Sony akan Rilis Bezel-less Smartphone

Semua pabrikan handphone kayaknya kesengsem sama desain bezel-less alias handphone tanpa pinggiran layar. Setelah Samsung, Xiaomi, dan (kemungkinan besar) Apple, sekarang Sony yang kabarnya mau merilis handphone kayak gitu.

Seperti diberitakan Weibo, Sony akan menunjukkan handphone barunya ini pada pagelaran IFA 2017 yang akan diselenggarakan di Berlin, awal September nanti. Smartphone ini akan memiliki ukuran layar 6 inci dengan aspect ratio yang agak aneh, yaitu 18:9.

Rumor ini sendiri berawal dari aktivitas Japan Display, salah satu supplier layar smartphone terbesar di dunia. Japan Display belakangan ini meningkatkan kapasitas produksi dari Full Active LCD Display. Yang istimewa dari layar ini adalah layout kabelnya yang lebih padat sehingga tidak membutuhkan bezel yang besar. Kerennya lagi, desain minim bezel ini tidak cuma di sisi kiri-kanan, namun juga atas-bawah. Alhasil desain bezel-less ini bisa mepet di semua sisi, tidak cuma kiri-kanan seperti smartphone yang ada saat ini.

Kayak gini prototype bezel-less smartphone dari Japan Display. Yang minim bezel bukan cuma kiri-kanan, tapi atas-bawah juga

Japan Display sendiri adalah salah satu supplier yang digunakan Apple untuk iPhone-nya. Namun peningkatan produksi Full Active LCD Display sepertinya bukan untuk Apple, karena iPhone terbaru kabarnya akan menggunakan teknologi layar OLED. Padahal untuk layar OLED, cuma Samsung yang punya kemampuan produksi besar, sementara Japan Display praktis tidak jago di area itu.

Lalu, buat apa Japan Display meningkatkan produksi Full Active LCD Display? Karena itulah muncul rumor kalau Sony yang memesan layar itu dari Japan Display. Apalagi, Sony sebenarnya juga salah satu anggota joint venture Japan Display, bersama dengan Toshiba dan Hitachi.

Benar atau tidaknya rumor ini memang masih menjadi misteri. Kita tunggu saja ketika IFA resmi dibuka awal September nanti.

Tanggapan Kamu

komentar