Review PhotoFast MemoriesCable Gen 3

Perangkat mobile dari Apple seperti iPhone atau iPad tidak memiliki fitur untuk menambah memori eksternal seperti mayoritas perangkat Android yang beredar di pasaran. Makanya, kamu perlu memikirkan dengan masak-masak kapasitas memori internal yang bisa menampung seluruh kebutuhan kamu.

iPhone atau iPad dengan kapasitas memori internal 16 GB saat ini bisa dibilang tidak lagi memadai untuk menampung berbagai file. Selain ukuran aplikasi serta resolusi foto yang makin besar, berbagai file multimedia yang berdefinisi tinggi juga membuat kapasitas memori tersebut kurang memadai lagi di jaman sekarang.

Jika kamu kebetulan memiliki iPhone atau iPad dengan kapasitas memori yang kecil seperti 16 GB atau mungkin 32 GB, kamu perlu mengelola kapasitas tersebut dengan efisien agar kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang biasa kamu gunakan, sambil tetap bisa menampung berbagai file multimedia yang sering kamu nikmati.

Atau, kamu juga bisa menggunakan memori eksternal untuk memberikan kapasitas tambahan buat iPhone atau iPad. Memori eksternal yang dimaksud di sini bukan kartu memori microSD seperti yang biasa digunakan, tapi berupa flash drive dengan konektor Lightning yang digunakan oleh iPhone atau iPad.

PhotoFast MemoriesCable Gen 3 hadir sebagai solusi memori penyimpanan USB on-the-go (OTG) untuk iPhone dan iPad. Dengan konektor Lightning di ujung yang satu dan konektor USB 3.1 Gen 1 di ujung satunya, PhotoFast MemoriesCable Gen 3 ini juga bisa digunakan sebagai flash drive biasa di komputer.

Selain itu, kalau kamu mencolokkan kedua konektor tersebut, perangkat ini juga bisa difungsikan sebagai kabel charger. Hanya saja ukuran panjang kabelnya hanya sekitar 18 cm yang rasanya terlalu pendek untuk sebuah kabel charger, kecuali kabel biasanya disertakan dengan power bank.

Kualitas kabelnya juga tergolong baik. Apalagi ditambah dengan lapisan braided yang membuatnya makin tangguh. Untuk memudahkan membawanya kemana-mana, ada juga penjepit kabel yang terintegrasi.

Untuk menggunakan PhotoFast MemoriesCable Gen 3 ini, PhotoFast juga menyediakan aplikasi PhotoFast One. Cara penggunaannya pun mudah. Setelah menjalankan aplikasinya, kamu hanya perlu mencolok perangkat ini ke port Lightning. Kemudian aplikasi akan mendeteksi secara otomatis dan menginformasikan kapasitas memori yang tersedia.

Aplikasi PhotoFast One menyediakan banyak fungsi. Selain fungsi utama untuk backup dan memindahkan data dari iPhone ke MemoriesCable Gen 3 atau sebaliknya, aplikasi ini juga menyediakan beberapa fungsi tambahan.

Salah satunya adalah pemutar musik dan video bawaan. Dengan begitu kamu bisa menikmati musik dan video koleksi kamu tanpa perlu melakukan sinkronisasi iTunes lebih dulu.

Lalu ada juga fungsi backup untuk foto, kontak, kalender, atau semuanya sekaligus. Tersedia opsi backup ke layanan cloud seperti Google Drive dan OneDrive.

PhotoFast MemoriesCable Gen 3 yang kami uji kali ini memiliki kapasitas 32 GB yang bisa menjadi kapasitas tambahan yang lumayan jika kamu menggunakan iPhone atau iPad berkapasitas 16 GB. Tapi, perangkat ini juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai file kamu apabila kamu tidak ingin terlalu direpotkan dengan proses sinkronisasi iTunes di komputer.

Dengan menggunakan koneksi USB 3.1 Gen 1, kecepatan transfer data PhotoFast MemoriesCable Gen 3 ini terbilang baik. Saat digunakan di iPhone dan iPad pun proses transfer datanya berlangsung cepat. Aplikasi PhotoFast One juga tergolong responsif dan mudah digunakan.

Oh ya, PhotoFast MemoriesCable Gen 3 dan aplikasinya mensyaratkan perangkat iPhone atau iPad dengan konektor Lightning seperti iPhone 5 ke atas, iPad Air ke atas, iPad Mini ke atas, iPad Pro, dan iPod touch 6 dengan sistem operasi minimal iOS 8.

Plus:

  • Ringkas
  • Penggunaan Mudah
  • Koneksi USB 3.1 Gen 1 dan Lightning
  • Multi fungsi

Minus:

  • Harga cukup tinggi

 

Spesifikasi PhotoFast MemoriesCable Gen 3

Konektor: USB 3.1 Gen 1 & Lightning
Kapasitas: 32 GB
Dimensi: 183 x 16.7 x 8,3 mm
Bobot: 10 gram
Website: www.photofast.com
Harga (kisaran): US$99

Tanggapan Kamu

komentar