 5G pertama di Indonesia itu mencakup test bed 5G, 5G New Radio (NR) dan contoh penggunaan lain, termasuk video streaming 4K. Khusus untuk demo ini, digunakan frekuensi 15GHz.

Saat demo ditunjukkan bagaimana kecepatan downlink bisa mencapai 5,75 GBit/s dengan delay 10 milidetik. Seberapa cepatkah itu? Kalau cetak kertas A4, jelas Menteri komunikasi dan informatika Rudiantara yang hadir, cuma butuh satu detik.

Tangan robot dikendalikan secara real time dengan gerakan tangan dan jari pengguna

Di ajang ini juga antara lain diperlihatkan bagaimana kita bisa mengendalikan tangan robot melalui gerakan tangan dan jari (motion sensing) secara real time. Aplikasi seperti ini berguna untuk tugas jarak jauh seperti penanganan kecelakaan di jalan dan kondisi yang tidak memungkinkan kehadiran manusia (misalnya dalam kondisi ancaman atau ledakan bom atau kebocoran nuklir).

Diperagakan pula bagaimana sebuah robot gyroscopic yang berdiri di atas dua roda mampu menyeimbangkan badannya agar tidak terjatuh ketika didorong. Robot mengirimkan informasi tentang posturnya melalui jaringan seluler. Ia bisa tetap berdiri tegak, kendati didorong, karena latency (delay) jaringan 5G yang rendah (10 milidetik). Namun saat latency naik sampai 25 milidetik, robot akan kehilangan keseimbangan.

Dalam sambutannya, Menteri komunikasi dan informatika Rudiantara menerangkan, Ericsson adalah implementor jaringan seluler pertama di Batam. Ini, tambah Rudiantara, walaupun switching-nya memakai Siemens. Saat ini, operator selular XL Axiata tercatat sebagai pengguna jaringan Ericsson di wilayah Jakarta.

Selain demo 5G, dalam rangka perayaan 110 tahun di Indonesia Ericsson akan menggelar lomba Hackathon pada bulan Agustus mendatang.

Tanggapan Kamu

komentar