Terapkan Kecerdasan Buatan Dalam Film, Kristen Stewart Tulis Makalah Singkat

Kristen Stewart telah menulis makalah singkat tentang kecerdasan buatan. Pemeran Bella Swan di film Twilight ini menulis makalah ini bersama dengan dua orang lainnya. Makalah ini sendiri sudah dimuat di perpustakaan online Universitas Cornell.

Makalah tiga halaman ini menjelaskan teknik kecerdasan buatan (artificial intelligent) yang dipakai oleh Kristen dalam film pendek yang disutradarainya, Come Swim. Dalam film ini, Kristen menggunakan teknik kecerdasan buatan untuk menerapkan kesan tampilan ala lukisan pada sebuah film yang dibuat.

Dalam bidang fotografi, penggunaan tampilan ala lukisan sendiri telah lazim dipakai, khususnya oleh para pengguna Adobe Photoshop dan GIMP. Dengan menggunakan filter yang tersedia, kita akan mudah mengubah sebuah foto menjadi sebuah lukisan ala Picasso atau Affandi. Nah, Kristen Stewart menerapkan teknik yang mirip dengan penggunaan filter tersebut. Tujuannya, memungkinkan foto atau urutan gambar bisa tampil layaknya lukisan dengan gaya lukisan apa pun. Artinya, kita akan bisa membuat video dengan hasil akhir layaknya lukisan karya Rembrandt atau Pollock.

Teknik yang disebut dengan style transfer ini dipakai oleh Kristen Stewart dengan mengambil contoh gaya lukisan karya Stewart sendiri. Film Come Swim menggunakan teknik style transfer untuk menghasilkan urutan frame bergaya mimpi yang dipakai dalam adegan pembuka dan penutup film. Kristen menulis makalah tentang penggunaan teknik ini bersama dengan David Ethan Shapiro (produser dari Starlight Studios) dan Bhautik Joshi (penata efek visual dan research engineer Adobe).

Makalah yang ditulis Kristen dan kawan-kawannya ini hanya berisi tiga halaman dan tidak menyertakan hasil pengujian layaknya makalah ilmiah. Makalah ini juga tidak menguraikan penjelasan tentang algoritma yang dipakai untuk membuat film tersebut. Menurut para pengamat teknologi, makalah ini lebih condong merupakan studi kasus yang dilakukan Kristen Stewart dan kawan-kawannya.

Makalah ini sedikit banyak juga memaparkan tentang bagaimana mereka melakukan penyesuaian terhadap sistem style transfer yang dipakai untuk membuat film pendek ini. Para pengamat menambahkan bahwa makalah ini menyoroti kemajuan yang dicapai selama ini dalam penggunaan software kecerdasan buatan untuk menerapkan teknik style transfer di bidang perfilman. Teknik ini nantinya diharapkan bisa dipakai dalam proses pembuatan film komersial.

Tanggapan Kamu

komentar